Beauty   

Tips Ampuh Agar kulit Cantik Alami


Tips Ampuh Agar kulit Cantik Alami 1

Bukan sesuatu yang aneh jika banyak orang, utamanya kaum wanita selalu berusaha mencari tips ampuh agar kulit cantik alami, sebab kulit merupakan salah satu bagian terpenting dalam menunjang penampilan seseorang.

Karena sesempurna apapun bentuk mata, hidung, atau bibir seseorang, jika kulitnya kotor dan kusam atau ternoda oleh kerutan dan bintik-bintik hitam, kesempurnaan itupun menjadi tidak berarti.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang tips untuk mempercantik kulit, ada baiknya jika kita tahu lebih dalam tentang keberadaan dari kulit itu sendiri.

Kulit dan Bagian-bagiannya

Sebagaimana kita ketahui bersama, kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang memiliki sifat lembut dan elastik. Fungsi dari kulit adalah melindungi bagian-bagian internal tubuh dari unsur-unsur eksternal  yang dapat memberikan pengaruh negatif, seperti paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet, debu, bahan kimia, suhu dan berbagai unsur berbahaya lainnya.struktur kulit

Kulit juga berfungsi memproteksi tubuh dari serangan infeksi, menahan air, serta memproduksi beberapa jenis protein esensial. Kulit sendiri yang dibangun oleh jaringan sel, di sepanjang hidup seseorang akan terus berkembang dan selalu berubah. Menurut penelitian, setiap orang di setiap menitnya akan menanggalkan sekitar 40.000 sel kulit.

Kulit yang membalut tubuh manusia, terdiri atas 3 lapisan. Lapisan kulit terluar yang dapat dilihat dengan mata telanjang disebut epidermis, di bawahnya terdapat kulit lapisan tengah yang disebut dermis, dan lapisan terdalam yang merupakan lapisan lemak di bawah kulit disebut hypodermis. Ketiga lapisan tersebut, masing-masing memiliki fungsi dan sistem kerja  yang berbeda.

Epidermis dengan posisinya yang berada paling luar, otomatis merupakan bagian yang terpapar langsung sinar ultraviolet, debu, dan unsur dari luar lainnya. Fungsi dari epidermis adalah menghasilkan sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel-sel yang telah rusak dan mati, serta memberikan pigmen kulit.

Baca juga  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut, Bisa Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Fungsi lapisan tengah atau dermis adalah memberikan reseptor sentuhan dan rasa sakit, sebagai tempat bagi pembuluh darah, kolagen, folike, serta elastin. Sedang  hypodermis yang merupakan lapisan terdalam dan dibangun oleh kolagen dan lemak, fungsinya adalah melindungi organ-organ internal tubuh dan menyerap goncangan.

Selama ini banyak stereotype yang keliru tentang kulit yang sehat dan cantik. Orang Indonesia misalnya, menganggap kulit yang indah dan cantik adalah kulit yang putih, sehingga banyak beredar kosmetik dan obat-obatan di pasaran yang fungsinya adalah untuk memutihkan kulit.

Padahal menurut sejumlah penelitian, kulit hitam justru kulit yang memiliki ketahanan lebih terhadap paparan unsur-unsur eksternal seperti sinar ultraviolet yang terkandung dalam sinar matahari, dan kulit hitam juga memiliki risiko yang lebih kecil terhadap serangan kanker kulit.

Tips Ampuh Agar kulit Cantik Alami 3

Namun, terlepas dari warna kulit yang dimiliki seseorang, menjaga dan memberikan perawatan terhadap kulit merupakan satu kewajiban, karena kulit yang sehat tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan seseorang, tapi juga berdampak pada kesehatan secara menyeluruh.

Itu sebabnya, tips ampuh agar kulit cantik alami sebagaimana yang  tertulis di bawah ini, bukanlah cara instan untuk membuat kulit tampak cantik dalam rentang waktu yang singkat, tapi cara yang mendasar untuk menjaga seluruh lapisan kulit yang ada agar senantiasa sehat, sebab kulit yang sehat juga merupakan kulit yang cantik alami.

 

Tips Ampuh Agar Kulit Cantik Alami

Untuk dapat memperoleh kulit yang sehat dan cantik alami, sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat dan juga alami. Karena dengan cara yang sehat dan alami, selain aman dan tidak berisiko, kecantikan kulit juga lebih awet, dan tentunya tidak dibutuhkan biaya khusus untuk perawatan kulit. Berikut tips ampuh agar kulit cantik alami dengan cara yang sehat dan alami:

Baca juga  5 Tips Membuat Kulit Tetap Bersih dan Sehat Selama Bulan Puasa

Jaga Pola Makan

Jaga Pola Makan

Makanan memberi dampak yang cukup besar bagi kesehatan kulit, karena itu disiplin dalam menjaga pola makan sangat dibutuhkan agar kulit senantiasa sehat dan cantik alami. Untuk itu hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, karena kadar gula yang tinggi dapat menjadi penyebab kolagen dan elastin mengalami kerusakan.

Dampak selanjutnya, kulit akan mudah menjadi kendur dan mengalami keriput. Makanan yang baik bagi kulit adalah yang banyak mengandung mineral dan Vitamin A, B, C, dan D yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

 

Perbanyak Minum Air Putih

Minum Air Putih

Air putih dapat membuat kulit menjadi lebih segar dan lebih kencang, karena bagian terbesar pada tubuh manusia adalah air. Usahakan setiap hari untuk mengkonsumsi air putih, tidak kurang dari 8 gelas.

Jangan menunggu haus untuk minum air agar kulit tidak mengalami dehidrasi dan stress, yang dapat mempercepat pengeriputan kulit. Dengan banyak meminum air, selain baik untuk merawat kulit, juga sangat baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

Olahraga Secara Teratur

Olahraga

Olahraga secara teratur sangat baik untuk perawatan kulit, karena olahraga dapat memicu  produksi kolagen pada kulit. Kolagen sendiri berfungsi dalam membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh serta mencegah terjadinya pengeriputan pada kulit.

 

Istirahat yang Cukup

Istirahat

Beristirahat dengan cukup sangat membantu regenerasi sel-sel kulit, sehingga menghindarkan terjadinya penuaan dini. Sebaliknya, jika terlalu banyak begadang, tubuh akan mudah mengalami peradangan yang dapat mengakibatkan kulit cepat keriput. Itu sebabnya, tidurlah sekurang-kurangnya 7 jam dalam sehari-semalam, agar tubuh selalu sehat, dan kulit senantiasa terlihat cantik alami.

Baca juga  7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki

 

Hindari Stress

Hindari stress

Tips ampuh agar kulit cantik alami yang lainnya adalah dengan menjaga agar hati dan pikiran senantiasa rileks dan tidak terbebani dengan persoalan-persoalan berat, sebab stress dapat menjadi penyebab pengeriputan pada kulit.

Untuk mengkondisikan tubuh agar senantiasa rileks dapat pula dilakukan lewat pijat atau message, sebab pijat dapat membantu pembentukan sel-sel pada kulit wajah serta merangsang produktifitas kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan lebih cerah.

 

Bersihkan Kulit Tubuh secara Rutin

Bersihkan kulit secara rutin

Jangan pernah membiarkan unsur-unsur dari luar yang merusak, menempel pada kulit tubuh. Untuk itu bersihkan tubuh secara rutin dengan berbagai cara.

Bagi umat muslim yang rajin mengerjakan sholat 5 waktu, sangat diuntungkan karena minimal lima kali dalam sehari membersihkan kulit wajah, tangan,dan kaki lewat aktifitas berwudlu. Bagi umat beragama lain juga sangat disarankan untuk membasuh muka setiap kali selesai menjalankan aktifitas di luar ruangan.

Pastikan untuk selalu mandi minimal 2 kali dalam sehari.  Hindari penggunaan air panas dan sabun yang keras saat mandi, dan sebaiknya menggunakan air hangat dan sabun yang lembut utamanya bagi mereka yang memiliki kulit kering.

Menjadi lebih baik lagi jika mandi dengan menggunakan sabun herbal yang dibuat dari bahan-bahan alami yang dapat menutrisi kulit,seperti sabun yang berbahan dasar bengkoang, green tea, papaya, jeruk nipis, kunyit, ginseng serta yang lain.

Sabun herbal, selain dapat menutrisi kulit sehingga kulit terlihat lebih halus dan cerah, juga mengandung scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit yang rusak dan mati.

Itulah tips ampuh agar kulit cantik alami dengan cara yang sehat dan juga alami, yang tentunya tidak sulit untuk dikerjakan dan tidak butuh biaya khusus.

Tips Ampuh Agar kulit Cantik Alami 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments