Aplikasi Kasir Restoran Mahal? Anda Belum Kenal Aplikasi Ini!

Aplikasi Kasir Restoran Mahal? Anda Belum Kenal Aplikasi Ini!

Data terbaru dari IDC Futurescape melaporkan bahwa pada tahun 2022 ini, terjadi peningkatan keberadaaan bisnis baru hingga 70 persen.

Menyusul dengan berlakunya kebijakan new normal sedikit memberikan keberanian baru bagi para pebisnis untuk membuka bisnis.

Peningkatan persentase tersebut, juga diiringi dengan peningkatan adopsi software Point of Sales di berbagai sektor bisnis, terutama bisnis retail, dan restoran atau F&B.

Point of sale (POS) atau aplikasi kasir adalah salah satu software yang sudah banyak digunakan oleh toko swalayan, perusahaan f&b dan lain sebagainya untuk mencatat transaksi dan melaksanakan proses jual-beli. 

Lusiana, business development director dari HashMicro yaitu sebuah perusahaan penyedia software ERP mengungkapkan bahwa, sudah banyak tersedia berbagai pilihan vendor penyedia aplikasi kasir di Indonesia, namun belum semua dapat menjawab semua kegelisahan dan kebutuhan yang dibutuhkan berbagai perusahaan terutama dari segi harga. 

“Banyak aplikasi POS yang tersedia saat ini masih memiliki harga yang relatif mahal namun seringkali fiturnya masih tak sesuai dengan kebutuhan perusahaan,“ ungkap Lusiana

Tidak hanya itu beberapa aplikasi kasir menawarkan fitur-fitur yang terjual terpisah, ditambah dengan sistem pembayaran yang berpotensi akan menyebabkan kerugian. “banyak yang memakai sistem subscription atau langganan per modul, sehingga berpotensi menambah jumlah biaya dalam jangka panjang,” tambah Lusiana.

Baca juga  10 Alat Visualisasi Data Terbaik untuk Kepentingan Bisnis

Untuk melihat apakah aplikasi kasir pilihan anda sudah menjadi pilihan yang terbaik, Lusiana menyarankan untuk memperhatikan apakah fitur-fitur unggulan yang ditawarkan sudah sepadan dengan harga yang dibayarkan. 

Software pos dari hashmicro ini akan memberikan manfaat berupa kemudahan dalam penggunaan yang mudah dipahami, ringan, dan cepat untuk bertransaksi.

Bahkan perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengelola data pelanggan dan membership, membuat promosi yang dipersonalisasi, dan mengkalkulasikan program dalam transaksi dengan mudah.

Selain itu, dengan adanya fitur inventory tracking membuat update inventaris secara real-time, pencarian produk dengan mudah, memantau penjualan dari setiap item, hingga perusahaan mendapatkan notifikasi ketika stok menipis.

Keunggulan lain yang dapat dirasakan dari penggunaan sistem POS dari hashmicro ini adalah perusahaan mampu melakukan transaksi offline maupun online dengan sistem berbasis web yang dimana bisa dilakukan pemantauan penjualan kapan saja dan dimana saja. 

Selain itu, Sistem POS yang terkomputerisasi akan sangat membantu perusahaan dalam meminimalisir kesalahan karena jika terjadi perubahan pada harga produk, maka perusahaan hanya perlu menginputnya ke dalam software POS dan secara otomatis harga akan terupdate di seluruh sistem dengan cepat dan akurat.

Baca juga  Ini Pertanyaan yang Bisa Membantu Menentukan Visi Bisnismu

Hal ini tentunya akan menghindarkan perusahaan dari kerugian sekaligus ketidakpuasan klien

Hal tersebut menjadikan perusahaan dapat melihat update sales pada setiap cabang manapun.

Sehingga sales dari cabang lebih terkendali dengan baik dan mampu mengakses informasi secara real time.

Ada satu hal lagi yang bisa menjadi pertimbangan menggunakan sistem POS yaitu data analitik yang sudah lengkap dan tersentralisasi. 

Software ini menyediakan satu jaringan khusus untuk toko-toko retail produk agar mereka dapat dengan mudah mengurus alur keuangan serta mengontrol stok produk yang tersedia.

Secara singkat, sistem POS dapat diartikan sebagai sebuah perpaduan antara tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register), di mana segala transaksi produk akan terjadi hanya tersentral dalam satu data.

Dengan begitu, para pelaku usaha dapat melihat performa bisnis yang sedang dikembangkan melalui tampilan yang lengkap. Sehingga menjadikan waktu semakin efisien dan cepat.

Jadi perusahaan akan lebih fokus kepada strategi untuk berkembang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Baca juga  5 Aplikasi Menggambar Terbaik untuk iPad

Selanjutnya, hashmicro dapat dipastikan akan berorientasi untuk memaksimalkan sistem POS yang terjangkau oleh pelaku bisnis, juga menambahkan fitur fitur terbaik yang menjadikannya sistem yang lebih lengkap.

Hal ini dilakukan untuk mendukung smart business, dengan adanya sistem digital membuat semua proses bisnis jadi tidak terbatas ruang, waktu, dan jarak. Jadi manfaatnya juga bukan hanya dirasakan oleh konsumen, tapi juga oleh produsennya. 

“Indonesia memang sedang fokus mematangkan revolusi industri 4.0. Kita bergerak di sana mendukung pemerintah, namun juga fokus menyiapkan industri 5.0,” ucap Lusiana (14/4/2022)

Dalam revolusi industri 5.0 perlu penguatan ekonomi digital. Apalagi dengan prediksi Indonesia menjadi pemain ekonomi digital yang terbesar di asia tenggara dan akan mengalami pertumbuhan pada ekonomi digital sebanyak 8 kali lipat pada tahun 2030. 

Dengan berkembangnya ekonomi digital, integrasi pada setiap elemen pada sistem informasi akan semakin baik dantentu saja akan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Sebab, transformasi digital menyederhanakan proses operasional jauh lebih efektif.

Selain itu penggunaan digital juga bermanfaat untuk membuat perusahaan lebih berkembang, sertamembuat suatu unit usaha lebih efisien dan stabil.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Abigail Fionna