4 Cara Memilih Media Promosi yang Tepat

Penggunaan media promosi butuh budget yang tidak sedikit, karena itu harus benar-benar efektif dalam mendongkrak pemasaran


Memilih media promosi bisnis tidak boleh dilakukan sembarangan, terlebih jika penggunaan media tersebut menyedot anggaran perusahaan. Sebab promosi bisnis bisa diibaratkan sebagai investasi, sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan harus bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan berupa meningkatnya omzet penjualan.

Dengan  memandang promosi sebagai sebuah bentuk investasi itulah maka sifat hati-hati dalam memilih media promosi wajib dilakukan. Dibutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih media promosi seperti apa yang akan digunakan.

Berikut 4 cara yang harus dipertimbangkan dalam memilih media promosi bisnis.

Sesuaikan dengan Budget

Dalam memilih media promosi bisnis, yang pertama kali harus dilakukan adalah menghitung budget yang tersedia. Jangan sampai budget untuk promosi melebihi anggaran yang sudah ditetapkan, karena jika hal tersebut terjadi maka akan menggerogoti anggaran untuk pos yang lain.

Dengan mengacu pada besarnya budget, Anda akan lebih mudah dalam memilih bentuk media untuk melakukan promosi. Apakah budget tersebut mencukupi untuk memasang iklan di media televisi, radio, media cetak, media online, membuat baliho, spanduk, poster serta media yang lain, semua bergantung pada besarnya anggaran.

Ketahui Segmentasi Pasar

Setiap jenis media memiliki segmentasi pasar tersendiri. Media televisi misalnya, ada stasiun televisi swasta yang segmentasinya ibu-ibu rumah tangga, ada yang membidik kalangan millenials ada juga yang menargetkan kalangan eksekutif dan sebagainya. Bahkan untuk stasiun televisi yang sama, setiap acara yang disajikan juga memiliki segmentasi sendiri-sendiri. Hal yang sama juga berlaku untuk media-media promosi yang lain.

Agar promosi yang dilakukan tepat sasaran atau dilihat oleh publik yang potensial menjadi calon konsumen, maka harus terlebih dahulu memahami segmentasi pasar dari produk yang dipasarkan kemudian memilih media promosi bisnis yang segmentasi pasarnya sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Pemilihan Media

Pesatnya perkembangan industri media terlebih dengan maraknya media online, memberikan keleluasaan dalam memilih media promosi. Untuk itu, buat list daftar media yang sesuai dengan segmentasi produk dan segmentasi pasar media tersebut kemudian buat perbandingan antara media yang satu dengan media yang lain.

Dalam membuat perbandingan jangan hanya mengacu pada harga yang ditawarkan oleh masing-masing media, tapi pertimbangkan pula efek yang ditimbulkan oleh media tersebut seperti seberapa besar kemampuan media dalam menjangkau pasar, seberapa luas peredarannya, seberapa kuat dalam memberikan pengaruh kepada publik dan sebagainya.

Sehingga meski harga yang ditawarkan oleh sebuah media lebih mahal dibandingkan media sejenis, namun jika efek yang ditimbulkan lebih besar dalam mempengaruhi publik, maka media tersebut wajib untuk dipertimbangkan.

Membuat Materi Iklan

Setelah memastikan media mana yang akan dipilih, langkah berikutnya dalam memilih media promosi bisnis adalah menyiapkan materi iklan. Dalam membuat materi iklan sudah barang tentu harus disesuaikan dengan media yang akan digunakan.

Jika hendak beriklan di media televisi atau situs video online tentunya harus membuat konten iklan dalam bentuk video, jika akan beriklan di stasiun radio maka yang harus dibuat adalah konten dalam bentuk audio, begitu juga jika beriklan di media cetak atau media online maka yang harus dipersiapkan adalah materi iklan dalam bentuk teks atau tulisan.

Dalam membuat materi iklanpun juga harus disesuaikan dengan target pasar, agar apa yang ingin disampaikan tidak hanya sekedar bisa dilihat oleh publik yang potensial menjadi calon konsumen, tapi juga mudah dimengerti dan dipahami sehingga tertarik pada produk yang dipromosikan.

Demikian 4 cara dalam memilih media promosi bisnis. Cara tersebut harus benar-benar diperhatikan dan diterapkan, agar budget marketing yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia,  sebab anggaran promosi merupakan investasi yang diharapkan dapat mendongkrak angka penjualan produk.(*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.