5 Jenis Penyakit Yang Mudah Menular Kepada Manusia


51
51 points

Seperti yang kita tahu bahwa terdapat banyak jenis penyakit di dunia ini, yang menular maupun tidak menular. Dari kedua jenis penyakit tersebut, penyakit yang bisa menular adalah penyakit yang tergolong sangat berbahaya dan telah tercatat penyakit tersebut adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian.

Penyakit menular sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, virus, atau jamur. Mikroorganisme tersebut, dapat berpindah dan menular dari orang yang sakit kepada orang lain yang masih dalam kondisi sehat, sehingga orang yang masih sehat tersebut bisa menjadi ikutan sakit. Lalu apa saja penyakit menular itu ? Berikut ini ada 5 jenis penyakit yang paling mudah menular kepada manusia.

1.Tuberkulosis

Infeksi kuman Tuberkulosis atau (TB) dapat menyebar melalui udara saat penderitanya mengalami batuk, bersin, atau meludah. Penderita TB di Indonesia sendiri sudah mencapai posisi tertinggi ketiga di dunia sesudah India dan Tiongkok. Mereka yang terkena penyakit ini, biasanya akan mengalami gejala seperti batuk berdahak, demam, dahak yang bercampur dengan darah, berat badan menurun secara drastis, nyeri dada, sesak napas, dan berkeringat di malam hari.

2. Hepatitis

Penyakit Hepatitis ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Tetapi, yang paling sering menyerang manusia adalah hepatitis A, B, dan C. Dari ketiga jenis penyakit tersebut, hepatitis A yang paling ringan dan sudah ada vaksinnya. Dan biasanya, penularan penyakit hepatitis A terjadi melalui makanan atau minuman yang sudah terinfeksi oleh orang yang menderita penyakit hepatitis. Lalu, untukĀ hepattis B dan C ditularkan melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti tranfusi darah.

3. Malaria

Penyakit malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang hidup dalam sel darah manusia. Penyakit ini ditularkan oleh serangga yaitu nyamuk malaria atau anopheles. Untuk gejala penyakit malaria adalah tubuh akan meriang, merasakan panas dingin bahkan sampai menggigil dan demam dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Cacar Air

Pasti hampir setiap orang pernah mengalami penyakit yang satu ini. Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster, dan sangat mudah menular ke orang disekitar penderita penyakit tersebut. Virus cacar air ini juga bisa menyebabkan penyakit yaitu herpes. Penularan cacar air terjadi lewat air liur penderita penyakit atau dari cairan yang keluar dari gelembung – gelembung cacar air yang pecah.

5. Influenza

Penyakit yang paling sering diderita oleh orang – orang ini merupakan virus influenza yang sangat mudah menular ke orang lain. Proses penularannya adalah karena terjadinya kontak langsung dengan penderita, seperti bersin dan batuk, serta penularan yang tidak langsung, seperti menyentuh gagang pintu yang sudah tercemar oleh virus ini.

Itulah ke – 5 Jenis Penyakit Yang Mudah Menular kepada manusia. Dari kelima jenis penyakit ini, penyakit mana yang paling sering dialami oleh kamu ? Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

51
51 points

Apa reaksi kamu terhadap post ini ?

MARAH MARAH
1
MARAH
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
HAHA HAHA
0
HAHA
IMUT IMUT
3
IMUT
KAGET KAGET
2
KAGET
ENAK ENAK
2
ENAK
KEREN KEREN
2
KEREN
SUKA SUKA
1
SUKA
Pilih format
Story
Untuk membuat post artikel.
Gambar
Photo, meme atau GIF