Apakah Ikan Tidur dengan Mata Terbuka?

Apakah Ikan Tidur dengan Mata Terbuka? 1

Sebagian besar hewan perlu tidur atau istirahat secara berkala untuk meremajakan tubuh mereka, memproses informasi dari hari itu dan “mengisi ulang baterai mereka”.

Anda biasanya dapat mengetahui kapan sebagian besar hewan sedang tidur; mereka menutup mata, berbaring, dan tidak menanggapi rangsangan lembut.

Para ilmuwan telah menentukan bahwa bagian dari otak – neokorteks akan mati respon ketika mamalia tidur.

Masalah dengan ikan adalah mereka tidak memiliki kelopak mata sehingga mereka tidak bisa menutup mata, dan mereka tidak memiliki neokorteks.

Yang menimbulkan pertanyaan “Apakah ikan tidur?” Dan jika mereka melakukannya, bagaimana, di mana dan kapan mereka melakukannya, dan bagaimana kita tahu kapan mereka tidur?

Para peneliti telah menentukan bahwa meskipun ikan tidak tidur dengan cara konvensional yang kita pikirkan, sebagian besar spesies sebenarnya masuk ke keadaan tenang di mana mereka tetap diam dan mengalami penurunan tingkat pernapasan dan metabolisme, serta aktivitas otak yang lebih rendah.

Ini mempromosikan kesehatan yang baik dan ketahanan terhadap penyakit. Jadi, pada dasarnya, ikan memang “tidur”, hanya saja berbeda dari yang biasa kita lakukan pada hewan lain.

Apakah ikan tidur? Dan dengan asumsi mereka melakukannya, Bagaimana ikan jika tidur? Jika Anda pernah menonton ikan untuk waktu yang lama, Anda tahu mereka banyak berolahraga.

Mereka terus-menerus berenang. Sepertinya mereka tidak pernah berhenti. Tentunya mereka membutuhkan istirahat dari waktu ke waktu, bukan?

Faktanya, mereka melakukannya! Jika Anda mengamati ikan cukup lama, Anda akan melihat bahwa mereka beristirahat.

Ada periode waktu tertentu ketika mereka tampak melayang di tempat, hampir seperti mereka sedang kesurupan. Tapi mata mereka terbuka. Apakah mereka sedang tidur?

Jawaban sederhananya adalah ya! Mereka sedang tidur dan mereka dapat tidur kapan saja di siang atau malam hari. Ikan tidur dengan mata terbuka, karena mereka tidak memiliki kelopak mata (kecuali beberapa hiu) untuk menutup!

Dimana Ikan Tidur?

Di mana ikan tidur berbeda dari spesies ke spesies. Beberapa berbaring di dasar atau bahkan mengubur diri di pasir, beberapa bersembunyi di gua atau di bawah gua, beberapa melayang atau hanyut di dekat permukaan, dan beberapa bersarang di tanaman, kayu apung, karang atau benda lain dan hanya menggantung di sana, sesekali menjentikkan sirip agar tetap seimbang.

Melihat ikan kita tergeletak di dasar atau tampaknya “terjebak” dalam ornamen atau batang kayu berlubang sudah cukup untuk membuat panik penjaga akuarium, tetapi banyak spesies akuarium melakukan ini saat mereka sedang tidur.

Kapan Ikan Tidur?

Tidur ikan tidak persis seperti tidur manusia. Sebagai permulaan, mereka tidak menggunakan bantal. Mereka juga tidak memiliki tempat tidur dengan seprai dan selimut!

Bagi ikan, tidur lebih seperti periode istirahat yang mirip dengan lamunan yang mungkin dialami manusia.

Jika Anda pernah memiliki ikan mas atau mengamatinya dari dekat, Anda mungkin memperhatikan saat-saat ia tertidur.

Jika Anda memasukkan makanan ke dalam akuarium selama waktu ini, Anda mungkin memperhatikan bahwa ikan mas membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons, sama seperti Anda mungkin kesulitan bangun dari tidur malam yang nyenyak!

Terkadang orang melihat ikan ketika mereka sedang tidur dan mengira mereka bangun karena mereka masih bergerak.

Apakah Ikan Menderita Gangguan Tidur?

Para ilmuwan belum melakukan banyak penelitian tentang tidur ikan, tetapi dalam studi tentang Zebra Danios, ditemukan bahwa ketika mereka dikurangi tidur selama beberapa hari menggunakan arus listrik ringan, mereka tidur lebih banyak ketika mereka kembali normal.

Siklus siang/malam dan tidak terganggu. Namun, ketika mereka berada di bawah cahaya konstan selama beberapa hari, mereka tidur secara normal ketika kembali ke siklus siang/malam yang teratur.

Para peneliti berpikir bahwa cahaya dapat menghambat hormon yang meningkatkan tidur melatonin di Zebra Danios, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan di area ini.

Bagaimana Saya Memastikan Ikan Saya Cukup Tidur?

Cara termudah untuk memastikan ikan Anda cukup tidur adalah dengan menyalakan lampu akuarium Anda, memberi mereka rutinitas siang dan malam yang konsisten.

Sediakan juga banyak perlindungan di akuarium Anda, sehingga semua ikan Anda memiliki tempat untuk merasa aman saat beristirahat. Jika Anda menggunakan akuarium di kamar tidur anak sebagai lampu malam, matikan lampu di siang hari dan biarkan tirai tetap tertutup sehingga ikan Anda mengira ini malam hari.

Seperti semua hewan, ikan perlu tidur secara teratur agar tetap sehat dan berumur panjang, hidup bahagia!

Kebanyakan ikan perlu terus bergerak bahkan ketika mereka sedang tidur, sehingga mereka menjaga aliran air yang konstan melewati insang mereka untuk mempertahankan tingkat oksigen yang tepat dalam tubuh mereka.

Untuk beberapa ikan yang lebih besar, seperti hiu, ini bisa berupa berenang lebih lambat saat tidur. Ikan yang lebih kecil mungkin tidak bisa melakukan apa-apa selain sesekali menggerakkan siripnya.

Jenis ikan tertentu dikenal tidur dengan cara yang lebih mirip tidur tradisional bagi manusia. Misalnya, ikan yang hidup di dekat terumbu karang mungkin tetap aktif sepanjang hari dan kemudian bersembunyi di celah-celah karang pada malam hari untuk menghindari pemangsa.

Seekor ikan menggunakan semacam “kantong tidur”! Ikan kakatua dikenal karena kemampuannya untuk mengeluarkan “kantung tidur” yang terbuat dari zat seperti jeli yang terbuat dari lendir.

Saat tiba waktunya untuk beristirahat, ikan nuri mengelilingi diri mereka dengan “kantong tidur” jeli untuk melindungi dari pemangsa saat mereka siap untuk tidur!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

catrian