Tidak bisa mendaftar SNMPTN 2019? Tenang masih bisa ikut SBMPTN


64
64 points

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), resmi di buka pada Senin (4/2/2019). Bagi yang memperoleh notifikasi berhak mengikuti SNMPTN saat mendftar di laman snmptn.ac.id bisa lanjut ke tahap pendaftaran berikutnya.

Pasalnya pendaftaran SNMPTN berdasarkan pemeringkatan yang telah di verifikasi, saat mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Namun, bagi siswa yang belum memenuhi syarat mendaftar SNMPTN masih berpeluang menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

SBMPTN akan di buka pendaftarannya pada bulan Juni mendatang. Tahun ini siswa yang akan mendaftar SBMPT  wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasir Komputer (UTBK).

Apa itu UTBK?

UTBK merupakan ujian tulis yang di laksanakan menggunakan perangkat komputer yang di laksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK wajib di ikuti oleh siswa yang akan mendaftar SBMPTN. Hasil UTBK ini yang akan menjadi bahan acuan siswa untuk mendaftar SBMPTN.

Ada dua tes yang diujikan dalam UTBK yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS menguji peserta dalam bidang pengetahuan umum dan kognitif. Sedangkan TKA merupakan tes yang berisi materi pelajaran yang di dapat selama sekolah. Sesuai dengan jenisnya TPA dibagi menjadi dua yakni TPA untuk saintek dan TPA untuk soshum.

TPA saintek terdiri dari matematika saintek, fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangankan TPA Soshum meliputi Matematika Soshum, Geografi  Sejarah, Ekonomi dan Sosiologi. Tes ini berfungsi untuk memprediksi calon mahasiswa bisa menyelesaikan studi tepat waktu atau tidak.

Syarat Peserta UTBK

Peserta yang berhat untuk , mengikuti UTBK yakni siswa lulusan kelas 12 SMA/SMK atau sederajat. Serta siswa yang lulus pada tahun 2017 dan 2018. Selain itu, siswa kejar paket c yang lulus tahun 2019, 2018, dan 2017.

Untuk mengikuti UTBK siswa harus melakukan pendaftaran melalui laman pendaftaran-utbk.SBMPTN2019.ac.id menggunakan NISN atau NPSN untuk mendapatkan username dan pasword. Selanjutnya mengikuti tahapan pendaftaran selanjutnya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

64
64 points

Apa reaksi kamu terhadap post ini ?

MARAH MARAH
2
MARAH
SEDIH SEDIH
2
SEDIH
HAHA HAHA
2
HAHA
IMUT IMUT
1
IMUT
KAGET KAGET
1
KAGET
ENAK ENAK
0
ENAK
KEREN KEREN
0
KEREN
SUKA SUKA
3
SUKA
Pilih format
Story
Untuk membuat post artikel.
Gambar
Photo, meme atau GIF