Apakah Busoshoku Haki Sengaja Dibuat agar Luffy dapat Mengalahkan Akainu?


Apakah Busoshoku Haki Sengaja Dibuat agar Luffy dapat Mengalahkan Akainu? 1

 Manga One Piece chapter 1010 yang tayang tanggal 11 April kemarin masih membuat banyak fans sumringah. Apalagi kalau bukan karena aksi apik duo monster kru mugiwara, yakni Luffy dan Zoro. Namun, dalam artikel ini, saya tidak akan membahas isi manga One Piece tersebut, karena sudah saya bahas lengkap di artikel saya sebelumnya, teman-teman bisa cek di profile post saya.

Di artikel ini, seperti yang tertera di judul, saya ingin mendiskusikan soal konsep Busoshoku Haki yang ada di dalam cerita One Piece saat ini, yang sepertinya sengaja dibuat agar sang main character, yakni Monkey D. Luffy, agar dapat mengalahkan Akaniu. Mengapa harus Akainu? Mari kita pelan-pelan membahasnya.

Haki sendiri pertama kali muncul chapter 1 manga One Piece, ketika Shanks menggunakan Haoshoku Haki miliknya kepada Sea King untuk menyelamatkan Luffy. Kemudian, konsep Haki (Haoshoku, Busoshoku, dan Kenbunshoku) baru dijelaskan secara rinci oleh Rayleigh kepada Luffy saat latihan mereka di Pulau Rusukaina.

Mungkin Oda Sensei memang sudah merancang, agar para karakter kuat seperti Shanks, Luffy, Roger, Shirohige, and beberapa lainnya, untuk memiliki Haoshoku Haki. Namun, untuk Busoshoku dan Kenbunshoku, saya rasa Oda Sensei baru memikirkan konsep tersebut setelah menyadari kalau Luffy nantinya perlu kekuatan lain selain devil fruitnya, untuk mengalahkan Akainu, yang saya duga sudah di plot oleh Oda Sensei sejak awal untuk menjadi villain utama (Selain Gorosei dan Im Sama).

Akainu sendiri bisa dibilang adalah karakter terkuat saat ini di One Piece, yang kemampuannya sudah diketahui. Akainu adalah pemakan buah iblis Magu Magu no Mi, buah iblis bertipe Logia magma, yang disinyalir merupakan logia dengan daya hancur terkuat.

Selain itu, Akainu juga punya fisik yang mumpuni, terbukti dari pertarungan selama 10 hari dengan Aokiji, serta mampu terus bangkit dari serangan Gura Gura no Mi milik Shirohige. Pengalaman Akainu juga tidak perlu diragukan, sebab statusnya sebagai Fleet Admiral saya rasa sudah cukup menjadi bukti.

Pemilik nama asli “Sakazuki” ini juga diceritakan berani berdebat dengan Gorosei, dan disebut Oda mampu menemukan One Piece hanya dalam waktu 1 tahun saja apabila ia memutuskan untuk menjadi bajak laut. Kekuatan dan pamor Akainu pun membuat Kurohige alias Marshall D. Teach kabur terbirit-birit saat tahu Akainu datang menemuinya.

Sosok dengan karakter yang brutal ini sendiri sudah diberi klu oleh Oda apabila ia akan menjadi villain utama nantinya. Salah satu alasannya adalah dengan dibuatnya Akainu membunuh Portgas D. Ace, yang merupakan kakak angkat dari Luffy. Hal ini jelas membuat Luffy memendam dendam kesumat kepada Akainu, dan pasti berniat membalas Akainu.

Meski begitu, diluar Haki, Luffy hanya unggul dari segi variasi serangan buah iblisnya. Selain itu, dari basic devil fruit sendiri, Gomu Gomu no Mi jelas bukanlah tandingan Magu Magu no Mi, secara karet dapat dengan mudah dibakar magma. Lalu dari segi kekuatan fisik, pengalaman bertarung, serta kecerdikan, rasanya Akainu pun masih di atas Luffy.

Maka dari itu, saya merasa bahwa Oda sadar akan perlunya “Sesuatu” yang baru, yang dapat digunakan Luffy untuk dapat mengalahkan Akainu. Dan ya, saya pikir itulah awal terbentuknya Busoshoku Haki. Seperti yang kita tahu, Busoshoku Haki membuat penggunanya dapat melapisi tubuh mereka dengan lapisan hitam yang sangat keras.

Busoshoku Haki sendiri seakan menjadi penutup dari kelemahan Luffy, yakni benda tajam. Ya, Luffy kini tak perlu takut lagi saat melawan musuh yang menggunakan pedang atau benda tajam lainnya, sebab kini mereka tak bisa memotong Luffy, saat Busoshoku Haki sedang diaktifkan Luffy (Kecuali serangan musuh juga dialiri Buso Haki yang lebih kuat dari Buso Haki Luffy).

Nah baru-baru ini, di manga One Piece chapter 1002, ada hal yang cukup mengejutkan terjadi. Busoshoku Haki Luffy selama ini tidak pernah disebutkan bisa membuat Luffy yang merupakan manusia karet, menjadi kebal terhadap api. Namun, di manga One Piece chapter 1002, terlihat Luffy dapat menangkis serangan Boro Breath milik Kaido, yang merupakan serangan berelemen api.

Hal ini tentu semakin menguatkan hipotesis saya diawal, yang mengatakan bahwa Oda memang sengaja menciptakan Busoshoku Haki sebagai cara untuk menghilangkan kelemahan Luffy, agar sang main character tidak mati konyol, seperti tertebas pedang, atau terbakar api terutama saat berhadapan dengan Akainu.

Jadi, itulah pembahasan saya mengenai proses terciptanya Busoshoku Haki oleh Oda Sensei, yang berkaitan dengan Akainu. Apakah teman-teman sepakat? Atau punya pendapat berbeda? Sampaikan di kolom komentar ya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Steven Chaniago

   

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University. Tertarik menulis tentang olahraga, otaku, drakor, dan pendidikan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap