5 Hal Yang Bisa Membuat Kamu Kehilangan Seorang Sahabat, Jangan Sepelekan ya !


79
79 points

Memiliki sosok seorang sahabat yang baik merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya. Sahabat yang baik akan selalu menemanimu dalam suka duka kehidupan yang kamu jalani. Mungkin terkadang sahabat bisa menjadi lebih akrab dan lebih setia daripada saudara kandung. Karena itu, jika kamu memiliki seorang sahabat, maka pertahankan dan bersyukurlah. Namun, yang perlu diingat dalam menjalin hubungan persahabatan tidak selalu dengan hubungan yang pasti awet selamanya. Tetapi karena ada beberapa kesalahan yang bisa membuatmu kehilangan sosok sahabat. Misalnya seperti 5 hal berikut ini yang membuat kamu bisa kehilangan seorang sahabat, harap kamu hindari ya !

1. Selalu Meremehkan Kesalahan

Dalam menjalin sebuah hubungan persahabatan, wajar saja jika kamu sering berbuat kesalahan kepada sahabatmu, bahkan mungkin menyakiti hatinya. Tetapi kesalahan yang kamu buat tidak akan membuat hubungan kalian rusak jika kamu segera meminta maaf dan tidak mengulanginya lagi. Tetapi jika kamu malah menganggap remeh kesalahanmu, maka jangan heran kalau sahabatmu akan pergi dan mulai menjauh darimu. Karena itu, jangan sampai kamu selalu berpikir bahwa sahabatmu tidak akan mempermasalahkan kesalahan yang kamu buat, walaupun kalian benar – benar sudah dekat, itu bukanlah alasan untuk berbuat seenaknya.

2. Prioritas Yang Kurang Tepat

Selain harus selalu menghadapi sahabatmu, kamu juga tentunya harus berurusan dengan banyak orang lain di sekitar lingkungan. Tetapi yang perlu kamu ingat adalah jangan sampai kamu jadi lebih memprioritaskan orang lain yang tidak seharusnya kamu dahulukan dibanding sahabatmu. Misalnya, seperti apakah gara – gara mempunyai banyak teman baru, kamu jadi mulai jarang berhubungan dengan sahabatmu dan menyediakan waktu untuknya ? Sahabatmu pasti juga akan senang jika kamu mendapatkan teman baru, tetapi kalau itu membuatmu mulai melupakan dirinya, apakah sahabatmu tidak akan merasa sedih ?

Bahkan jika kamu memiliki kekasih sekalipun bukan menjadi alasan untukmu agar menjauh dari sahabatmu. Sahabat yang baik pasti akan selalu mendukung hubunganmu dan apapun yang kamu ambil. begitupun dengan kekasih yang baik, pastinya dia tidak akan melarangmu untuk memiliki seorang sahabat bukan ? Karena itu, tetapkanlah prioritas yang tepat dalam menjalin hubunganmu dengan orang – orang di sekitarmu.

3. Adanya Rasa Iri dan Cemburu

Berbicara mengenai dirimu, coba kita melihat dari sisi lainnya, mungkin yang akan terjadi adalah sebaliknya. Bisa saja sahabatmu memiliki orang – orang baru dalam hidupnya, dan kamu merasa cemburu dengan keberadaan orang baru tersebut. Padahal sahabatmu sendiri sama sekali tidak menjauhimu, tetapi sikap posesif yang kamu miliki malah membuatmu menjadi marah dan menjauh. Atau bisa saja kamu mulai iri dengan pencapaian dan prestasi yang telah diraih oleh sahabatmu, sementara kamu sendiri belum meraih dan mencapai keberhasilan apapun. Hal – hal sepert ini malah akan merusak persahabatan yang selama ini kamu jalin bersama sahabatmu. Karena itu, jangan sampai rasa iri dan cemburu selalu menghantui di dalam hatimu.

4. Tidak Mendukung di Saat Sedang Susah

Hubungan persahabatan yang kalian jalin juga bisa terancam karena kondisi dimana kamu tidak selalu ada dan mendukung sahabatmu di saat dia sedang mengalami masalah. Mungkin, memang kamu sendiri juga pasti memiliki kesibukan sendiri dalam hal bekerja ataupun yang lainnya. Tetapi pasti ada yang bisa kamu lakukan untuk sahabatmu walau itu cuma melalui kontak seperti memberi dukungan dan semnagat melalui chat atau menelponnya hanya untuk memberinya semangat. Jadi pastikan kamu menyisihkan waktu untuk memberi perhatian saat sahabatmu sedang mengalami kesusahan walau hanya sebentar saja, karena jika kamu melakukan hal itu, maka sahabatmu akan merasa senang dan dihargai karena memiliki seorang sosok sahabat yang baik seperti kamu.

5. Tidak Menerima Perubahan

Setiap orang pastinya akan berubah dalam proses mejalani hidupnya. Entah secara fisik maupun mental, besar atau kecilnya perubahan adalah hal yang mutlak saja terjadi. Maka wajar saja jika kalau suatu saat sahabatmu akan berubah. Misalnya seperti dulu kalian punya cara pandang yang sama akan suatu hal, tetapi kemudian cara pandang sahabatmu berubah menjadi berlawanan denganmu.

Jika sampai hal itu terjadi, maka sebenarnya itu bukanlah suatu masalah yang besar. Karena selama sahabatmu masih bisa menjaga sifat – sifatnya dengan baik, maka perubahan tersebut tidak perlu dikhawatirkan akan membuat hubungan persahabatan kalian menjadi goyah. Namun hubungan kalian bisa rusak jika kamu tidak mau menerima perubahan tersebut. Karena itu, hargailah setiap perbedaan dan perubahan agar kamu tidak akan kehilangan sahabatmu.

Itulah ke – 5 hal yang bisa membuatmu kehilangan sahabat. Jika kamu benar – benar membutuhkan kehadiran sosok sahabat dalam hidupmu, maka sebaiknya jangan sampai kelima hal diatas tersebut bisa merusak hubungan persahabtan kalian. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

79
79 points

Apa reaksi kamu terhadap post ini ?

MARAH MARAH
2
MARAH
SEDIH SEDIH
1
SEDIH
HAHA HAHA
1
HAHA
IMUT IMUT
0
IMUT
KAGET KAGET
0
KAGET
ENAK ENAK
3
ENAK
KEREN KEREN
3
KEREN
SUKA SUKA
2
SUKA
Pilih format
Story
Untuk membuat post artikel.
Gambar
Photo, meme atau GIF