Biografi   

18 Fakta Pablo Picasso, Seniman yang Pernah Dituduh Mencuri Mona Lisa


fakta pablo picaso

Pablo Picasso menjadi seniman setelah didorong oleh ayahnya, yang juga seorang pelukis. Picasso meninggalkan tanah airnya di awal usia 20-an, menetap di pusat dunia seni saat itu, Paris. Dia menetap di Prancis sampai kematiannya pada tahun 1973, pada usia yang sangat terhormat 91 tahun, sehingga sebagian besar seninya diciptakan di Prancis. Gaya dan minatnya sangat berubah selama karirnya, dan karyanya biasanya dibagi ke dalam berbagai periode, dimulai dengan Periode Biru di awal abad ke-20.

Selain menjadi salah satu pelukis terhebat sepanjang masa, Picasso juga menunjukkan bakat dalam bentuk seni lainnya, termasuk menulis puisi dan drama.

Nama Picasso begitu panjang sehingga bahkan dia mungkin kesulitan mengingatnya

description

Pablo Picasso memiliki nama yang sangat panjang. Nama lengkapnya adalah Pablo Diego Jose Francisco de Paula Juan Nepomuceno Maria de los Remedios Cipriano de la Santisima Trinidad Ruiz y Picasso. Selain nama depan dan nama keluarganya, nama lengkap Picasso terdiri dari beberapa nama lain untuk menghormati berbagai kerabat dan orang suci – milik orangtua Katoliknya Don Jose Ruiz y Blasco dan Maria Picasso y Lopez. Ketika Pablo mempersingkatnya, ia memilih untuk mempertahankan hanya nama keluarga ibunya. Dia pikir itu cocok untuknya karena itu adalah nama keluarga Italia dan dengan demikian tidak biasa di negara asalnya Spanyol.

Karya Picasso sering dikategorikan ke dalam Periode Terpisah

description

Pelukis terkenal itu terus-menerus mengubah gaya melukisnya, yang juga merupakan alasan bahwa karyanya dikategorikan ke dalam periode utama yang terpisah. Sebagai seorang remaja, Picasso kebanyakan melukis potret dan lanskap realistis, tetapi minatnya beralih pada awal abad ke-20, dari Periode Biru (1901 – 1904), Periode Mawar (1904 – 1906), dan Periode yang dipengaruhi Afrika (1907 – 1909). Ini mengarah ke periode yang paling berbuah dalam kehidupan artistiknya – Kubisme (Kubisme Analitik dari tahun 1909 hingga 1912 dan Kubisme Sintetis, juga dikenal sebagai Periode Kristal, dari tahun 1912 hingga 1919). Dalam kehidupannya kemudian, Picasso bahkan mengikuti Neoklasikisme dan memasukkan berbagai pengaruh lain ke dalam karya-karyanya, seperti Surrealisme, Ekspresionisme, Pasca Impresionisme, dan Simbolisme.

Picasso memamerkan bakatnya sejak usia dini

description

Bocah yang akan menjadi salah satu seniman paling terkenal di dunia itu tertarik pada seni (khususnya menggambar) sejak usia sangat dini. Ibunya bahkan mengungkapkan bahwa kata-kata pertamanya adalah “piz, piz”, yang merupakan kependekan dari lapiz, kata Spanyol untuk pensil. Karena ayah Pablo adalah seorang pelukis, ia mulai melatih putranya ketika Pablo mencapai usia 7 tahun. Menurut fakta yang kerap diceritakan tentang kehidupan Picasso, ketika ayahnya menyadari bahwa Pablo muda telah melampaui keahliannya sendiri pada usia 13 tahun, ia bersumpah untuk menyerah melukis demi kebaikan. Namun, pada kenyataannya tidak demikian.

Baca juga  Biografi Rihanna – Karir, Kesuksesan & Kehidupan Pribadi

Picasso menghasilkan 50.000 karya seni yang luar biasa

description

Meskipun sebagian besar karya seninya tidak setenar beberapa orang yang dikenal, Pablo Picasso menghasilkan sekitar 50.000 karya seni selama hidupnya. Kontribusi artistiknya yang paling penting bagi dunia tentu saja adalah lukisannya, dan ia menghasilkan 1.885 lukisan selama hidupnya. Selain itu, ia juga menciptakan 1.228 patung, 2.880 keramik, lebih dari 12.000 gambar, dan ribuan cetakan serta berbagai permadani. Karir artistiknya bertahan selama hampir 80 tahun, yang berarti bahwa, rata-rata, ia berhasil menciptakan lebih dari 600 karya seni setiap tahun, atau hampir 2 karya seni setiap hari dalam karirnya.

Picasso juga merupakan penulis yang berhasil

description

Sebagian besar dari kita mengenal Pablo Picasso sebagai pelukis dan pematung yang luar biasa, tetapi pria terkenal itu memiliki beragam bakat lain dan tidak menghabiskan setiap saat dalam lukisan hidupnya. Salah satu talenta ini adalah menulis, dan Picasso telah terlibat dalam berbagai lingkaran sastra sejak masa dewasanya. Meskipun demikian, ia tidak menghasilkan tulisan sendiri sampai ia berusia 50-an. Dalam karya tulisnya, kita dapat menemukan puisi dan drama, kebanyakan dari surealis dan sangat tidak biasa. Salah satu dramanya, Desire Caught by the Tail, ditampilkan oleh berbagai seniman spektakuler abad ke-20, termasuk Jean-Paul Sartre, Simone de Beauvoir dan Albert Camus.

Lukisan Picasso masih berharga mahal di dunia

description

Berbagai lukisan Picasso masih menempati peringkat di antara lukisan paling mahal di dunia, menjadikan Picasso salah satu pelukis paling berharga dalam sejarah. Misalnya, Garcon a la pipe (“Boy with a Pipe”) dijual seharga $ 104 juta di Sotheby pada Mei 2004, Dora Maar au Chat (“Dora Maar dengan Cat”) seharga $ 95,2 juta di Sotheby pada Mei 2006, dan Nu au Plateau de Sculpteur (“Nude, Green Leaves and Bust”) seharga $ 106,5 juta di Christie’s pada Mei 2010.

Guernica adalah karya paling terkenal buatan Picasso

description

Guernica tanpa ragu merupakan lukisan Pablo Picasso yang paling terkenal. Ini bukan hanya karya seni yang luar biasa, tetapi pernyataan politik yang kuat, reaksi Picasso terhadap pemboman Jerman di Guernica pada tahun 1937 (selama Perang Saudara Spanyol). Ini adalah penggambaran tragedi perang dan penderitaan luas yang diderita warga sipil tak berdosa. Dengan demikian, ia telah menjadi simbol anti-perang dan perwujudan perdamaian. Guernica adalah kanvas berukuran mural yang dilukis dengan minyak. Lukisan itu dicat dalam warna abu-abu, hitam dan putih, berukuran 11 kaki dan lebar 26 kaki, saat ini berada di Museum Reina Sofia di Madrid. Lukisan itu dipamerkan oleh Pemerintah Republik Spanyol sebagai kontribusi Spanyol pada Pameran Internasional yang didedikasikan untuk Seni dan Teknologi dalam Kehidupan Modern di Pameran Dunia 1937 di Paris.

Picasso pernah dituduh mencuri Mona Lisa

description

Pada 11 Agustus 1911, kejutan besar menghantam dunia seni. Lukisan paling terkenal di dunia, Mona Lisa Da Vinci, dicuri dari Louvre. Sebuah surat kabar Prancis menawarkan hadiah untuk setiap informasi yang berkaitan dengan pencurian tersebut, dan seorang pria yang mengaku tahu sesuatu segera muncul. Dia konon telah mencuri beberapa patung dari Louvre beberapa tahun yang lalu untuk penyair Guillaume Apollinaire, yang pada gilirannya menjualnya ke Pablo Picasso. Picasso, yang belum berusia 30 tahun saat itu, dibawa ke pengadilan, tetapi membantah mengetahui bahwa patung-patung itu dicuri dan ada hubungannya dengan pencurian Mona Lisa. Karena sama sekali tidak ada bukti nyata yang menghubungkan Picasso dengan pencurian, tuduhan itu segera dibatalkan.

Baca juga  6 Sifat Wanita Berzodiak Leo, Apakah Kalian Termasuk?

Dua tahun kemudian, pencuri yang sebenarnya ditemukan, seorang mantan penjaga di Louvre dengan nama Vincenzo Peruggia. Dia kedapatan mencoba menjual lukisan terkenal itu ke pedagang seni. Meskipun dia mengakui kejahatannya, mengklaim bahwa dia ingin membawa Mona Lisa kembali ke rumahnya di Italia, banyak orang terus percaya bahwa Picasso entah bagaimana terlibat dalam pencurian tersebut.

Picasso pernah begitu miskin sehingga dia harus tetap hangat dengan membakar lukisannya

description

Meskipun lukisan Picasso sekarang dijual seharga jutaan dolar, ia sempat sangat miskin selama periode tertentu dalam hidupnya. Di awal usia 20-an, kehidupan terasa sangat berat baginya. Salah satu teman dekatnya bunuh diri, dan karya-karya Picasso jarang dibeli, sehingga ia hidup dalam kemiskinan yang ekstrim. Kadang-kadang, dia begitu putus asa sehingga dia terpaksa membakar beberapa karya seninya agar tetap hangat dan bertahan hidup. Perasaan dan situasi kehidupannya saat itu terlihat jelas dalam lukisan Zaman Biru, lukisan itu sering menggambarkan orang miskin dan menderita.

Periode Biru Picasso ditandai dengan nuansa warna biru dan biru-oranye

description

Di mana era awal lukisan Picasso yang dikenal sebagai Periode Biru, dan yang berlangsung dari tahun 1901 hingga 1904, mendapatkan namanya? Dari warna biru, pastinya. Lukisan-lukisannya pada periode ini sangat suram, dicat dengan warna biru dan hijau-biru serta jarang terlihat penambahan warna yang lebih hangat, biasanya dalam bentuk warna biru-oranye. Selama masa ini, Picasso tinggal di jalan dari Barcelona ke Paris, jadi para ahli tidak yakin di mana tepatnya Periode Biru dimulai. Pengemis, pelacur, dan orang buta adalah pusat dari sebagian besar karya seninya, termasuk La Vie yang terkenal, yang saat ini dapat dilihat di Museum Seni Cleveland.

Dalam Periode Mawar, Picasso mengadopsi gaya yang lebih ceria

description

Pelukis hebat itu, setelah Periode Biru suramnya, mulai melukis dengan gaya yang lebih ceria dengan banyak warna oranye dan merah muda. Setelah itu, periode lukisan keduanya dinamai Periode Mawar. Keseniannya pada periode ini penuh dengan orang-orang sirkus, akrobat, dan harlequin (karakter pelayan komik tradisional dari teater Italia), dan yang terakhir juga menjadi simbol pribadinya. Gayanya yang lebih ceria sering juga dikaitkan dengan Fernande Olivier, seorang seniman muda bohemian Prancis, dan cinta sejati pertama Picasso.

Picasso juga memiliki Periode Pendek yang dipengaruhi Afrika

description

Pelukis terkenal itu menemukan inspirasi untuk seninya dalam budaya Afrika selama masa hidupnya yang singkat. Kesenian periode ini, yang dikenal sebagai Periode Afrika Picasso atau Periode Hitam, sangat dipengaruhi oleh patung Afrika, terutama topeng tradisional Afrika. Paris penuh dengan seni Afrika pada waktu itu, jadi Picasso tentu memiliki banyak kesempatan untuk menjelajahinya. Lukisan paling terkenal dari Zaman Afrika adalah Les Demoiselles d’Avignon (“Para Wanita Muda Avignon”), yang dapat dilihat di Museum Seni Modern di New York.

Picasso dianggap mati pada saat kelahirannya

description

Dunia bisa dengan mudah kehilangan semua keindahan yang diciptakan Picasso dalam karya seninya, karena ia diyakini mati pada saat kelahirannya. Ibunya memiliki kelahiran yang sangat sulit dan bayi Pablo terlihat sangat lemah, sehingga bidan yang hadir saat kelahiran hanya membiarkannya berbaring di atas meja dan sebaliknya merawat ibunya. Beruntung bagi Pablo, pamannya, Don Salvador, juga hadir pada saat kelahiran. Don Salvador adalah seorang dokter, tetapi bukan pengetahuan medisnya yang menyelamatkan bayi Pablo, namun cerutunya, aksesori dokter yang populer saat itu. Ketika Don Salvador menghembuskan asap ke wajah Pablo, ia merespons dengan seringai dan kemarahan, membuat mereka semua tahu bahwa ia masih hidup.

Baca juga  6 Aturan Sex Aneh Dan Nyeleneh Dari Berbagai Negara

Picasso sangat ditentang oleh diktator Spanyol, Franco

description

Pablo Picasso adalah lawan aktif diktator Spanyol yang terkenal Jenderal Francisco Franco. Picasso adalah pendukung Republik, yang digulingkan oleh pemberontakan militer Franco, jadi tidak mengherankan bahwa ia berbicara menentang rezim Franco dalam berbagai kesempatan. Rasa jijiknya pada diktator yang mengambil alih tanah airnya terlihat jelas di banyak karya seninya, terutama di Guernica yang terkenal pada tahun 1937 dan The Dream and Lie of Franco dari tahun yang sama. Sayangnya Picasso tidak hidup cukup lama untuk melihat rezim Franco jatuh, ketika Franco meninggal pada November 1975, sekitar 2,5 tahun setelah Picasso wafat.

Picasso menghabiskan sebagian besar hidupnya di luar negara asal

description

Pada awal masa mudanya, Picasso dipaksa untuk bergerak cukup banyak. Dia meninggalkan kampung halamannya di Malaga, Spanyol selatan ke La Coruna, La Coruna ke Barcelona, Barcelona ke Madrid dan kemudian sebaliknya, Madrid ke Barcelona. Di awal usia 20-an, ia menetap di Paris secara permanen, tidak pernah tinggal di Spanyol yang didikte oleh Jenderal Franco lagi. Dia bahkan tidak meninggalkan Paris ketika diduduki oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Akhirnya dia benar-benar meninggalkan kota itu, tetapi hanya dalam tahun-tahun terakhirnya ketika dia membeli beberapa vila di selatan Prancis, tempat dia tinggal dan melukis sampai akhir hayatnya.

Picasso menjadi komunis di masa lalu dalam hidupnya

description

Banyak orang tidak tahu bahwa Pablo Picasso menjadi seorang komunis pada usia 60-an, selama Perang Dunia II. Dia bergabung dengan Partai Komunis Prancis pada tahun 1944, tak lama setelah pembebasan Paris dari pemerintahan Nazi. Penjelasannya untuk keputusannya singkat dan sederhana. Dia menyatakan, “Saya telah menemukan semua yang paling saya hormati, pemikir terhebat, penyair terhebat dan semua wajah pejuang perlawanan di sana”. Beberapa karya kontroversialnya dari periode itu termasuk “Pembantaian di Korea”, menggambarkan tentara AS menyerang wanita hamil dan anak-anak, serta potret Stalin. Meskipun bergabung dengan Partai Komunis, ia tidak selalu menjadi pendukung komunisme dan Uni Soviet. Pada tahun 1956, misalnya, ia menandatangani surat protes yang mengutuk invasi Soviet ke Hungaria.

Lukisan Picasso sangat populer di antara pencuri seni

description

Lukisan Pablo Picasso telah lebih banyak dicuri daripada seniman lain mana pun dalam sejarah. Walaupun ini jelas bukan hal terbaik yang bisa terjadi, itu adalah tanda yang jelas tentang seberapa tinggi karya seninya dihargai di pasar. Hampir 1.200 karyanya terdaftar sebagai karya yang dicuri, hilang atau diperdebatkan, termasuk Le pigeon aux petits pois, yang dicuri selama perampokan Museum Seni Modern Paris 2010 yang terkenal, salah satu pencurian seni paling berani (dan paling mahal) dalam sejarah.

Picasso meninggal saat makan malam bersama teman-temannya

description

Picasso meninggal pada 8 April 1973 di desa Mougins di Prancis, pada usia 91 tahun. Dia meninggal saat menjamu teman-temannya untuk makan malam bersama dengan istri keduanya, Jacqueline Roque.

Kata-kata terakhirnya adalah, “Minumlah untukku, minumlah demi kesehatanku, kau tahu aku tidak bisa minum lagi”. Kematiannya terlalu berat bagi mantan kekasihnya, Marie-Therese Walter yang gantung diri 4 tahun setelah kematiannya, dan untuk istri keduanya Jacqueline, yang menembak dirinya sendiri 13 tahun setelah kematiannya.

18 Fakta Pablo Picasso, Seniman yang Pernah Dituduh Mencuri Mona Lisa 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado