Memahami Arti Insecure dan Cara Mengatasinya


Arti Insecure

Arti Insecure – Insecure. Satu lagi kosakata yang sedang hits di kalangan anak muda tanah air. Tidak hanya di dunia maya, kata ini juga kerap muncul dalam pembicaraan sehari-hari antar teman maupun saudara.

Tapi, apa itu insecure? Kenapa rasa-rasanya orang dengan mudah melabelkan kalimat, “aku insecure banget nih” ketika berbicara?

Memahami Arti Insecure

Memahami konteks suatu kata sangat penting, terlebih jika hal tersebut berkaitan erat dengan kondisi kesehatan. Namun bagi mereka yang hanya ingin tampak keren tanpa punya empati, maka kata yang terlihat ‘English’ akan latah digunakan. 

Insecure pada dasarnya adalah kondisi tidak aman. Seseorang bisa merasa tidak aman atau insecure disebabkan oleh antara lain : rasa minder, tekanan dari luar, intimidasi verbal, ketidakadilan, dll. 

Suka menggunakan kata insecure? Apa kamu memang benar-benar sedang mengalami hal di atas tadi?

Selain yang sudah disebutkan, menurut penjelasan dari Goodtherapy.org, insecure erat kaitannya dengan rasa takut, cemas, perasaan tidak mampu, stress dan rendah diri berlebihan.

Seseorang yang mengalami insecurity pada level yang cukup tinggi, akan berpengaruh besar bagi pekerjaan, relasi dengan sahabat, hubungannya dengan pasangan, hingga dimensi personal lainnya.

Penyebab Insecure

Masih dari Goodtherapy, tidak ada faktor tunggal yang bisa dijadikan alasan mutlak bagi penyebab insecurity. Beberapa kasus nampaknya memperlihatkan adanya hubungan antara mereka yang insecure dengan trauma di masa lalu, perceraian hingga menjadi korban kekerasan.

Mengatasi Insecure

Perasaan insecure akut dan terus menerus akan memberikan dampak sangat buruk. Untuk itu, perlu dilakukan upaya dalam mengatasinya.

Psychalive dalam artikelnya yang berjudul How to Overcome Insecurity : Why Am I so Insecure? memberikan beberapa tips praktis. 

Step 1 : Tulislah semua kalimat bernada menghakimi yang ada dipikiran kamu. Jika ada suara-suara seperti, ‘aku orang bodoh, aku tidak bisa, aku tidak mampu’, maka tulis itu semua dalam buku catatan kamu.

Step 2 : Cari tahu apa dan bagaimana perasaan insecurity hadir dalam diri kamu. Apakah ini ada hubungannya dengan sesuatu di masa lalu? Tahap ini sangat penting untuk mencari akar permasalahan sebenarnya.

Step 3 : Bandingkan. Apa benar perasaan itu menggambarkan sesuatu yang nyata. Misal ada suara di kepala kamu yang selalu menghakimi bahwa kamu orang yang tidak bisa apa-apa. Bandingkan dengan kenyataan yang sebenarnya, apakah itu memang terjadi atau hanya stigma yang berlebihan.

Step 4 : Sadarkan diri kamu dan cari tahu seberapa besar insecurity ini sudah mengganggu hidup kamu. Ini penting. kamu harus sadar bahwa perasaan ketakutan berlebihan inilah yang mungkin makin menjauhkan kamu dari impian, karir, cita-cita, kesuksesan, hubungan interpersonal dan keyakinanmu. 

Step 5 : Susun rencana. Tulis hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kondisi dirimu. Merasa takut dengan persepsi orang karena bentuk fisik? Cobalah untuk melakukan aksi nyata, seperti berolah raga atau memperbaiki pola makan. Ingin meningkatkan pencapaian di bidang akademik? Rajinlah belajar, baca buku materi kuliah dengan lebih rajin dan ikutilah klub berisi mahasiswa yang bisa membantu kamu. 

Lebih jauh lagi, Well and Good menulis dalam lamannya tentang cara mengatasi insecure : 

  • Jangan menghakimi diri sendiri.
  • Jadilah sahabat untuk diri sendiri.
  • Mulailah progress nyata secara bertahap. 
  • Jauhi orang yang membuatmu makin insecure.
  • Perhatikan bahasa tubuh dan gerak-gerik untuk mengurangi perasaan takut atau tidak aman berlebihan.
  • Pelajari teknik-teknik untuk mengatur emosi.
  • Rayakan kemajuan yang sudah kamu buat.
  • Fokus dan sadari potensi diri.
  • Ceritakan diri dari sisi positif.
  • Jika perlu, cobalah berkonsultasi dengan ahli.

Itu beberapa hal terkait insecure dan insecurity. Apapun itu, percayalah : kamu orang yang spesial. Kamu luar biasa. Kamu mampu meraih cita-cita. Jangan biarkan seorangpun memisahkanmu dari cita-citamu. 

Untuk memulai semuanya itu, kamu bisa membaca tips jitu meningkatkan kepercayaan diri yang berisi langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan dengan mudah. Semangat!

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap