Apakah Emosi Itu Penting?

Apakah Emosi Itu Penting? 1

Emosi adalah bagian dari perasaan yang ada dalam diri manusia. Bentuk-bentuk emosi yang dinyatakan dapat berupa reaksi tindakan terhadap seseorang maupun kejadian yang dialami baik senang, marah, ataupun takut pada sesuatu. Emosi tentu sangat mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Menurut bukti-bukti yang beredar, perasaan adalah sumberdaya terkuat yang dimiliki oleh manusia. Emosi adalah bagian penting dari garis-garis kehidupan manusia yang berpengaruh pada kesadaran dan keselamatan diri dan tentu saja menjadi penghubung antara individu yang satu dengan individu yang lain beserta kejadian-kejadian yang ada dalam alam semesta ini.

Emosi itu sangat penting bagi manusia karena emosi dapat memberitahukan seseorang mengenai hal-hal terpenting untuk dirinya, masyarakat, nilai-nilai yang ada, kegiatan dan kebutuhan-kebutuhan yang memberi motivasi pribadi, kemauan, pengendalian diri serta kegigihan untuk meraih sesuatu yang dicita-citakan. Namun hal yang perlu untuk dilakukan setiap individu adalah bagaimana cara untuk menjadikan emosi sebagai sebuah alat untuk mempelajari tentang diri sendiri sehingga dapat mengembangkan sepenuhnya potensi yang dimiliki oleh individu itu sendiri.

Cara yang paling efektif untuk mengembangkan emosi yang ada dalam diri adalah dengan cara memiliki kesadaran untuk mengetahui potensi-potensi emosi yang ada dalam diri setiap individu, hal ini dapat memberi dampak positif bagi setiap individu, sebab kesadaran untuk mengetahui tentang emosi yang ada dalam diri sendiri dapat memungkinkan seseorang memulihkan kehidupan dan kesehatannya, menyelamatkan keluarga, membangun hubungan cinta kasih yang berkelanjutan, serta sukses dalam pekerjaan yang digelutinya.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk tidak berkembang adalah ketidak-tahuan untuk menghadapi emosi yang ada dalam dirinya sendiri. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang gagal dalam meraih cita-cita, bahkan gagal dalam pekerjaannya. Selain itu hubungannya dalam masyarakat bahkan tidak dapat terjalin dengan baik. Maka disinilah peranan kesadaran untuk mengetahui emosi sangat penting untuk dilakukan.

Emosi adalah kunci dari kesadaran dan perawatan diri sendiri untuk berproses menuju kehidupan yang lebih baik di masa depan. Emosi adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dengan kemampuan intelektual karena emosi mampu menghubungkan individu dengan lubuk hatinya, orang-orang sekitar, dunia, dan alam serta kejadian-kejadian yang ada dalam hidupnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

chelvin sosa