Biografi    , Bisnis    , Teknologi   

Biografi William Tanuwijaya Sebagai Pendiri & CEO Tokopedia


biografi william tanuwijaya

Apakah Anda sering belanja online khususnya di Tokopedia? Nah, untuk kali ini kita akan berkenalan dan membahas langsung mengenai CEO Tokopedia yaitu William Tanuwijaya. Pria asal Sumatera Utara ini merupakan seseorang pencetus berdirinya sebuah toko online yakni Tokopedia serta menjadi salah satu E-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Untuk itu, berikut ini Anda bisa melihat informasi mengenai biografi William Tanuwijaya.

 

Profil Singkat William Tanuwijaya

  • Nama : William Tanuwijaya
  • Tempat & Tanggal Lahir : Pematang Siantar, 18 November 1981
  • Alamat : Jakarta
  • Pekerjaan : CEO Tokopedia
  • Pendidikan: SD-SMA di Pematang Siantar, Sumatera Utara, Teknik Informatika, Bina Nusantara (BINUS)
  • Karier : Pendiri Tokopedia Sejak 2009 dan CEO Perusahaan Tokopedia hingga saat ini.

 

Biografi William Tanuwijaya

William Tanuwijaya

Pria tampan ini lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara tepatnya pada tanggal 18 November 1981. Selama ia melakukan pendidikan hingga pada saat di bangku SMA ia bersekolah di kampung halamannya dan setelah ia lulus dari SMA ia pun memberanikan diri untuk berangkat ke Jakarta agar bisa melanjutkan studinya. Ia pun berhasil diterima di salah satu universitas di sana yaitu Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta dan mengambil jurusan Informatika.

Tak hanya itu saja, selama menempuh studinya ia pun sangat rajin untuk mencari pekerjaan sampingan sehingga ia bisa membiayai kuliahnya. Pada saat, ia masuk semester kedua, William juga bekerja di salah satu warnet sebagai penjaga warnet dan bekerja dari jam 9 malam hingga pada pukul 9 pagi. William sangat menikmati dunianya ini yang memang selalu berkutat dengan komputer dan juga dunia online. Selain itu, sifatnya yang terbilang cukup introvert dan didukung oleh internet gratis selama ia bekerja tentu membuatnya bisa bersosialisasi dengan grup-grup onlinenya.

Selama William kuliah ia pun sering sekali memimpikan bahwa kelak ketika lulus ia ingin sekali bekerja di perusahaan yang berbasis IT seperti Google. Namun sayangnya pada saat itu Google memang belum memiliki kantor cabang di Jakarta. Walaupun demikian, ia tetap tidak putus semangat dan pada saat ia lulus William melamar di sebuah perusahaan pembuat software yang ada di Jakarta. Mulai dari sini ia pun mulai terbesit melalui sebuah ide-ide yang muncul di dalam pikirannya dan ingin mendirikan perusahaan sendiri seperti marketplace yang sekarang ia kelola.

Membangun sebuah perusahaan tentu membutuhkan sebuah modal yang sangat besar. Namun, hal ini tidak membuatnya patah semangat dan menyerah akan ide atau mimpinya itu. Berkat usahanya yang semangat ia pun mulai mencari investor melalui bosnya tersebut.  Disini ia membutuhkan perjuangan yang besar sehingga bisa membuat para investor bisa dapat mempercayainya dan memberikan pendanaan untuk merelasikan ide-idenya tersebut untuk menjalankan Tokopedia. Tak hanya sampai disitu saja, berkat usaha dan kerja keras yang ia lakukan maka William pun berhasil mendapatkan pendanaan tersebut hingga bisa menjadi sukses hingga saat ini.

Untuk itu, sebagai informasi selanjutnya yang dapat Anda lihat mengenai bagaimana William Tanuwijaya bisa membangun Tokopedia tersebut maka Anda bisa melihatnya langsung seperti di bawah ini.

 

Biografi William Tanuwijaya Mengenai Tokopedia

William Tanuwijaya

Seperti yang Anda lihat sebelumnya bahwa William Tanuwijaya ini merupakan seorang pendiri CEO Tokopedia yang bisa terbilang sangat sukses di Indonesia. Berkat marketplace yang ia bangun dan kelola berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia membuat namanya ikut terkenal juga. Tokopedia merupakan marketplace pertama yang ada di Indonesia yang telah berhasil mendapatkan pendanaan ataupun funding dari sebuah softbank dan juga Sequoia Capital.

Dimana Funding yang didapatkan bisa mencapai 100 juta dollar US. Nah, ada hal yang perlu diketahui bahwa softbank dan juga Sequoia Capital ini adalah sebuah perusahaan investasi di balik kesuksesan Facebook dan juga Alibaba. Tak hanya itu saja, Tokopedia ini berhasil tentu berawal dari dirinya yang introvert dan selalu bergaul melalui internet sehingga pada akhirnya ia pun bisa menjadi seseorang yang sangat sukses serta mengukir sejarah hidupnya.

Nah, diatas pasti Anda sudah mengetahui bahwa William Tanuwijaya ini memang merupakan pendiri sekaligus CEO Tokopedia. Namun, pasti Anda penasaran bukan bagaimana ia membangun Tokopedia ini dan cerita awal mulanya mengapa ia bisa membangun toko online pertama di Indonesia tersebut. Menurut kabar yang ada, dimana William Tanuwijaya ini dulunya memang sering sekali dimintai tolong oleh orang untuk dapat membuatkan sebuah website toko online pada saat dirinya masih menjadi seorang mahasiswa dan juga masih bekerja di warnet.

Namun, kebanyakan orang yang dimintai tolong kepadanya memang sangat awam sekali dengan yang namanya dunia online sehingga mereka meminta bantuan William Tanuwijaya. Bagaimana tidak, dimana dengan adanya website online ini mereka harus terus menerus aktif di dunia online dengan cara memposting foto produknya, membalas chat dan sebagainya. Tak hanya itu saja, belum lagi masalah bagian website terkadang yang tidak mau bekerja dengan optimal sehingga mereka memang membutuhkan bantuan dari William.

 

Baca juga  Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46 Mengalahkan Donald Trump

Perjuangan Berat William Tanuwijaya Untuk Mendapatkan Pendanaan Untuk Membangun Tokopedia

William Tanuwijaya

Nah, dengan mereka menyuruh dan meminta bantuan dari William untuk membuatkan sebuah website, maka William Tanuwijaya memiliki sebuah ide untuk membuat sebuah situs mengenai jual beli online yang memiliki konsep marketplace dengan konsep yang simple, terpercaya dan juga gratis. Ketika William sudah bekerja, ia pun juga mengajak temannya yaitu bernama Leontinus Alpha Edison untuk dapat merealisasikan ide-idenya tersebut. Temannya menyambut baik idenya tersebut dan mereka menamainya dengan Tokopedia dan ia pun sangat ingin sekali fokus dengan idenya ini dalam membangun Tokopedia tersebut. Namun, ia pun harus tetap bekerja karena William adalah tulang punggung keluarganya, karena ayahnya sakit dan mengidap kanker sehingga membuat ayahnya tidak bisa bekerja lagi.

Oleh karena itu, pada saat itu William memang harus bisa dan pandai untuk membagi waktunya antara mewujudkan impiannya dalam membangun marketplace Tokopedia dan juga tetap bekerja. Jadi, pada saat tahun 2007 silam, Tokopedia telah berhasil di bangun akan tetapi belum maksimal dan juga belum menghasilkan. Hal ini dikarenakan akan masalah pendanaan dan William pun belajar lagi dari Google dan Facebook.

Dimana mereka juga sama dengan William, yang mana pemuda-pemuda ini berhasil berkat ide-ide mereka dan mengajukan pendanaan ke ventura-ventura yang memang mau memberikan fundingnya. Oleh sebab itu, William memutuskan menemui bosnya dan menceritakan mengenai idenya, karena pada saat itu bosnya ini merupakan seseorang yang memiliki duit sehingga bisa membantunya.

Tak sampai disitu saja, setelah mendengar ide William maka bosnya tersebut mengenalkan William kepada bos-bos besar lainnya yang memiliki modal untuk dapat membantunya. Oleh karena itu, William pun mempresentasikan hasil idenya tersebut dan dari sinilah ia pun benar-benar harus membuka pikirannya bahwa ia harus bisa benar-benar menerima realita bahwa dengan mendapatkan sebuah kepercayaan tersebut memanglah sangat sulit.

Selain itu, banyak dari bos-bos dari pemilik modal tersebut tidak mempercayai William, hanya dikarenakan latar belakang keluarganya yang memang bukan dari kalangan pengusaha, terlebih lagi William juga bukan seorang lulusan dari luar negeri sehingga membuat ia harus berjuang mendapatkan kepercayaan tersebut. Walaupun demikian, ia tetap berpegang teguh pada impiannya sehingga bisa mewujudkan Tokopedia tersebut. Ia juga pernah berpendapat bahwa masa lalu itu tidak bisa diubah, namun masa depan bisa dapat diusahakan.

Selanjutnya dua tahun William terus mengusahakan untuk bisa mendapatkan pendanaan untuk Tokopedianya tersebut dan pada akhirnya tepatnya pada tahun 2009 William pun berhasil mendapatkan funding atau pendanaan pertamanya untuk marketplace Tokopedianya serta di tahun itu juga Tokopedia pun resmi berdiri. Dari sinilah, pendanaan untuk toko online yang ia bangun semakin bertambah dari tahun ke tahun baik itu dari segi investor serta dari segi banyaknya investasi yang datang sehingga tepatnya pada tahun 2014, ia pun dipercaya oleh Softbank dan juga Sequoia Capital untuk dapat lebih mengelola dengan baik Tokopedia tersebut menjadi sebuah marketplace yang berkelas internasional.

Berikutnya setelah enam tahun berlalu sejak Tokopedia berdiri pada tahun 2009, membuat awalnya hanya memiliki empat orang pegawai saja namun dengan berkembangnya Tokopedia ini dengan baik membuat pegawainya bertambah hingga menjadi 300 pegawai. Bagi William Tanuwijaya membuat dan mendirikan Tokopedia ini bukanlah hanya untuk perwujudan mimpinya saja sejak kuliah namun ia juga mengatakan ini juga sangat baik untuk masyarakat Indonesia, dimana mereka bisa bekerja disini dan ia pun bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Tak hanya itu saja, ia pun mengatakan bahwa untuk saat ini bagi orang yang ingin memperdagangkan produk-produknya tentu sudah tidak sulit lagi untuk menyewa programmer dan membuat website pribadi untuk toko online. Oleh karena itu, dengan adanya marketplace Tokopedia mereka semua bisa memperdagangkan produk atau barang mereka dengan mudah disini dengan cara bergabung dengan Tokopedia serta menjalankan online shopnya dengan baik.

Selain itu, dengan hadirnya Tokopedia ini membuat banyak orang yang telah membuka lapak mereka di marketplace Tokopedia ini mengaku sangat terbantu sekali dan membuat dagangan mereka bisa menjadi laku dan meningkat penjualannya. Mungkin tak hanya itu saja selain penjual, pembeli pun juga merasa sangat terbantu sekali sehingga mereka tidak perlu kesulitan dan harus pergi ke pusat perbelanjaan lagi untuk membeli kebutuhan sesuai yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, William Tanuwijaya ini telah dianggap sangat sukses dan telah berhasil untuk membangun sebuah marketplace Tokopedia. Selain itu, Tokopedia pun juga dianggap sebagai salah satu startup yang memang sangat sukses di Indonesia dan membuat Anda akan merasa sangat nyaman berbelanja disini atau membuka usaha Anda dengan mudah hanya di Tokopedia.

 

Baca juga  3 Pokok Wajib Sebelum Anda Membuat Toko Online

Kesuksesan William Tanuwijaya Sebagai CEO Tokopedia

William Tanuwijaya

Seperti yang Anda ketahui dan lihat bahwa Tokopedia ini dapat dikatakan sebagai salah satu marketplace pertama yang ada di Indonesia serta berhasil membuat orang bangga kepadanya. Berkat adanya marketplace Tokopedia tentu membuat orang menjadi mudah dalam berjualan dan juga berbelanja. Tak hanya itu saja, sebelumnya Anda sudah melihat dan membaca bahwa Tokopedia ini resmi berdiri pada tahun 2009 dan berhasil mendapatkan pendanaan dari beberapa investor yang ingin bekerja sama dengannya seperti East Ventures pada tahun 2010, kemudian CyberAgent Venture pada tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan juga Softbank pada tahun 2013.

Berkat hadir dan muncul marketplace buatan William Tanuwijaya dan temannya Leontinus Alpha Edison membuat Tokopedia disenangi oleh masyarakat Indonesia serta mendapatkan penghargaan sebagai salah satu E-commerce terbaik di Indonesia yang diberikan langsung oleh Bubu Awards. Kesuksesan seperti ini tentu membuat William dan temannya merasa sangat senang dan kagum atas apa yang mereka dapatkan berkat usaha dan kerja keras mereka demi membangun Tokopedia.

Hingga saat ini William Tanuwijaya menjabat sebagai CEO dari perusahaan Tokopedia dan juga temannya Leontinus Alpha Edison kini menjadi COO Tokopedia. Walaupun demikian, hingga sampai sekarang ini Tokopedia tetap menjadi pilihan masyarakat untuk menjual barang dagangannya dan juga berbelanja disini. Tak hanya itu saja, berkat kesuksesan Tokopedia ini pada tahun 2017, Tokopedia juga telah sukses menjadi startup unicorn yaitu dengan startup yang telah memiliki valuasi ataupun nilai diatas 1 miliar dollar AS atau setara dengan 14 triliun rupiah. Wah, sangat besar sekali bukan?

Oleh karena itu, dengan melesatnya Tokopedia ini membuat nama William Tanuwijaya menjadi dikenal banyak orang dan ia pun berhasil masuk ke dalam salah satu orang terkaya yang ada di Indonesia. Untuk itu, sebagai salah satu pendiri startup Tokopedia membuat kekayaan William Tanuwijaya di taksirkan yakni sebesar 130 juta Dollar AS atau setara sekitar 1.8 triliun rupiah. Selain itu, untuk saat ini nama William Tanuwijaya menempati pada posisi 148 ke dalam daftar orang terkaya yang ada di Indonesia menurut sebuah majalah yaitu Globe Asia.

 

Baca juga  6 Tren Dan Konsep Terbaru Dalam Bisnis Kuliner 2020

Karier William Tanuwijaya

William Tanuwijaya

Sebagai informasi tambahan dan selanjutnya yang dapat Anda lihat mengenai karier dari William Tanuwijaya sebelum ia berhasil mendirikan Tokopedia dan menjabat sebagai CEO dari perusahaan Tokopedia. Berikut dapat Anda melihatnya:

  • Pada Juni 2003 hingga September 2003 ia bekerja di Game Developer, PT Boleh Net Indonesia.
  • Pada September 2003 hingga Mei 2004 William juga pernah bekerja di Software Developer, tepatnya di PT Signet Pratama.
  • Pada Mei 2004 hingga pada Maret 2005 ia pun bekerja di Software Developer di PT Sqiva Sistem.
  • Lalu pada Oktober 2006 hingga Desember 2008 William juga pernah bekerja di PT Indocom Mediatama bagian IT and Business Development Manager.
  • Kemudian setelah ia berhasil membangun Tokopedia dan ia menjabat sebagai Co-Founder, CEO PT Tokopedia mulai dari Januari tahun 2009 hingga sampai saat ini.

Jadi, itulah ada beberapa informasi yang dapat Anda lihat mengenai biografi William Tanuwijaya sebagai CEO dari perusahaan Tokopedia. Banyak yang dapat dilihat dan diambil disini dengan melihat kisah dari pendiri CEO perusahaan Tokopedia tersebut. Dimana perjuangan ia mulai dari memikirkan sebuah ide, membangun hingga mencari funding atau pendanaan tentu membutuhkan kerja keras serta tekad yang kuat demi mewujudkan cita-citanya untuk membangun marketplace Tokopedia. Walaupun harus menunggu hingga 2 tahun dan meyakinkan para investor ia pun berhasil mendapatkannya sesuai dengan yang ia inginkan.

Oleh karena itu, sebagai anak muda untuk saat ini bekerja keras dan bertekad dengan sungguh tentu sangat diperlukan sekali untuk dapat mewujudkan sesuatu. Cobalah untuk belajar dari kehidupan CEO Perusahaan Tokopedia ini yaitu William Tanuwijaya.   

Biografi William Tanuwijaya Sebagai Pendiri & CEO Tokopedia 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Yohana

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments