Biografi    , Olahraga   

Neymar Jr Biografi, Perjalanan & Karirnya Di Sepakbola


Neymar Jr

Neymar Jr disebut-sebut sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat saat ini dengan keahlian dribble, finishing, pace, dan tentu saja keahliannya bermain dengan menggunakan kedua kaki. Saat ini Neymar tergabung dalam klub sepak bola Paris Saint – Germain yang merupakan klub asal Perancis, dan merupakan anggota dari tim nasional Brazil.

Sejak debutnya di usia 18 tahun Neymar telah memberikan 60 gol dari 96 pertandingan untuk Brazil menjadikannya adalah pemain dengan jumlah skor gol yang paling banyak nomor tiga setelah Pele dan Ronaldo. Di tahun 2018, ia mendapatkan peringkat ketiga sebagai pemain bola dengan bayaran termahal mencapai $95 juta yang didapatkannya dari gaji sebagai pemain, bonus, dan juga dari iklan. Tahukah Anda jika Neymar menjadi seorang ayah di usia 19 tahun? Berikut adalah profil lengkap dari Neymar Jr.

 

Profil biodata Neymar Jr

Neymar Jr 1

Neymar Jr atau lebih sering dipanggil Neymar, memiliki nama asli Neymar da Silva Santos Junior. Neymar mendapatkan namanya dari ayahnya Neymar Santos Sr yang merupakan mantan pemain sepak bola dan kemudian menjadi penasehat Neymar ketika karirnya mulai menanjak. Ibu Neymar memiliki nama Nadine da Silva. Neymar lahir di Mogi das Cruzes, Brazil, pada tanggal 5 Februari 1992 dan memiliki seorang adik perempuan bernama Rafaella Beckran.

Di usia 19 tahun Neymar memiliki seorang putra bernama Davi Lucca da Silva Santos bersama dengan mantan kekasihnya Carolina Dantas yang merupakan seorang model. Neymar dikenal sebagai penganut agama Kristen yang taat dan memiliki berbagai macam kegiatan amal. Salah satunya adalah dengan mengadakan pertandingan amal setiap tahun bersama dengan sesama pemain bola Brazil untuk menggalakan dana bagi keluarga yang tidak mampu  terutama untuk membeli makanan.

 

Karir sepakbola di Santos

Neymar Jr 2

Santos adalah sebuah kota di Brazil yang menjadi awal mula karir sepak bola profesional Neymar. Pertama kali dikontrak oleh Santos FC pada tahun 2003 kemudian mulai berlatih di akademi sepakbola yang sebelumnya pernah mencetak bintang-bintang internasional di Brazil seperti Coutinho, Diego, Elano, dan Alex.  Neymar membuat debut profesionalnya pertama kali pada tanggal 7 Maret 2009 di usianya yang baru menginjak 17 tahun dan langsung mencetak prestasi yang mengagumkan. Di musim pertandingan pertamanya Neymar berhasil mencetak 14 gol dalam 48 pertandingan.

Selama karirnya di Santos, Neymar pernah mendapatkan tawaran bermain untuk West Ham United dan untuk Chelsea dengan nilai masing-masing  £12 juta dan £20 juta. Keduanya ditolak oleh Santos dan Neymar pun mengaku masih ingin fokus bermain di Santos meski memiliki mimpi untuk menjadi pemain sepakbola terbaik di dunia. Pada tahun 2011 Neymar memenangkan penghargaan dari FIFA Puskas Award karena mencetak gol solo pada pertandingan Brasileirao Serie A melawan Flamengo dengan skor 5-4. Akhir 2011 Neymar juga memenangkan South American Footballer of The Year untuk pertama kalinya mengikuti jejak dari Pele, Zico, Diego Maradona, dan Romario.

Ketika usianya menginjak 20 tahun, tepatnya pada tanggal 5 Februari 2012 Neymar mencetak gol ke-100 nya sebagai pemain sepakbola profesional ketika melawan Palmeiras di Campeonato Paulista. Tahun 2012 ia kembali dinominasikan untuk mendapatkan FIFA Puskas Award dan berhasil menempati posisi runner up setelah Miroslav Stoch. Di tahun yang sama ia kembali memenangkan South American Footballer of The Year. Tahun 2013 adalah musim terakhirnya bersama dengan Santos di mana Neymar kemudian mewujudkan impiannya untuk bermain di klub besar Eropa. Neymar memutuskan untuk pindah ke Barcelona setelah pertandingannya untuk Santos selesai.

 

Baca juga  Ingin Bertahan Di Barcelona? Ini Syarat Untuk Messi Perpanjang Kontrak

Karir sepakbola di Barcelona

Neymar Jr 3

Akhir bulan Mei 2013 Neymar sudah menyebutkan bahwa dirinya akan bergabung dengan Barcelona setelah bermain di FIFA Confederations Cup 2013 namun baik dari Neymar maupun Santos yang saat itu masih jadi tempatnya bermain, belum menjelaskan detail mengenai nilai transfer maupun ketentuan kontrak lainnya. Pada bulan Juni 2013 akhirnya Barcelona mengkonfirmasi bergabungnya Neymar dengan klub asal Spanyol itu setelah lolos tes kesehatan dan menandatangani kontrak yang akan menjadikan Neymar bermain untuk Barca hingga Juni 2018.

Josep Maria Bartomeu yang merupakan wakil presiden klub menyatakan bahwa nilai transfer untuk membawa Neymar ke Barcelona adalah € 57,1 juta. Namun kemudian perihal transfer Neymar ke Barca memicu terjadinya sebuah investigasi pada bulan Januari 2014 terkait dengan nilai transfer. Dari hasil dokumen yang didapatkan terbongkar bahwa nilai transfer Neymar yang sebenarnya adalah € 86,2 juta  yang menyebabkan klub Barca dan Bartomeu didakwa dengan tuduhan penggelapan pajak.

Gol pertama untuk Barcelona ia buat pada pertandingan persahabatan melawan Thailand XI pada tanggal 7 Agustus 2013 meski keluar sebagai pemain pengganti. Sebagai pemain profesional  ia memulai debut profesionalnya di Barcelona pada pertandingan pembukaan La Liga 2013-2014 dan menang dengan skor 7 – 0 melawan Levante. Gol pertamanya dalam pertandingan kompetisi ia raih saat melawan Atletico Madrid pada ajang Supercopa de Espana 2013. Bulan September 2013 ia membuat debutnya bertanding di UEFA Champions League.

Tahun 2015 Neymar berhasil menjadi salah satu pemain sepak bola yang mencetak skor paling banyak dalam sepanjang UEFA Champions League mengikuti Christiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pada musim liga tersebut Neymar berhasil mencetak 39 gol di semua kompetisi dai 10 gol di Champions League. Pada musim akhirnya di Barcelona, Neymar menjadi pahlawan ketika berhadapan dengan Paris Saint – Germain di UEFA Champions League 2016-2017 dengan skor 6 -1 atas Barca. Kemudian pada bulan April 2017 Neymar mencetak gol ke-100nya bersama dengan Barcelona dari 177 pertandingan yang ia mainkan.

 

Karir sepakbola di Paris Saint – Germain

Neymar Jr 3

Perpindahan Neymar dari Barcelona ke PSG diwarnai dengan kasus hukum. Bermula dari bulan Agustus 2017 terjadi pembayaran sebesar € 222 juta dari representatif hukum Neymar ke Barcelona  untuk membebaskan Neymar dari kontrak yang sebenarnya masih berjalan hingga tahun 2018. Barca kemudian melaporkannya kepada UEFA untuk ditindaklanjuti mengenai sanksi yang diterapkan untuk kasus ini.  Sebagai informasi, nilai transfer yang dibayarkan kepada Barca atas Neymar tersebut adalah nilai transfer paling mahal yang pernah dilakukan sebelumnya.

Tanggal 27 Agustus 2017 Barcelona mengajukan tuntutan terhadap Neymar agar mengembalikan uang bonus yang ia dapatkan saat melakukan perpanjangan kontrak ditambah dengan tuntutan kerugian sebanyak € 8 juta, dan tambahan 10% untuk tunggakan. Barca mengklaim bahwa Neymar memiliki kewajiban untuk mengembalikan uang yang ia terima saat menandatangani perpanjangan kontrak pada tahun 2016.

Neymar bergabung dengan Paris Saint – Germain untuk kontrak yang berlaku hingga tahun 2022 dan menggunakan nomor punggung 10. Debutnya bersama dengan PSG adalah pertandingan away melawan Guingamp dan menang dengan skor 3 – 0. Diwarnai dengan cedera  pada kaki kanannya, Neymar mengakhiri musim pertamanya bersama dengan PSG dengan 28 gol pada 30 pertandingan. Pada Champions League 2018 Neymar mencetak hattrick  kemudian mengalami cedera pada kakinya di akhir Januari tahun ini yang menyebabkannya tidak bisa bermain melawan Manchester United FC untuk membela klubnya.

 

Baca juga  Biografi William Tanuwijaya Sebagai Pendiri & CEO Tokopedia

Karir internasional Neymar

Neymar Jr 4

Bakat luar biasa Neymar membawanya menjadi salah satu pemain yang diturunkan oleh Brazil untuk berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia U-17 tahun 2009  dan menyumbangkan satu buah gol di pertandingan pembuka melawan timnas Jepang kala itu. Melihat performa Neymar, pemain sepakbola Brazil kelas dunia Pele dan Romario dikabarkan membujuk Dunga yang merupakan pelatih untuk timnas Brazil 2010 untuk memasukkan Neymar ke dalam daftar pemain. Namun Dunga menolak untuk memasukkannya ke dalam daftar pemain utama maupun pemain stand by dengan alasan Neymar belum melewati tes yang cukup dan performanya di pertandingan internasional belum cukup mengesankan.

Pada tahun 2010, Neymar dipilih untuk masuk ke timnas senior Brazil untuk pertama kalinya oleh pelatih Mano Menezes untuk menjadi pemain di pertandingan persahabatan dengan timnas dari Amerika Serikat di New Jersey. Kala itu usia Neymar masih 18 tahun, mengenakan seragam timnas Brazil untuk pertama kalinya dengan nomor punggung 11 dan langsung mencetak skor 28 menit setelah permainan dimulai dan berhasil membawa Brazil menjadi juara dengan skor 2 – 0.

Tahun 2011 Neymar mencetak prestasi di ajang South American Youth Championship dengan mencetak 9 gol. Kemudian ia juga berpartisipasi di ajang Copa America dan mendapatkan gelar “Man of The Match”. Tahun 2012 Neymar bermain untuk Brazil di ajang Olimpiade London 2012 namun harus kalah di pertandingan final melawan Meksiko dengan skor 2 – 1.

Bulan Juni 2014 Neymar mendapatkan tempat di timnas Brazil untuk membela negara di ajang Piala Dunia FIFA 2014. Pada ajang Piala Dunia ini Neymar bersama dengan timnas Brazil melawan Kroasia dan menang dengan skor 3 – 1, kemudian menang melawan Kamerun dengan skor 4 – 1, skor seri ketika melawan Chile namun kemudian Brazil menang melalui tendangan penalti. Pada babak perempat final ketika melawan Kolombia, Neymar mengalami cedera pada tulang punggungnya akibat  kena tendangan oleh Juan Camilo Zuniga, menyebabkan Neymar harus istirahat dan tidak bisa melanjutkan permainan selama sisa Piala Dunia yang dimenangkan oleh Jerman di babak final.

Piala Dunia usai dan Neymar mendapatkan Golden Ball dari FIFA untuk penghargaan sebagai pemain terbaik. Ia mendapatkan Bronze Boot sebagai pemain dengan cetakan gol yang paling banyak nomor tiga selama Piala Dunia 2014 dan masuk dalam daftar World Cup All Star XI.

Karir internasional Neymar berlanjut di tahun 2015 di mana ia ditunjuk sebagai kapten oleh pelatih Dunga menggantikan Thiago Silva yang mengalami cedera. Di usia yang baru menginjak 22 tahun ia sudah menghasilkan 40 gol dalam 58 pertandingan internasional dan menjadi pemain dengan gol terbanyak kelima di dalam timnas Brazil.  Tahun 2016 Neymar yang saat itu masih tergabung dalam klub Barca ditunjuk sebagai kapten untuk memimpin timnas Brazil dalam turnamen Olimpiade musim panas. Dalam turnamen ini Brazil berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade untuk sepakbola putra setelah mengalahkan Jerman dalam adu penalti.

Pada ajang Piala Dunia Rusia 2018 lalu Neymar kembali ditunjuk untuk menjadi bagian dari squad timnas Brazil. Sebelumnya Neymar absen dari pertandingan internasional karena cedera kaki yang dialaminya. Sayangnya Brazil harus tertahan di perempat final ketika berhadapan dengan Belgia dan berakhir dengan skor 2 – 1.

 

Baca juga  Biografi Cristiano Ronaldo atau Dikenal Dengan Sebutan CR7

Pencapaian Neymar sebagai pemain sepakbola profesional

Neymar Jr 5

Hingga bulan Januari 2019, Neymar bersama dengan Santos FC berhasil mencetak gol sebanyak 136 kali, sedangkan bersama dengan Barcelona ia berhasil mencetak gol sebanyak 105 kali, dan di klub terakhirnya kini yaitu Paris Saint – Germain, Neymar telah mengantongi 48 gol. Dengan demikian sepanjang karirnya di klub sepakbola profesional Neymar telah mencetak gol sebanyak 289 kali. Sedangkan untuk karirnya di dunia internasional sebagai bagian dari timnas Brazil mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2018, sebanyak 60 gol telah dicetak Neymar baik dari pertandingan persahabatan maupun kompetisi.

Tidak hanya telah mencetak gol-gol brilian dan menjadi pemain untuk timnas Brazil selama 9 tahun belakangan, Neymar pun memiliki pencapaian yang luar biasa dengan memenangkan berbagai macam turnamen pertandingan maupun mendapatkan penghargaan atas namanya sendiri. Berikut adalah gelar juara yang pernah Neymar dapatkan selam berkarir di dunia sepakbola profesional:

Ketika bermain di Santos

  • Campeonato Paulista tahun 2010, 2011, dan 2012
  • Copa de Brasil tahun 2010
  • Copa Libertadores tahun 2011
  • Recopa Sudamericana tahun 2012

 

Ketika bermain di Barcelona

  • La Liga tahun 2014 – 15, dan 2015 – 16
  • Copa del Rey tahun 2014 – 15, 2015 – 16, dan 2016 – 17
  • Supercopa de Espana tahun 2013
  • UEFA Champions League tahun 2014 – 15
  • FIFA World Cup tahun 2015

 

Ketika bermain di Paris Saint – Germain

  • Ligue 1 tahun 2017 – 18
  • Coupe de France tahun 2017 – 18
  • Coupe de la Ligue tahun 2017 – 18
  • Trophee des Champions tahun 2018

 

Prestasi di tingkat internasional

  • South American Youth Championship tahun 2011
  • Medali perak Olimpiade tahun 2012
  • Medal emas Olimpiade tahun 2016
  • FIFA Confederations Cup tahun 2013

 

Penghargaan yang didapat Neymar sebagai individu

  • Campeonato Brasileiro Serie A Team of The Year tahun 2010, 2011, dan 2012
  • Chuteira de Ouro tahun 2010, 2011, dan 2012
  • Bola de Prata tahun 2010, dan 2011
  • Bola de Ouro tahun 2011
  • Campeonato Brasileiro Serie A Best Player tahun 2011
  • World Soccer Player of The Year tahun 2011
  • Copa Libertadores Most Valuable Player  tahun 2011
  • FIFA Club World Cup Bronze Ball tahun 2011
  • South American Footballer of The Year tahun 2011 dan 2012
  • FIFA Puskas Award tahun 2011
  • FIFA Confederations Cup Golden Ball, Bronze Shoe, dan Dream Team tahun 2013
  • FIFA World Cup Bronze Boot, dan Dream Team tahun 2014
  • La Liga Best World Player tahun 2014 – 15
  • UEFA Team of The Year tahun 2015
  • IFFHS Men’s World Team tahun 2018

Di luar pencapaiannya di atas, saat ini Neymar juga memegang dua rekor dunia yang dicatat oleh Guinness World Record. Yang pertama adalah rekor pemain dengan nilai transfer tertinggi di dunia di mana kala itu PSG membayar sebesar € 222 juta untuk membayar pembatalan klausa kontrak Neymar yang masih menjalani masa kontrak dengan Barcelona. Yang kedua adalah gol tercepat yang pernah tercipta di Olimpiade (kategori pria). Rekor ini diciptakan oleh Neymar yang kala itu melawan Honduras di babak semifinal pada tahun 2016 di mana ia merebut bola dari pemain Honduras kemudian mencetak gol hanya dalam waktu 14 detik.

Neymar Jr Biografi, Perjalanan & Karirnya Di Sepakbola 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Yohana

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments