5 Tips Bisnis Ampuh untuk Pemula

Bacaan singkat kaya manfaat untuk kamu calon pebisnis sukses2 menit


34
34 upvote
5 Tips Bisnis Ampuh untuk Pemula 1

Banyak banget nih tips bisnis yang bisa kamu dapetin di internet. Tapi mana yang benar-benar works nantinya?

Terlalu banyak tips, trik, nasihat dan motivasi malah jadi bingung. Padahal kamu adalah beneran seorang pemula level beginner yang coba masuk dunia bisnis.

Lalu apa yang perlu dilakukan?

Tenang saja, jikalau kamu memang beneran buta bisnis dan ingin coba jadi pengusaha, wajar kalau bingung. Semua pengusaha kebanyakan juga mengalami hal yang sama. Terlebih jikalau basic keilmuan kamu sewaktu kuliah bukan fakultas bisnis, ya khan?!

Nah supaya kebingungan kamu tidak bertambah parah lalu membunuh niat baiknya menambah jumlah pengusaha muda Indonesia, maka melalui artikel ini akan kami paparkan 5 tips bisnis ampuh yang bakalan bantu semua calon pengusaha sukses dari level nol.

Kok cuma lima? Iya, untuk pemula yang pertama adalah langkah awal dahulu. Bisnis itu satu kata tapi berjuta maknanya. Nah, langsung saja ini dia 5 tips untuk kamu yang pingin bangun bisnis.

 

Teknik ATM

Apa itu teknik ATM? Anjungan Tunai Mandiri? Tentu saja bukan. Ini adalah trik super kuno yang harusnya bisa bantu semua orang yang sedang buntu ide.

Baca juga  7 Cara E-commerce Dalam Meningkatkan Traffic

Ide bagi seorang pebisnis adalah segalanya. Sekarang bisnis apa yang mau kamu bangung? Toko sepatu? Jadi agen oreo supreme? Atau jual beli sepeda motor bekas? Nah kamu harus tentukan jenis dan cakupan bisnismu.

Kalau susah pakai aja teknik ATM alias Amati, Tiru dan Modifikasi. Simpel, khan? Intinya kamu contek bisnis yang sudah sukses. Lalu cari kelemahan dan kekurangannya. Setelah itu kamu perbaiki.

Teknik ATM ini sah-sah saja dipakai dan sebenarnya sudah sering dan akan terus dipakai. Coba pikir, ada berapa ribu merk ayam goreng tepung? Atau kopi yang dicampur aren? Atau mie instan yang dikasih varian sayur-sayur? Banyak. Dan akan terus bertambah banyak jikalau memang bisnis itu terbukti sukses.

5 Tips Bisnis Ampuh untuk Pemula 3

Tantangan kamu bisa dibilang makin kecil, karena sudah ada bukti bahwa bisnis yang kamu amati, tiru dan modifikasi punya penggemar alias customer.

Nah itu tips nomor satu. Pakai teknik ATM saja, tidak perlu ke mbah dukun minta wangsit.

Baca juga  3 Tips Memilih Perusahaan Konveksi Terbaik

 

Modal

Kalau sudah kamu tentukan bisnis yang ingin digeluti, sekarang tips kedua : analisa modal kamu.

Jangan mudah terbujuk oleh adegium indah nan memotivasi macam tekad nomor satu, modal nomor dua. Itu bisa menjerumuskan jika kamu salah kaprah.

Modal tetap penting. Biarpun kamu tidak punya modal besar tidak masalah, asal cukup untuk menunjang bisnismu bahkan ketika belum ada pembeli. Kalimat itu sangat penting, buktinya dikasih underlined khan.

Nah tips kedua, pastikan kamu punya perhitungan modal yang bener. Kalau modalmu belum cukup tetapi kamu yakin business plan yang kamu buat akan punya masa depan cerah, maka cobalah untuk meminta bantuan saudara, teman atau investor. Kalau ga ada, boleh pinjam bank, asal kamu tahu segala resikonya.

 

Networking

Semua bisnis jaman now sejatinya tidak ada yang berdiri sendiri. Kamu mau bisnis jual obat pelangsing, maka butuh dong suplier yang siap kasih harga rendah tetapi pelayanan bagus. Mau jual pulsa? Maka wajib tahu provider mana yang kasih cuan gede.

Nah ini tips nomor tiga, networking. Makin banyak kenalan, jaringan, channel atau rekanan bisnis, makin besar kamu sukses. Karena dari mereka-mereka juga bisnismu akan semakin dikenal. Setidak-tidaknya kamu punya lingkaran yang bisa bisikin info-info bermanfaat yang bakalan menunjang usahamu.

Baca juga  Tips Sukses berjualan Es Krim Bagi Pemula

Jadi kalau mau jadi pebisnis, ya siap-siap untuk menambah relasi. Kamu ga akan bisa jadi single fighter. Banyak teman banyak rejeki. Asal temannya bener.

 

Digitalisasi 

Kalau yang ini mungkin kamu sudah bisa menebak. Ya, digitalisasi. Kawinkan bisnismu dengan internet. Sambungkan dan hubungkan dengan social media. Itulah tips no 4 untuk bisa bantu kamu bangun bisnis yang mantul.

 

Nothing to lose! You are the boss!

Nah sekarang yang terakhir. Cepet khan?! Trus apa yang terakhir? Segera bertindak. Make a move. Take an action. Do it.

Terus kalau nanti kamu denger nyinyiran, hinaan bahkan cacian dari pesaing, orang tua, orang yang belum tua, saudara, teman, mantan, pacar, calon suami, calon isteri, atau siapapun, jangan dengarkan.

Kamu harus punya jiwa bandel sedikit. Yakinlah pada kesuksesanmu. Belajarlah dari orang-orang yang besar, bukan mendengar nasihat-nasihat yang menjatuhkan.

Itu dia 5 tips ampun untuk kamu yang mau mulai bisnis dari nol. Semoga sukses.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

34
34 upvote
Guritno Adi Siswoko

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.