Bisnis   

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru


5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 1

Promosi produk baru bukan hal yang mudah. Terlebih jika produk sejenis yang menjadi kompetitor memiliki kualitas yang bagus, sudah dikenal luas, dan telah mendominasi pasar. Namun, bukan berarti tidak ada celah serta peluang untuk dapat merebut sebagian konsumen yang ada, sepanjang cara promosi produk baru dilakukan dengan efektif dan tepat sasaran.

Promosi produk baru akan menjadi lebih mudah jika tidak memiliki kompetitor atau jika produk kompetitor yang lebih dahulu ada belum terlalu dominan dalam mempengaruhi pasar. Meski demikian, langkah-langkah strategis dalam mengkampanyekan produk harus tetap dilakukan, karena jika tidak, maka promosi produk pun akan sia-sia,  dalam arti tidak mampu menggaet pelanggan serta meningkatkan omzet penjualan.

Inilah beberapa cara promosi produk baru yang dapat dicoba untuk mendongkrak sektor pemasaran.

 

Suguhkan Informasi Produk dengan Detail

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 3

Untuk produk yang sudah lama beredar di pasaran, tanpa harus dijelaskan panjang lebarpun  publik sudah tahu apa kegunaan dari produk tersebut, dimana dijual dan berapa kisaran harga jualnya.

Baca juga  4 Alasan yang Bikin Orang Baru Di Dunia Bisnis Sering Gagal

Berbeda halnya dengan produk baru, sebagian besar masyarakat tentu masih belum tahu tentang keberadaan produk tersebut sehingga wajib hukumnya untuk menyampaikan informasi selengkap-lengkapnya dan sedetail-detailnya agar publik tidak hanya mengenal namanya saja melainkan juga mengetahui secara detail tentang produk baru tersebut.

 

Gali Keunikan dan Kelebihan Produk

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 4

Jika harus berkompetisi dengan produk sejenis yang sudah beredar lebih dahulu, maka cara promosi produk baru harus dilakukan dengan menggali keunikan dan kelebihan dari produk tersebut kemudian menonjolkan keunikan dan kelebihannya pada berbagai media promosi.

Dengan cara ini diharapkan ada konsumen yang tertarik untuk mencoba produk baru karena ekspektasinya masih belum terwakili pada produk yang sudah ada atau sudah lebih dahulu beredar di pasaran.

 

Bangun Komunikasi dengan Pelanggan

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 5

Kepandaian dalam berkomunikasi sangat menentukan diterima-tidaknya produk baru oleh konsumen. Komunikasi yang dimaksud bisa dalam bentuk verbal atau bercakap-cakap langsung dengan konsumen maupun komunikasi dengan menggunakan sarana media, seperti komunukasi dalam bentuk iklan, komunikasi dengan memanfaatkan sosial media serta yang lain.

Baca juga  Biografi Nadiem Makarim sang Pendiri Gojek

Melalui komunikasi itulah pebisnis dapat meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk barunya sekaligus untuk mengetahui ekspektasi konsumen terhadap produk yang diharapkan.

 

Membagikan Produk atau Merchandise

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 6

Banyak masyarakat yang merasa ragu untuk membeli sebuah produk karena masih belum tahu kualitas dari produk tersebut. Itu sebabnya salah satu cara promosi produk baru adalah dengan membagi-bagikan produk kepada calon konsumen untuk membangun keyakinan pada diri mereka bahwa produk baru yang ditawarkan layak untuk mereka beli.

Jika harga produk baru tersebut relatif mahal dan butuh cost besar untuk dibagi-bagikan secara gratis maka cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membagikan merchandise yang menarik sekaligus bermuatan informasi terkait produk baru yang dipromosikan. Menjadi lebih efektif lagi jika pembagian merchandise diberikan kepada mereka yang telah melakukan aktifitas yang berhubungan dengan kampanye produk tersebut.

Baca juga  5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk

 

Fokus Pada Bisnis dan Bangun Kepercayaan Pelanggan

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 7

Apapun hasil dari promosi produk baru yang telah dilakukan, jangan pernah berhenti untuk terus berkampanye memperkenalkan produk tersebut, karena membangun kepercayaan publik terhadap sesuatu yang masih baru, tidak semudah membalik telapak tangan. Disinilah kesabaran sangat dibutuhkan dan dituntut untuk tetap fokus pada bisnis setidaknya dalam rentang waktu satu tahun sebelum melakukan evaluasi.

Selama melakukan promosi produk baru tersebut, bangun terus kepercayaan pelanggan dengan senantiasa menjaga kualitas produk, memberikan respon yang cepat terhadap berbagai macam keluhan yang disampaikan pelanggan dan berbagai cara yang lain dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui pelayanan yang terbaik. (*)

5 Cara Efektif Promosi Produk Baru 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments