Apakah Kesunyian Membuat Kita Gila?


Apakah Kesunyian Membuat Kita Gila? 1

Ruang anechoic yang berada di gedung 87 di pusat kantor Microsoft di Redmont, Washington merupakan tempat paling sunyi di bumi dan sudah diakui dalam Guinnes World Records pada tahun 2015. Ruangan ini disebut “anechoic” karena tidak menghasilkan gema, suara akan diserap oleh dinding dan tidak memantul kembali ke dalam ruangan.

Saking sunyinya ruangan tersebut, suara latar yang diukur menggunakan desibel negatif, -20,35 desibel. Untuk membandingkannya, suara bisikan manusia biasanya hanya sekitar 30 desibel sementara suara seseorang bernapas biasanya hanya sekitar 10 desibel. Kebisingan yang dihasilkan oleh molekul udara yang bertabrakan satu sama lain sekitar -24 desibel. 20 desibel adalah batas pendengaran manusia.

Apakah Kesunyian Membuat Kita Gila? 3

Butuh waktu hampir 2 tahun untuk merancang dan membangun ruangan anechoic ini. Ruangan tersebut berada di tengah-tengah 6 lapisan beton yang membantu memblokir suara dari luar. Memiliki dinding setebal 12 inci yang mengurangi kebisingan untuk mencapai ruangan sebesar 110 desibel.

Apakah Kesunyian Membuat Kita Gila? 4

Ruang anechoic ini berukuran 6,36 m di setiap arah. Masing-masing permukaanya dilapisi dengan busa penyerap suara sepanjang 1,2 m, membantu mencegah gema memantul ke dinding dari suara yang dihasilkan di dalamnya. Lantainya terbuat dari wire mesh yang berasal dari industri penerbangan, yang berguna untuk mengurangi pantulan suara.

Apakah Kesunyian Membuat Kita Gila? 5
Uji coba komponen elektronik

Ruang anechoic biasanya digunakan untuk menguji teknologi-teknologi mulai dari komponen komputer hingga peralatan medis. Ruangan tersebut bahkan digunakan oleh NASA untuk membantu astronot beradaptasi terhadap keheningan di luar angkasa.

Kembali ke pertanyaannya, apakah kesunyian membuat kita berhalusinasi atau gila?

Orang terlama yang bertahan saat berada di ruangan anechoic dengan duduk di kursi dan ruangan yang gelap hanya mampu selama 55 menit. Saat berada di ruangan anechoic, kamu akan mendengar suara napas kamu sendiri, detak jantung, gesekan tulang dan sendi, hingga mendengar darah di pembuluh darah. . . Dan biasanya pada titik ini, orang-orang akan mendengar suara yang sebenarnya tidak ada.

Saat sunyi, telinga akan beradaptasi. Semakin tenang suatu ruangan, semakin banyak suara yang akan kamu dengar. Otak berusaha menyesuaikan diri dan hal tersebut bisa menyebabkan mual dan serangan panik. Tanpa suara, juga tidak adanya gema untuk menyesuaikan diri hanya membuat sensasi menjadi lebih buruk.

Tanpa ransangan eksternal, halusinasi dimulai dan dalam beberapa menit, banyak orang yang merasa sangat tidak nyaman setelah sekitar 30 menit. Hanya segelintir orang saja yang mampu bertahan lebih dari 45 menit.

Jadi lain kali, jika kamu menginginkan kesunyian, ingatlah bahwa itu juga bisa membuatmu gila.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Bukan siapa-siapa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments