Artefak-Artefak Bawah Laut yang ditemukan di Salamis, Yunani, di Bekas Medan Pertempuran 2500 Tahun yang Lalu


Artefak-Artefak Bawah Laut yang ditemukan di Salamis, Yunani, di Bekas Medan Pertempuran 2500 Tahun yang Lalu 1

Pertempuran Salamis dan Invasi Persia kedua ke Yunani.

Pada 2500 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 480 Sebelum Masehi(SM), terjadi pertempuran antara angkatan laut Kekaisaran Persia melawan angkatan laut dari aliansi antar negara-kota(polis) Yunani. Pertempuran yang merupakan salah satu rangkaian dari invasi Persia kedua ke Yunani tersebut terjadi di lautan yang terletak di antara Piraeus dan Salamis. Piraeus adalah sebuah kota-pelabuhan yang dibangun Athena, sementara Salamis adalah sebuah pulau di Teluk Saronik di dekat Athena. Angkatan laut aliansi Yunani, yang dipimpin oleh politisi-jenderal dari Athena bernama Themistokles, memenangkan pertempuran tersebut.

Lokasi Pertempuran Salamis yang terjadi pada 2500 tahun yang lalu
Lokasi Pertempuran Salamis yang terjadi pada 2500 tahun yang lalu. Sumber gambar dari Wikipedia

Persia sebelumnya telah meraih kemenangan-kemenangan dalam invasi mereka. Misalnya, Persia mendapatkan kemenangan di Pertempuran Thermopylae, menguasai wilayah Boiotia dan Attika, juga menghancur-leburkan Athena yang pendududknya telah diungsikan. Setelah kemenangan Yunani di Pertempuran Salamis, terjadi titik balik peperangan antara Yunani melawan Persia dan Persia kehilangan kesempatan untuk mengunci kemenangan atas seluruh polis-polis Yunani.

Akibat kekalahan di Pertempuran Salamis, Raja Persia Xerxes I menarik sebagian pasukannya dan kembali ke kerajaannya. Ia menugaskan salah satu komandannya yang bernama Mardonios untuk memimpin sisa pasukan Persia di Yunani. Sisa pasukan Persia pimpinan Mardonios dikalahkan aliansi Yunani pada Pertempuran Plataia pada tahun 479 SM.

Sementara setelah pertempuran berakhir, Themistokles memimpin rakyat Athena untuk membangun kembali negara-kota mereka yang telah dihancurkan Persia. Namun dengan segala kepiawaian dan kepemimpinannya, pada tahun 471 SM ia justru mendapat hukuman ostrakisme atau pengasingan dengan proses pemilu yang diadakan warga Athena. Themistokles dijatuhi ostrakisme karena dianggap warga Athena terlalu narsis mengagung-agungkan dirinya, misalnya ketika ia membangun kuil Aristobule untuk dewi Artemis dengan memasang patung diri sendirinya sendiri.

2.500 Tahun Kemudian

Tahun berganti tahun, abad berganti abad, milenium berganti milenium. Pertempuran-pertempuran yang terjadi pada 2.500 tahun itu tetap ada pada ingatan manusia, misalnya Bank Yunani yang mengeluarkan koin Euro khusus untuk mengenang Pertempuran Thermopylae. Rangkaian peristiwa dua setengah milenium yang lalu itu juga menginspirasi karya-karya seni dan produk budaya popular, misalnya film 300 dan sekuelnya film 300: Rise An Empire.

Selain itu, di bidang akademik juga terus dilakukan penelitan dan ekskavasi dari situs-situs tempat terjadinya konflik antara dua kekuatan besar Yunani dan Persia pada zaman dulu. Dikutip dari artkel yang diterbitkan situs ancientpages.com pada pertengahan tahun 2019 lalu, dilaporkan bahwa para arkeologis bawah laut yang mengadakan penelitian di pantai Salamis, telah menemukan reruntuhan kuno dan benda-benda berupa keramik-keramik, tiang-tiang dan artefak-artefak lainnya seperti patung. Salah satu artefak yang ditemukan adalah pecahan patung kepala berbahan pualam, yang diduga merupakan kepala seorang atlet ataupun Dewa.

Tim arkeolog bawah laut di situs Pertempuran Salamis
Tim arkeolog bawah laut di situs Pertempuran Salamis. Sumber gambar: ancientpages.com
Tim akeolog di situs Pertempuran Salamis
Tim akeolog di situs Pertempuran Salamis. Sumber gambar: tornosnews.gr
Patung kepala yang ditemukan di situs Pertempuran Salamis.
Patung kepala yang ditemukan di situs Pertempuran Salamis. Sumber gambar: tornosnews.gr
Patung kepala yang ditemukan di situs Pertempuran Salamis
Patung kepala yang ditemukan di situs Pertempuran Salamis. Sumber gambar: tornosnews.gr

Artifak-artifak kuno sepanjang kurang-lebih 15 meter itu diperkirakan berusia sekitar 2500 tahun yang lalu, tepat ketika pertempuran Salamis terjadi. Tim arkeolog tersebut menjelaskan bahwa reruntuhan itu kemungkinan merupakan bangunan umum yang digunakan hingga masa Romawi akhir, pada sekitar abad 3. Diperkirakan, bangunan itu dulunya terletak di pelabuhan di tepi pantai zaman dulu.

Lokasi penelitian situs Pertempuran Salamis
Lokasi penelitian situs Pertempuran Salamis. Sumber gambar: tornosnews.gr
Lokasi penelitian situs Pertempuran Salamis.
Lokasi penelitian situs Pertempuran Salamis. Sumber gambar: ancientpages.com

Pertempuran Salamis adalah pertempuran laut besar pertama yang tercatat dalam sejarah dan penemuan artefak serta bangunan yang kini berada di bawah laut ini mejadi peninggalan penting, karena dapat membantu para arkeolog merekonstruksi geografi wilayah tersebut pada 2.500 tahun yang lalu.

*Sumber-sumber referensi:

*Baca juga artikel dan karya RK Awan lainnya di sini*


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

RK Awan

   

Tertarik bekerja sama membuat konten dengan saya? Bisa kirim DM ke akun twitter @RKAwan_47.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments