Aplikasi Zoom Yang Sedang Viral Untuk Kalangan WFH, Begini Cara Pakainya


Aplikasi Zoom Yang Sedang Viral Untuk Kalangan WFH, Begini Cara Pakainya 1

Karena wabah virus corona atau covid-19 yang mengharuskan kita untuk terjebak dan mengisolasi diri dirumah, membuat semua perusahaan, kantor, kampus, mall, dan toko – toko yang secara terpaksa harus meliburkan semua karyawannya demi mencegah penyebaran virus yang semakin luas. Namun, tidak diliburkan begitu saja, tetapi mereka harus tetap bekerja di rumah atau yang saat ini disebut sebagai Work From Home (WFH).

Tentunya dengan bekerja dirumah harus membutuhkan teknologi yang bisa membantu mereka untuk tetap berkomunikasi serta membagi informasi atau hasil pekerjaan mereka ke atasan atau beberapa rekan kerja. Salah satu cara yang saat ini sedang viral dan banyak digunakan oleh orang – orang adalah aplikasi Zoom.

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk melakukan panggilan video dan bisa melakukan konferensi video dari jarak jauh sekalipun. Baru saja mengetahuinya atau bingung untuk menggunakannya ? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakannya dengan mudah dan bisa digunakan di PC, Laptop, ataupun Smartphone kamu. Yuk simak di bawah ini.

1. Bisa Digunakan di PC atau Laptop

Aplikasi Zoom Yang Sedang Viral Untuk Kalangan WFH, Begini Cara Pakainya 3

Jika kamu adalah pekerja kantoran atau mahasiswa, tentunya aplikasi ini sangat nyaman digunakan menggunakan PC atau laptop. Yang dimana kamu juga bisa mensharing hasil kerja kamu ke dosen atau rekan kerja dan atasan walaupun terpisah jarak yang jauh. Cara menggunakannya cukup mudah, pertama buka web browser di PC atau laptop kamu, kemudian kamu harus membuat akun zoom terlebih dahulu. Setelah membuatnya, klik login dan pilih My Account untuk melihat dan mengedit akunmu lebih detai lagi.

2. Bisa Mengschedule, Bergabung dan Memimpin Sebuah Rapat

Aplikasi Zoom Yang Sedang Viral Untuk Kalangan WFH, Begini Cara Pakainya 4

Jika kamu telah berhasil melakukan login dari akunmu, kamu akan menemukan tiga pilihan di atas layar, yaitu schedule, join dan host. Dari masing – masing ketiga fitur tersebut, kamu bisa menjadwalkan, bergabung atau memimpin sebuah rapat yang ingin dilakukan oleh perusahaan atau kampusmu. Namun untuk fitur Join, kamu tidak bisa sembarang masuk ke room karena masing – masing room sudah memiliki Meeting ID atau sebuah nama yang harus diketahui untuk bisa bergabung ke dalam room tersebut. Pilihlah sesuai kebutuhan kamu, perusahaan atau kampusmu.

3. Zoom Melalui Smartphone

Aplikasi Zoom Yang Sedang Viral Untuk Kalangan WFH, Begini Cara Pakainya 5

Biasanya ada beberapa orang yang tidak memiliki PC atau laptop. Tetapi tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa mengikuti meeting atau panggilan video melalui smartphone. Berbeda dari PC atau browser, zoom melalui smartphone memiliki fitur dengan nama yang berbeda, Seperti Meet & Chat, Meetings, Contacts dan Settings.

Fitur Meet & Chat kamu bisa melihat riwayat penggilan dan obrolan terkini, serta  mengatur jadwal, bergabung atau memimpin sebuah rapat melalui fitur ini.

Untuk Meetings sendiri kamu bisa menunjukkan apa saja rapat yang akan mendatang, memulai panggilan, mengirim undangan, atau mengedit sebuah rapat.

Lalu Contacts untuk melihat daftar kontak yang kamu miliki sama halnya seperti fitur pada smartphone. Dan yang terakhir ada Settings yaitu untuk membuat perubahan pada akun zoom kamu, membuat perubahan pada profil kamu seperti foto profil, nama, atau memperbarui kata sandi.

Itulah beberapa langkah mudah yang perlu kamu ketahui untuk menggunakan aplikasi Zoom ini, baik di PC maupun smartphone kamu. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap