Apakah Kamu Sudah Mengetahui Fakta Menarik dari Bilangan Pi? Inilah Dia…

Apakah Kamu Sudah Mengetahui Fakta Menarik dari Bilangan Pi? Inilah Dia…

Bilangan pi merupakan sebuah konstanta yang biasanya orang-orang ketahui sebesar 3,14 atau 22/7 (dua puluh dua per tujuh). Berikut ini diuraikan fakta-fakta dari bilangan pi yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Pi adalah bilangan irasional

Nilai pi tidak bisa ditulis sebagai rasio dua bilangan bulat. Oleh karena itu, pi mempunyai digit bilangan desimal yang tak terhingga banyaknya.

2. Nilai desimal pi sangatlah banyak

Ternyata nilai pi bukan sekedar 3,14. Jika kita lihat, 20 tempat desimal dari nilai pi adalah 3,14159265358979323846. Dewasa ini, bahkan para matematikawan serta ilmuan komputer berhasil menemukan nilai pi sampai lebih dari 10 triliun digit desimal. Wow.

3. Pi diperoleh dari perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya

Kalau diperhatikan, rumus keliling lingkaran sama dengan pi dikali d (diameter). Maka secara matematisnya nilai p sama dengan keliling lingkaran dibagi d (diameter).

Pi = keliling lingkaran / d

Jika diameternya sebesar 1 satuan, maka nilai pi bisa diartikan sebagai panjang keliling lingkaran yang diameternya 1 satuan.

4. Ada hari pi internasional

Tanggal 14 maret diperingati sebagai hari pi internasional. Pada tanggal tersebut juga bisa disebut hari matematika internasional. Pada hari pi internasional ini seringkali dirayakan dengan memakan kue pie. Penyebabnya, sering disebut karena cara membaca pi dan pie yang mirip. Selain itu, 3,14 jika dibalik menjadi seperti tulisan “PIE”. Wah jadi pengen makan kue pie.


Di atas tadi merupakan fakta-fakta menarik dari pi. Setelah kamu mengetahuinya, jangan lupa berbagi pengetahuan kepada teman-temanmu, ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Dede Firman