Bisnis   

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha


5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 1

Perkembangan pasar yang dinamis menuntut para pengusaha yang terlibat dalam dunia bisnis harus selalu dapat menyesuaikan diri karena tuntutan dari ranah pemasaran yang terus berubah, terlebih pemasaran online. Karena itulah strategi demi strategi harus selalu dibuat dan diaplikasikan guna meraih keberhasilan dibidang pemasaran.

Terdapat banyak strategi yang telah dipraktikkan oleh para pelaku bisnis untuk dapat meraih pangsa pasar. Beberapa dari strategi tersebut terbukti memberikan hasil yang memuaskan. Diantara sekian banyak strategi pemasaran yang terbukti berhasil, inilah 5 diantaranya:

 

1. Pemasaran Lewat Media Sosial

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 3

Di era teknologi seperti sekarang ini, pemasaran lewat media sosial tidak mungkin dapat dihindarkan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sejumlah platform media sosial seperti YouTube dan Facebook yang berhasil menarik sekitar 73% dan 68% pembeli potensial.

Baca juga  Cara Menentukan Budget Marketing Bisnis dengan Pendekatan Bottom-Up

Besarnya potensi penjualan melalui media sosial itulah yang membuat ketrampilan dalam memanfaatkan media sosial untuk pemasaran perlu dikuasai, mulai dari pembuatan konten, analisis konsumen pengguna medsos dan sebagainya.

 

2. Memaksimalkan Manfaat Konversi

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 4

Pemanfaatan konversi menjadi hal yang paling penting dalam dunia pemasaran, karena keberhasilan dalam memanfaatkan audiens yang tepat dapat mendatangkan keuntungan bisnis yang besar.

Untuk dapat mengoptimalkan manfaat konversi, hal yang perlu dilakukan adalah merampingkan berbagai aspek strategi pemasaran sehingga setiap pengunjung diharapkan membeli produk. Manfaat tersebut akan dapat diperoleh jika strategi yang telah bekerja sebelumnya terus ditingkatkan.

Untuk dapat terus menerus meningkatkan strategi yang telah bekerja, dibutuhkan penelitian dan analisis yang tajam, sehingga cara ini tidak bisa dikatakan mudah. Namun demikian pesatnya teknologi membuat segala sesuatu yang sulit dapat dipermudah, seperti tersedianya banyak alat yang dapat digunakan untuk melakukan analisis dan penelitian serta tersedianya berbagai macam aplikasi untuk memahami segala jenis data.

Baca juga  Eksistensi Bisnis Kopi Yang Semakin Cuan Dan Menjamur

3. Penggunaan Email Bisnis

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 5

Penggunaan email bisnis juga merupakan strategi yang perlu dipertimbangkan, karena strategi ini memungkinkan pemasar untuk berhubungan secara personal dengan sekian banyak calon konsumen dalam waktu bersamaan dan cara ini tidak ditemui pada bentuk pemasaran yang lain.

Penggunaan email bisnis juga dipandang sebagai cara yang paling efektif karena dapat menjangkau para pelanggan dimanapun berada tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembuatan email bisnis itu sendiri dapat dilakukan dengan gratis melalui platform penyedia email, meski hasilnya akan lebih maksimal bila menggunakan template email profesional yang berbayar.

4. Memanfaatkan Konten Berkualitas

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 6

Penggunaan konten untuk pemasaran sudah dilakukan sejak lama dan terbukti masih efektif untuk dipakai menjual produk hingga sekarang. Hal ini disebabkan karena konten berkualitas memiliki sifat serbaguna dalam pemasaran dan dapat menjangkau khalayak yang berbeda melalui berbagai publikasi.

Baca juga  5 Jenis Orang yang Harus Dijauhi Jika Anda Ingin Sukses

Terlebih jika konten tersebut disebarkan lewat berbagai media, seperti website, media sosial, e-book serta media yang lain. Karena dengan semakin tersebar luasnya konten melalui banyak media maka basis pelanggan pun akan lebih luas sehingga menghasilkan pasar yang lebih besar.

5. Memiliki Brand Pribadi yang Terpercaya

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 7

Personal branding memiliki pengaruh yang besar dalam mendongkrak pemasaran, karena banyak konsumen yang mengaitkan perusahaan dengan sosok pengusaha yang memiliki reputasi positif. Karena itu seorang pengusaha wajib membangun personal branding sebelum mengerjakan merek perusahaan.

 

Dengan memiliki personal branding yang terpercaya, seorang pengusaha tidak akan sulit untuk membangun jaringan dan memasarkan produk apapun termasuk membangun kerjasama dengan siapapun karena citra positif yang dimilikinya lebih dari cukup untuk menumbuhkan kepercayaan pada diri mitra kerja maupun konsumen. (*)

5 Strategi Digital Marketing untuk Pengusaha 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan