Beauty   

10 Manfaat Minyak Jarak untuk Mengatasi Masalah Kecantikan


10 Manfaat Minyak Jarak untuk Mengatasi Masalah Kecantikan 1

Minyak jarak digunakan sebagai salah satu solusi kecantikan favorit Cleopatra. Orang Mesir menyukai bijinya karena sifatnya sebagai pencahar alami, produk kecantikan, dan juga sebagai obat pada tahun 1552 SM. Jika kamu ingin menghindari produk kimia dan mengatasi beberapa masalah kecantikan yang paling umum, kamu dapat mencoba menambahkan minyak jarak ke rutinitas kecantikan harianmu.

Berikut ini adalah 10 masalah kecantikan sehari-hari yang dapat diatasi atau dibantu dengan penggunaan minyak jarak.

1. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat

description

Kulit yang terlalu berminyak memicu timbulnya jerawat. Namun, sebagian besar produk kecantikan di pasaran mengeringkan kulit kita, yang akibatnya menghasilkan lebih banyak minyak untuk melembabkan diri. Jadi jerawat pun muncul. Di sisi lain, minyak jarak mengandung asam lemak yang membantu memulihkan kelembaban alami kulit. Usahakan untuk mengoleskan minyak jarak pada wajahmu dengan gerakan memutar, biarkan semalaman, dan bilas dengan air hangat di pagi hari.

Baca juga  5 Rekomendasi Toner Khusus Untuk Kulit Dehidrasi, Selamat Tinggal Kulit Kering

 

2. Mengatasi bekas luka dan kulit terbakar

description

Minyak jarak membantumu melepaskan sel-sel kulit yang rusak dan dapat digunakan untuk luka bakar, bekas luka, dan bahkan stretch mark. Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba dan memperlancar aliran darah. Minyak jarak digunakan di banyak tabir surya karena juga memiliki nilai SPF sekitar 6.

 

3. Mengatasi kerusakan dan kerontokan rambut

description

Minyak jarak dapat memelihara rambut kita secara eksternal, meningkatkan fleksibilitas rambut, dan mengurangi kerusakan. Tetapi lebih dari itu, minyak ini membuat akar rambut kita lebih kuat dan mencegah rambut rontok melalui senyawa yang disebut asam risinoleat. Minyak jarak juga mengurangi gejala ketombe. Pijat lembut kulit kepalamu dengan minyak jarak beberapa kali seminggu, lalu cuci dengan sampo biasa.

 

4. Mengatasi keriput

description

Oleskan beberapa tetes minyak jarak ke area tertentu. Ini membantu dengan produksi kolagen, yang memperlambat penuaan kulit. Karena asam lemaknya, minyak ini memiliki kualitas pelembab dan juga menjaga area tersebut tetap terhidrasi serta lembut.

 

5. Mengatasi bibir pecah-pecah

description

Kamu juga dapat menggunakan minyak jarak untuk menghilangkan dan menyembuhkan bibir pecah-pecah. Coba oleskan sedikit di bibirmu. Karena bahan-bahannya yang bergizi tinggi, seperti vitamin E, mineral, dan asam lemak, minyak ini akan membantu daerah itu cepat sembuh serta mengembalikan keseimbangan kelembapannya. Kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke bibir dengan jarimu.

Baca juga  6 Bahan Alami untuk Mengatasi Infeksi Vagina

 

6. Mengatasi kulit kering, tumit pecah-pecah, dan kapalan

description

Minyak jarak, dengan sifat pelembabnya yang kaya, mengatasi kulit kering dan mengembalikan hidrasi di area bersisik. Minyak ini juga dapat membantumu menghilangkan kapalan dan mengobati tumit pecah-pecah. Campurkan beberapa sendok makan minyak jarak dengan air hangat dan rendam kulit yang kapalan di dalamnya. Campuran ini akan bertindak sebagai pelumas kulit alami.

 

7. Mengatasi kutikula dan kuku yang rapuh

description

Karena sifat antijamur maupun antibakterinya, minyak jarak dapat digunakan sebagai perawatan kuku dan kutikula yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan yang sehat serta kuat. Ada banyak produk kuku yang mengandung minyak jarak di pasaran, tetapi kamu juga bisa mengoleskan beberapa tetes langsung ke kuku atau mencairkannya dengan air hangat dan merendamnya beberapa kali seminggu.

 

8. Mengatasi tangan kering dan pecah-pecah

description

Minyak jarak adalah pelembab alami dan obat terbaik untuk tangan kering dengan retakan serta mungkin eksim. Minyak ini mengandung asam lemak yang disebut asam risinoleat yang membantu lapisan pertama kulit kita mencegah kehilangan air. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan minyak lain seperti almond atau minyak kelapa dan membuat penambah kelembapan untuk tangan serta wajahmu juga.

Baca juga  Cukup dengan Madu, Rambut akan Terawat Secara Menyeluruh

 

9. Menumbuhkan dan melembabkan bulu mata

description

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak jarak membantu rambut tumbuh kuat dan hal yang sama berlaku untuk bulu mata. Seperti yang dikatakan sebelumnya, minyak ini kaya akan asam risinoleat, yang terbukti memiliki kadar trigliserida tinggi dan inhibitor D2 prostaglandin yang membantu melembabkan bulu mata serta mencegah kerontokan rambut.

 

10. Pertumbuhan rambut

description

Meskipun penggunaan minyak jarak untuk pertumbuhan rambut masih dalam tahap anekdotal, ada banyak orang yang mengklaim bahwa penggunaannya secara teratur telah membantu mereka menumbuhkan rambut yang kuat dan sehat. Kamu bisa mencoba memijat kulit kepalamu dengan minyak jarak dan kemudian cuci seperti biasa dengan sampo. Karena kandungan asam risinoleat dan asam lemak omega-6, minyak jarak dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

10 Manfaat Minyak Jarak untuk Mengatasi Masalah Kecantikan 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado