Arti Kode Sasis Bus Scania

Arti Kode Sasis Bus Scania

Siapa sih yang tidak kenal dengan merk premium asal swedia ini,ya dia adalah ,si pendatang baru yang telah ramai mewarnai jalanan indonesia.di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara membaca atau arti dari kode itu sendiri?yuk simak ulasannya berikut ini.

K-SERIES

Seri K merupakan dengan letak mesin di belakang,dan juga seri K biasanya menggunakan mesin EURO3-6 dengan konfigurasi mesin in-line atau vertikal segaris.di indonesia sendiri umumnya memakai K series,seperti K360ib,K410ib dan lain sebagainya.

F-SERIES

Selain seri K juga terdapat seri F,seri F sendiri merupakan kode untuk bermesin depan atau front engine.Jadi huruf pertama pada merupakan kode untuk mengetahui letak posisi mesin.

Baca juga  Mengapa Truk,Bus, & MPV Menggunakan Bahan Bakar Diesel? Benarkah Kendaraan Diesel Lebih Hemat?

Arti Kode Sasis Bus Scania

ANGKA DI TENGAH KODE

Setelah kita membahas huruf pertama pada kode lalu di lanjutkan dengan angka pada tengah kode seperti K360-K410 dan lain sebagainya.lalu apakah arti dari nominal angka pada kode itu?

Nominal angka pada merupakan kode berapa besar tenaga yang mampu di hasilkan oleh mesin seperti hal nya K360 yang berarti tenaga yang di hasilkan mesin ialah 360HP atau K-410 yang berarti tenaga yang mampu di hasilkan mesin ialah sebesar 410 HP dan seterusnya.

HURUF PERTAMA PADA AKHIR KODE

Setelah kode angka nya, juga menambahkan lagi kode dengan huruf pada bagian akhir,seperti halnya IB,lalu apakah arti pada akhiran kode sasis tersebut?kita akan membahas arti pada huruf yang pertama.

Baca juga  Mengapa Bus Heavy Duty atau Bus Premium Lebih Diminati di Indonesia

I

Artinya sasis untuk antar kota jarak dekat hingga jauh dengan dengan kenyamanan biasa atau standar.

U

Artinya sasis untuk dalam kota jarak dekat dengan kenyamanan yang biasa,dan  memakai lantai rendah.

E

Sasis untuk perjalanan jauh dengan tingkat kenyamanan yang tinggi dan mewah.

Untuk saat ini,di indonesia umumnya sasis yang terlihat ialah tipe I dan sangat jarang kita jumpai tipe U dan untuk sasis tipe E sendiri,di indonesia belum ada yang memakainya.

Arti Kode Sasis Bus Scania

HURUF KEDUA PADA AKHIR KODE

Huruf kedua pada kode sasis merupakan keterangan tambahan,seperti:

A

Merupakan sasis dengan tipe gandeng,seperti hal nya yang dimiliki oleh PT.Transjakarta.

Baca juga  Tips Traveling pake bus Anti Bosan pada Saat Mudik Lebaran?

B

Adalah tipe sasis normal/biasa

D

Merupakan tipe sasis yang dipakai untuk atau tingkat,meskipun di indonesia banyak perusahaan yang memakai sasis double decker pada tipe B seperti .

Selain itu juga menambahkan keterangan konfigurasi roda yang di gunakan sasis tersebut seperti 6×2 atau 4×2,nah kalau kita membaca kode sasis artinya ialah: bermesin belakang,dengan tenaga 410HP,dengan kenyamanan biasa,dan tipe sasis biasa.

itulah dia ulasan tentang,apa arti dari kode sasis yang sering tertulis pada bagian depan,samping bahkan di belakang bodi ,silahkan tinggalkan komentar anda di bawah.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sayyid Aulia Akbar Alhabsyi

   

Menempuh dan fokus di jurusan halu selama beberapa dekade,hingga mencapai master