Bisnis   

5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk


5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk 1

Saat ini berwirausaha menjadi suatu hal yang mulai digemari oleh masyarakat. Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang, banyak orang yang secara tiba-tiba banting setir menjadi seorang wirausaha. Biasanya diawali dengan menjual produk-produk Handmade atau menjadi seorang dropshipper dari produk orang lain yang sedang laris dipasaran. Bahkan di sosial media pun banyak sekali meme yang beredar tentang wanita muda yang baru menikah, akun sosmednya akan menjadi akun olshop. Di internet pun sudah banyak sekali bertebaran para pengusaha-pengusaha yang menjadi motivator untuk mendukung masyarakat memulai yang namanya wirausaha. Penjualan E-book bisnis, seminar bisnis pun sudah sangat menjamur di setiap kota.

Yang paling mencolok dari masyarakat kita adalah gampangnya mereka mengikuti trend yang sedang ramai dari sebuah produk tertentu, seperti berjualan minuman viral atau makanan viral. Sikap latah inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tidak mampu menjalankan usahanya dengan stabil, apalagi bisa berkembang. Padahal dalam bisnis konsistensi dan pengembangan produk adalah sesuatu yang juga penting untuk memulai diawal. Terlepas dari itu semua ada beberapa tips penjualan produk yang mungkin bisa kalian coba dalam memulai bisnis yang sedang kalian rintis saat ini.

Iklan sosial media

5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk 3

Kalau kebanyakan ibu muda biasanya mengganti akun sosmednya dengan akun Olshop itu tidaklah masalah. Namun jika pengelolaannya tidak maksimal akan sama saja hasilnya dan itu masalahnya. Menggunakan sosial media sebagai bagian dari penjualan produk terkadang tidaklah efektif jika tidak menggunakan layanan iklan yang telah disediakan. Seperti contoh Facebook Ads yang bisa kalian manfaatkan untuk keperluan iklan produk.

Apakah manfaatnya besar ? jika kita bandingkan dengan kita mengiklankan sendiri produk kita, hasilnya akan sangat tidak efektif dan jauh dari kata berhasil. Terkecuali untuk sebagian orang yang memang paham pemanfaatannya sedari awal. Biasanya jasa iklan yang telah disediakan oleh platform sosial media itu sendiri mempunyai banyak keunggulan dan memang itu tujuannya mengapa si pembuat platform menyediakan jasa iklan.

Baca juga  4 Solusi Dalam Memulai Bisnis Kopi

Terlebih jika kita mengeluarkan sedikit modal untuk pengiklanan produk hasilnya akan jauh lebih akurat daripada sibuk menawarkan sendiri. Karena target pasar yang jelas dan jangkauannya yang luas bisa jadi pertimbangan. Jadi sedikit modal untuk menunjang pengiklanan produk kita tidaklah masalah. Apalagi jika penghitungan biaya pembelian produk, kemasan dan biaya iklan kita tepat.

 

Berbagi Ilmu

5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk 4

Untuk beberapa produk, menjual bukanlah hal yang tepat. Bukan sesuatu yang salah hanya saja kurang tepat dan tidak efektif dalam beberapa hal. Misalnya seperti menjual produk aplikasi dengan menawarkan ke seseorang. Terkadang salah satu kunci dalam penjualan produk adalah dengan membagi ilmu serta memberikan solusi pemecahan masalah yang terjadi dari target konsumen kita. Jika kita jeli cara seperti ini sudah banyak dilakukan. Contohnya seperti seseorang ingin menjual gadget, kemudian ia memberikan tips seputar penyelesaian masalahan tentang gadget si target konsumen. Kemudian saat permasalahan si konsumen tidak dapat diselesaikan dengan alternatif, kita bisa menawarkan produk yang terbilang efektif.

Berbagi ilmu dengan target konsumen adalah sesuatu yang terbilang efektif. Karena, selain bisa menjalin relasi target konsumen kita akan merasa lebih percaya. Apabila tidak membeli ? kita yakin target konsumen kita akan memberi rekomendasi kepada orang lain untuk datang kepada kita.

 

Membuat Masalah

5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk 5

Kadangkala mencari gara-gara dengan konsumen adalah tindakan yang bermanfaat. Tetapi dalam konteks bisnis bukan sengaja mencari masalah. Pernah dengar cerita seorang pengusaha yang menjual telur keliling ? pastinya kalian semua tau. Jadi ceritanya si pengusaha ini datang ke sebuah perumahan untuk menjual telurnya dengan cara berkeliling. Namun yang ia targetkan pertama kali adalah calon pembeli paling judes di perumahan tersebut. Berbekal kemampuan dia berbicara dan menawarkan produk, si target konsumen itu terbujuk untuk membeli telur sebanyak 20 butir.

Baca juga  6 Tren Dan Konsep Terbaru Dalam Bisnis Kuliner 2020

Minggu depannya, penjual telur itu kembali berkeliling di perumahan yang sama dan konsumen judes ini rupanya sedang menunggu si penjual. Apakah ia akan membeli telur lagi ? tidak, justru si konsumen ini komplain karena salah satu telur yang dijual kepadanya busuk. Artinya ia hanya menerima 19 butir telur dan meminta ganti rugi. Si penjual pun dengan senang hati mengganti kerugian si konsumen. Tidak hanya satu butir, akan tetapi 20 butir telur. Melihat betapa senangnya si konsumen mendapat ganti rugi, pembeli itu pun senang.

Dari cerita diatas apa yang bisa kita ambil ? melayani konsumen dengan sebaik mungkin ? jika itu memang sudah pasti harus kita lakukan. Namun yang dilakukan si penjual adalah dengan sengaja membuat masalah dengan konsumen. Ia sengaja memasukan satu butir telur yang sudah busuk ke dalam bungkusan telur konsumen judes tersebut. Tujuannya adalah agar ia bisa memberikan service yang lebih baik dan mengganti kesalahan dengan pelayanan yang lebih baik. Ada dua hal yang akan ia dapatkan. Pertama para pelanggan akan tau betapa memuaskannya pelayanan dari si penjual dan kedua adalah iklan gratis. Sebab promosi yang disampaikan dari mulut ke mulut memang sangatlah efektif untuk menjual sebuah produk.

 

Menjual produk termurah

Semisal kalian mempunyai beberapa produk makanan, ada mie goreng, kebab dan sop ayam. Kemudian saat konsumen melihat harganya mereka terkejut karena harga mie goreng yang dijual benar-benar murah, berbeda dengan kedua produk lainnya. Disini si penjual sudah berhasil masuk pada perencanaan yang pertama yaitu menjual produk dengan harga murah. Tujuannya adalah menjual dari segi kuantitas untuk produk mie goreng dan memaksa orang untuk mencoba.

Baca juga  10 Hal Harus Perhatikan Ketika Nonton Drama Korea

Beberapa mindset berfikir seseorang adalah terlalu malas untuk mencoba sesuatu yang baru pertama kali mereka lihat. Untuk itulah diperlukan sedikit paksaan atau setidaknya membuat konsumen berfikir “toh tidak akan rugi”. Produk mie goreng itu adalah sebuah serangan psikologis untuk beberapa konsumen baru dengan memaksa mereka untuk mencoba dulu saja.

 

Menjual hanya pada saat diskon

5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk 6

Misalkan kalian mempunyai sebuah toko komputer dan elektronik. Tetapi list harga produk kalian sama seperti produk-produk toko lain kebanyakan. Cara yang paling efektif adalah menjual hanya pada saat diskon. Hal ini bahkan sudah dilakukan oleh beberapa pegiat bisnis. Selain untuk mempromosikan produk, menjual hanya pada saat diskon terbukti akan menarik para pelanggan lebih banyak.

Lantas apakah kita libur berjualan jika tidak sedang diskon ? konsepnya bukan seperti itu. Melainkan pada saat diskon seluruh strategi pemasaran produk yang kita punya di keluarkan pada saat itu. Mulai dari potongan harga, bonus pembelian produk, bahkan iklan berbayar.

Itulah tadi beberapa tips untuk menjual produk kalian. Cara- cara seperti ini memang sangat efektif digunakan dan sudah terbukti di beberapa kesempatan. Namun tidak semua hal bisa digunakan pada mayoritas hal yang sama. Ada baiknya kalian menetukan keseluruhan hal menyangkut bisnis kalian, mulai dari modal, manajemen keuangan, target pemasaran, dan lain sebagainya.

5 Tips Untuk Kamu Menjual Produk 7

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa