Aplikasi Money Manager, Solusi untuk Atur Keuangan Mahasiswa


Aplikasi Money Manager, Solusi untuk Atur Keuangan Mahasiswa 1

Pengaturan keuangan tentunya menjadi salah satu keluh kesah kebanyakan mahasiswa apalagi mahasiswa dengan predikat sebagai anak rantau. Kiriman uang dari orang tua harus bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dalam rentang waktu 30 hari. Terkadang sebelum waktu satu bulan itu habis, kiriman uang sudah habis duluan.

Lantas, bagaimana cara mahasiswa untuk bisa mengatur dan men-tracking keluar masuknya uang yang ada? Tenang aja nih, bagi kalian yang suka risau dengan pengaturan keuangan yang tidak stabil, berikut akan dipaparkan mengenai aplikasi Money Manager yang bisa bantu atasi keluh kesah keuanganmu.

Apa itu Money Manager?

Aplikasi Money Manager adalah sebuah aplikasi yang bisa mencatat semua pengeluaran dan pemasukan kamu setiap bulannya. Pada fitur pemasukan dan pengeluaran, terdapat berbagai kategori yang bisa mewakili pengeluaran dan pemasukan kamu. Misalnya pada fitur pemasukan terdapat kategori gaji, hadiah, investasi, kupon, dan lain-lain. Sedangkan pada fitur pengeluaran terdapat kategori makanan, tagihan, transportasi, hiburan, dan sebagainya.

Gimana cara memulainya?

Caranya cukup mudah, kamu bisa mendownload aplikasi ini di play store ataupun app store. Kemudian daftarkan akun kamu dan voila, kamu sekarang sudah bisa mulai atur keuangan.

Fitur yang disediakan

Setiap aplikasi tentunya memiliki fitur andalan tak terkecuali aplikasi yang satu ini. Fitur yang disediakan pada Aplikasi Money Manager antara lain.

Security

Tak perlu khawatir buat kamu yang takut jikalau nanti ada orang lain yang melihat catatan keuanganmu, karena aplikasi ini menyediakan lock bawaan sehingga kita bisa memberi password untuk akses masuk.

Costumized

Kamu bisa mengatur nama-nama dari setiap kategori yang sudah ada. Seperti pada item income, expenses dan account bisa kamu buat sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan yang dikeluarkan.

Repeat Task

Untuk income dan expenses bisa kamu setting repeat sehingga data tersebut dapat terinput otomatis. Dengan catatan income atau expenses tersebut bersifat berulang regularly.

PC Integration

Selain bisa diakses di handphone, aplikasi ini juga bisa diakses di PC dengan syarat keduanya berada pada satu jaringan wifi yang sama.

Continous Database

Data yang telah kamu input tidak akan hilang karena sudah tersimpan pada akun kamu. Sehingga walaupun berganti handphone, maka kamu tetap bisa mengakses data-data terdahulu.

Catat, Buat, dan Analisa

Setelah kamu memahami penggunaan dan fitur yang ada di aplikasi ini, kamu sudah bisa mulai mengatur dan mencatat pengeluaran kamu setiap harinya. Untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya, kamu bisa klik tanda (+) lalu sesuaikan dengan account apakah termasuk pemasukan ataupun pengeluaran, masukkan kategori dan nilai uangnya. Kemudian untuk membuat budget per bulannya agar kamu bisa berhemat, maka klik total lalu klik budget dan isi nilai uang budget yang kamu inginkan.

Setelah sebulan kamu mencatat hasil pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa menganalisa pengeluaran terbesar berasal dari kategori apa. Evaluasi tersebut dapat dilihat dengan mengamati chart di tab stats yang memperlihatkan kondisi persentase masing-masing item. Statistik itu bisa kamu atur untuk dilihat dalam weekly, monthly, yearly, ataupun periodicly.

Nah, dari penjelasan di atas tentu kamu semakin paham bukan tentang penggunaan aplikasi satu ini. Kamu bisa mulai memilah-milah kebutuhan mana yang primer, sekunder, dan tersier. Sehingga pengeluaran uang yang kamu miliki bisa lebih tertata dengan baik. Yuk! Mulai atur keuangan kamu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvianidya

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap