Apa yang Terjadi Jika Jerman Memenangkan Perang Dunia 2?


Apa yang Terjadi Jika Jerman Memenangkan Perang Dunia 2? 1

Perang dunia 2 sudah lama berakhir. Sebagai sebuah tragedi yang maha mengerikan, banyak orang akhirnya trauma. Berbagai usaha untuk mempertahankan perdamaian dilakukan oleh semua negara.

Sejarah mencatat, Perang Dunia 2 adalah pertempuran antara negara-negara Sekutu pimpinan Amerika Serikat dan Uni Soviet melawan blok Sentral yang dimotori Jerman.

Setelah tahun-tahun yang melelahkan dan menyebabkan kerusakan fatal, akhirnya Jerman, Jepang serta Italia menyerah. Sekutu resmi menjadi pemenang.

Meski demikian, sangat menarik untuk mengkaji apa yang akan terjadi dengan dunia kita andaikata Blok Sentral yang memenangkan perang?

Pertanyaan seperti di atas sering kali diutarakan oleh banyak orang, baik melalui forum antar pecinta sejarah maupun ketika sedang mengobrol di media sosial.

Sudah banyak skenario rekaan yang diutarakan. Beberapa diantaranya benar-benar menarik untuk dikupas lebih lanjut. Jadi seperti apa dunia jika Jerman menang Perang Dunia 2?

Nasib Orang Yahudi

Apa yang Terjadi Jika Jerman Memenangkan Perang Dunia 2? 3
Orang Yahudi di kamp konsentrasi

Pertama yang akan langsung menerima akibatnya adalah orang Yahudi. Bangsa Yahudi atau orang Ibrani memiliki populasi yang cukup besar dan mereka tersebar di seantero Amerika dan Eropa.

Jangankan menang perang, ketika Jerman berhasil menjajah Belanda, Polandia, dan Perancis, nasib orang Yahudi di sana seperti di neraka. Mereka ditangkap lalu kemudian dikirim ke kamp konsentrasi. Tentu kemenangan Sekutu adalah sesuatu yang mereka idamkan, daripada harus hidup dalam mimpi buruk di bawah The Third Reich.

Tidak Akan Ada Cina dan Rusia

Apa yang Terjadi Jika Jerman Memenangkan Perang Dunia 2? 4
Konvoy Pasukan Jerman

Seperti yang bisa kita pelajari dari sejarah, Hitler sangat bernafsu mencaplok Rusia. Negeri itu dianggap bisa memberikan ruang hidup bagi bangsa Arya. Selain itu, sang Fuhrer sangat membutuhkan pasokan sumber daya alam bagi pengembangan industri dalam negeri.

Di Timur Jauh, Jepang sudah lama mentargetkan Cina. Bisa-bisa, jika Jepang menang perang, Cina akan dijadikan bagian dari Kekaisaran Dai Nippon. Selain itu perlu diingat bahwa Uni Soviet dan RRC adalah dua negara komunis, sedang Hitler sangat membenci komunisme.

Perang Dingin Berkepanjangan

Apa yang Terjadi Jika Jerman Memenangkan Perang Dunia 2? 5

Salah satu blunder dari Jepang dan Jerman adalah memaksa Amerika Serikat ikut perang. Berbeda dengan Inggris, Perancis maupun Rusia, AS tidak pernah merasakan dampak langsung pertempuran. Hal ini membuat negeri Paman Sam itu punya sumber daya yang masih melimpah, ketika negara-negara lain sudah terkuras karena perang.

Bisa jadi AS adalah satu-satunya negara yang mampu menjadi pesaing duet Jepang-Jerman. Terlebih sudah sejak lama AS mempunyai pangkalan militer di Pasifik dan Atlantik.

Berbeda dengan Uni Soviet yang bubar dalam waktu kurang dari seratus tahun, jika menang perang, Dai Nippon dan Third Reich akan bertahan lebih lama. Alhasil perang dingin akan makin panjang. Tentu ini hal yang sangat merugikan bagi umat manusia.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments