Beauty   

Penyebab rambut kering & Lepek


Penyebab rambut kering & Lepek 1

Rambut yang sehat dan indah adalah impian dari setiap wanita. Namun kebanyakan orang Indonesia memilikitipe rambut yang kering dan kurang tertata.

Padahal bagi wanita, jika kondisi rambut bagus, akan membuatnya merasa lebih percaya diri dan lebih cantik. Nah tentu saja hal yang berbeda akan terjadi jika orang tersebut memiliki rambut yang kering dan lepek. Ada beberapa cara untuk merawat rambut agar tetap indah dan bersinar. Namun sebelumnya perlu diketahui, apakah penyebab rambut kering dan lepek itu?

Penyebab Rambut Kering

Penyebab rambut kering & Lepek 3

Nah, salah satu penyebab utama adalah, kulit kepala kurang memproduksi minyak yang cukup sehingga kulit kepala kering. Nah, Rambut sendiri tidak memiliki pelembab alami, dan rambut bergantung pada minyak di akar kepala untuk menjaga nya agar tetap lembab dan terhidrasi.

Baca juga  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut, Bisa Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Ketika rambut tidak mendapatkan cukup minyak dari akar, maka rambut akan menjadi kering. Selain itu semakin kamu menua, kemampuan akar rambut untuk memporduksi minyak akan berkurang sehingga kulit kepala akan semakin kering seiring bertambahnya umur.

Penyebab lainnya adalah ketika rambut tidak dapat mengikat air. Setiap satu helai rambut di kepalamu memiliki pelindung protektif yang bernama kutikula. Seperti halnya pelindung, kutikula ini dapat memproteksi rambut dari sinar matahari, selain itu kutikula pada rambut juga berfungsi untuk mengikat air dalamrambut sehingga rambut terlihat lebih lembab dan berkilau. Namun kutikula atau lapisan pelindung tersebut dapat rusak karena sering menata rambut secara berlebihan.

Baca juga  Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Tanpa Produk Mahal

Penyebab Rambut Lepek

Penyebab rambut kering & Lepek 4

Berbeda halnya rambut kering, salah satu penyebab dari rambut lepek adalah produksi minyak yang berlebih. Seperti yang telah disebutkan akar rambut dapat memproduksi minyak. Ketika produksi minyak berlebih, maka rambut akan terlihat lepek dan dan kotor. Produksi minyak tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal seperti Iklim tropis di Indonesia.

Ketika berada di bawah sinar matahari secara langsung, kulit akan lebih aktif memproduksi keringat, hal ini juga berdampak pada akar rambut untuk memproduksi lebih banyak minyak sehingga membuat rambut menjadi lebih lepek.

Baca juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut 

Selain itu terlalu sering menyisir rambut juga dapat merangsang minyak alami dalam akar rambut untuk keluar. Mengkonsumsi makanan berlemak dan terlalu sering berkeramas juga dapat menyebabkan rambut terlihat berminyak dan lepek.

Tentu saja Rambut kering dan rambut lepek tidak menarik untuk dilihat. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rambut lepek dan rambut kering. Simak artikel “Cara untuk mengatasi rambut Lepek” dan “Cara untuk mengatasi rambut Kering”.

Penyebab rambut kering & Lepek 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket