Bisnis   

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online


4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online 1

Berbicara soal bisnis, banyak orang pada dewasa ini mulai beralih ke konsep bisnis online dari pada offline. Metode daring dirasa cukup berpeluang dan mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Bisa kita lihat pesatnya pertumbuhan marketplace dan webstore yang saat ini sudah menjadi langganan para surfer atau peselancar online. Tidak hanya bagi produsen atau reseller, bahkan para calon konsumen pun kadang sudah jauh- jauh hari mengumpulkan barang- barang yang ingin mereka beli di webstore atau marketplace dalam sebuah wishlist.

Berbicara dari kacamata kita sebagai pebisnis Online, ada beberapa hal yang harusnya diperhatikan dalam menjual sebuah produk atau memasarkan kepada konsumen. Target yang tepat serta efektifitas sebuah iklan produk sangat diperlukan oleh para penjual ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis online sebelum terjun dalam penjualan produk secara daring.

Alokasi Modal

Jika kita berfikir bisnis online akan lebih menghemat dana karena tidak perlu menyewa tempat atau mengurus banyak perijinan yang mengeluarkan biaya, tentu saja salah. Dalam perencanaan bisnis secara daring, produk yang kita jual tidak semata- mata akan langsung muncul dan dilihat oleh peselancar dunia maya. Ada banyak metode yang harus direncanakan untuk menjangkau mereka, bahkan secara akurat. Modal yang tidak kita gunakan untuk bisnis offline bisa kita alokasikan untuk metode iklan dan penargetan konsumen.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online 3

Tidak jarang pula untuk mengembangkan produk selain dengan membayar iklan di beberapa platform, kita juga mengeluarkan biaya untuk iklan endorsment atau Paid Promote. Jadi selain daripada modal untuk produksi, alokasi Modal untuk biaya iklan dan penargetan konsumen sangat dibutuhkan dan kadang lebih besar dari biaya belanja bahan pokok produksi. Karena itu bisnis secara online tidak berbeda jauh dengan bisnis offline jika kita melihat dari sisi permodalan.

Baca juga  3 Komunitas Bisnis di Jakarta yang Bisa Dijadikan Tempat Belajar Berwirausaha

Sebagai contoh adalah jika kalian ingin mengembangkan penjualan produk sepatu secara online, tidak hanya biaya produksi atau reseller yang dikeluarkan. Masih banyak kebutuhan yang lebih dari itu seperti pengiklanan dan pembelian beberapa item penunjang produk agar lebih dilirik oleh konsumen. Bahkan beberapa pebisnis bisa menggelontorkan dana hingga belasan juta hanya untuk belajar rahasia berbisnis online dan itu juga termasuk modal serta investasi yang harus dikembangkan dan beresiko seperti halnya bisnis offline yang bisa gagal.

 

Niche

Apa itu Niche ? Jika kita berbicara soal produk online pastinya mangsa pasar yang menjadi target kita haruslah yang satu frekuensi dan spesifik sesuai tema produk. Kurang lebih itu bisa disebut Niche. Arti lainnya niche adalah bagian dari sektor pasar yang sudah difokuskan dan ditargetkan. Untuk meningkatkan peluang konsumen yang spesifik, mengembangkan Niche produk sangat diperlukan. Kita bisa meningkatkannya dengan membentuk komunitas yang sesuai dengan produk.

Seperti contohnya jika kalian ingin menjual produk- produk digital. Maka niche yang sesuai pastinya harus berhubungan dengan market produk digital, ilmu- ilmu digital atau orang- orang yang bekerja dalam bidang digital. Itu hanya sebagian kecil. Berbeda lagi jika produk kita mungkin berhubungan dengan Fashion atau kebutuhan anak- anak. Maka kita harus mampu mencari atau membangun Niche yang sesuai.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online 4

Salah satu cara paling cepat membangun Niche yang spesifik adalah dengan membagikan Ilmu. Tidak hanya menjual produk, menciptakan komunitas yang sesuai sangat penting. Beberapa pebisnis bahkan lebih condong membangun komunitas daripada berjualan produk, misalnya dengan membuat akun- akun pembelajaran di sosial media yang berhubungan dengan produk.

Tau Rico Huang ? ia merupakan salah satu pebisnis sukses yang mampu membangun niche dengan baik. Membagikan berbagai tips dan trick penjualan produk, nyatanya dia juga memfasilitasi komunitasnya dengan memberi penawaran untuk berjualan produk secara dropship. Keuntungan inilah yang ia ciptakan agar produknya dapat terjual dengan baik. Karena itu dalam membangun bisnis online, target market atau orang- orang yang berpeluang membesarkan bisnis kita haruslah diperhatikan dan dibentuk dengan baik.

Baca juga  Dibuly di Tempat Kerja, Ini 4 Hal yang Harus Kamu Lakukan

 

Kualitas dan Kuantitas

Untuk membuat bisnis kita lebih efektif, pembagian kualitas dan kuantitas harus benar- benar diperhatikan. Contohnya misalkan saja penjualan bisnis kopi. Kalian bisa menjual dengan target kuantitas produk seperti menjual satu sachet kopi dengan harga 1500 rupiah, atau melihat dari sisi kualitas dengan menjual kopi arabika seharga 40ribu per 250gr. Mengapa hal seperti ini penting padahal sama- sama Kopi ? walaupun mungkin kita memiliki Niche yang sesuai dengan produk kita, tetapi ada hal yang harus diperhatikan lebih spesifik lagi. Penjualan Kopi Sachet dengan Kopi Arabika dengan proses tertentu jelas akan mendapat konsumen pasar yang berbeda.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online 5

Pembagian produk untuk penjualan kuantitas dan kualitas akan menghemat beberapa hal misalnya efektifitas penjualan karena tidak perlu menjual ke orang yang tidak sesuai atau mengurangi sedikit modal karena calon konsumen sudah lebih tertarget, sehingga menghemat budget iklan. Contoh lain misalnya adalah, mengapa harga sebuah produk yang sama berbeda antara sosial media dan marketplace ? di sosial media harga produk bisa meningkat hingga 200% tetapi tidak semua produk di marketplace sama tingginya.

Karena target kuantitas dari penjualan produk di marketplace lebih diutamakan. Biasanya di Marketplace mereka lebih mengincar untuk jenis konsumen yang akan menjual kembali produk mereka seperti Reseller dan Dropshiper. Sementara di sosial media suasananya sedikit berbeda, orang akan melihat dari sisi kualitas. Karena itu harga produk yang tinggi akan dianggap memiliki nilai yang berbeda bagi pengguna Sosial media.

Baca juga  5 Kebiasaan Miliarder yang Wajib Kalian Tiru!

 

Branding

Beberapa pebisnis kadang tidak benar- benar memperhatikan branding produk seperti memberi nama asal- asalan, Logo yang tidak sesuai atau penggambaran produk yang terlalu umum dengan lainnya. Ditambah pemasaran yang kurang terstruktur dan tidak tepat sasaran. Padahal branding adalah salah satu syarat produk kita dikenal oleh Masyarakat. Namun tidak semua hal asal tidak benar- benar ngawur. Banyak sekali produk- produk dengan branding terselubung. Misalnya seperti akun jasa pembuatan desain bernama Desain15ribuan.

Namanya mungkin sangat umum dan tidak mempunyai nilai branding sama sekali. Tetapi ketimbang mengingat nama bisnis yang ribet orang akan lebih mudah mengingat nama tersebut. Dalam nama jasa desain tersebut tidak hanya mencirikan nama toko tetapi para calon konsumen sudah mengetahui bahwa desain tersebut hanya seharga 15 ribuan.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online 6

Branding dari sebuah bisnis harus diperhatikan walau produk yang kita miliki mungkin sangat umum dan banyak tersedia di masyarakat. Contoh kedua misalnya produk dari Es Teh Indonesia. Namanya sangat umum bahkan terkesan biasa saja. Padahal produk yang dijual pun tidak hanya  Teh yang diberi Es. Ada banyak produk varian seperti Thai Tea. Tetapi mereka mengincar rasa penasaran masyarakat, sekaligus ingin menancapkan dalam pikiran konsumen bahwa Es teh ya Produk mereka.

Ada banyak jenis branding produk mulai dari nama yang unik dan berbeda, pengenalan produk yang unik atau iklan media maya yang berbeda dari kebanyakan. Dengan sebuah branding produk online akan memiliki kekuatan tersendiri dan tidak terkesan menyia-nyiakan niche yang sudah dibangun sejak awal.

Itulah tadi beberapa tips sebelum kita memilih untuk berjualan secara online. Semoga tips ini bisa membantu dalam membangun kesuksesan penjualan produk kita kepada Masyarakat.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Online 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments