Bisnis    , Finansial   

Apa Itu PayPal & Kegunaannya ?


apa itu paypal

Apa itu paypal ? Berbelanja online bukan lagi suatu hal yang hanya orang tertentu saja yang dapat melakukannya. Ada ribuan situs online yang dapat dikunjungi untuk berbelanja secara online.  Hal ini dapat terwujud karena didukung oleh kemajuan teknologi dan informasi yang sudah sangat canggih. Ketika membicarakan tentang berbelanja online, tentu akan secara otomatis Anda akan terpikirkan tentang transaksi keuangan yang menyertainya.

Tidak kalah dengan aneka macam situs belanja online, fasilitas keuangan untuk mempermudah transaksi online juga banyak bermunculan, salah satunya adalah PayPal. Media ini dapat digunakan untuk berbelanja online secara internasional. Berikut akan dibahas apa itu PayPal dan apa saja kegunaan dari PayPal.

 

Apa itu PayPal

Apa Itu PayPal & Kegunaannya ? 1

PayPal adalah salah satu media pembayaran dan layanan jasa transfer yang berupa rekening virtual. Jika jaman dulu uang masih dikirim dalam bentuk cek dan wesel pos, maka jaman sekarang uang sudah dapat dipindahtangankan dengan sangat mudah melalui PayPal. Jaringannya sangat luas karena dapat melayani segala transaksi keuangan di berbagai negara dan antar negera. Semua hal itu dapat dilakukan hanya dengan menggunakan email.

Sampai saat ini, PayPal adalah alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan digunakan untuk berbelanja online.Transaksi yang dilakukan di PayPal dianggap paling aman sehingga banyak yang mempertimbangkan untuk menggunakannya. Selain itu, PayPal dapat diakses kapan saja dan dimana saja untuk melakukan pembayaran dari berbagai sumber seperti rekening bank, kartu kredit dan kartu debit.

 

Baca juga  3 Cara Bisnis Properti Tapi Modal Minim, Harus Bisa

Sejarah PayPal

PayPal Corp adalah perusahaan yang merupakan gabungan dari X.com dan Confinity. Dua perusahaan ini bergabung pada tahun 2000. X.com didirikan pada tahun 1999 oleh Elon Musk dan Confinity didirikan pada tahun 1998  oleh Peter Thiel dan Max Levchin. Secara resmi pada awalnya PayPal mulai diluncurkan pada tahun 1999 sebagai layanan sistem pembayaran baru yang mana sumber dananya diperoleh dari BlueRun Ventures. Baru pada bulan Maret 2000, Confinity bergabung dengan X.com.

Di tahun inilah PayPal mulai mengembangkan diri dengan pesat. Pada bulan Juni 2000, PayPal mengenalkan tipe akun yang khusus digunakan oleh pebisnis dengan volume transaksi yang tinggi. Di akun ini, pengguna dapat membukukan semua transaksi yang dilakukan. Dimana pada setiap transaksi, dikenakan biaya fee. Kemudian pada akhir tahun 2001, lebih dari 20% pengguna akun PayPal melakukan upgrade ke akun tipe bisnis. PayPal terus berkembang dan resmi dapat bergabung dengan lantai bursa pada tahun 2002 yang mana nilai per lembar sahamnya sekitar $13 dengan total investasi mencapai $61 juta.

Perkembangan PayPal tidak hanya berhenti disana, pada bulan Juli 2002, eBay membeli saham PayPal senilai $1,5 miliar. Hingga saat ini, PayPal dapat mengcover sekitar 70% pembayaran yang dilakukan oleh toko yang terdaftar di eBay.

 

Baca juga  6 Cryptocurrency Paling Populer

Kegunaan PayPal

Setelah membahas apa itu PayPal di awal, sekarang akan diulas tentang apa saja kegunaan PayPal. PayPal tidak hanya berguna bagi pemilik bisnis tapi juga bagi berbagai elemen yang melakukan transaksi. Berikut penjelasannya.

  1. Bagi Penjual
Baca juga  Biografi Elon Musk - Sang Jenius Investor Teknologi

Bagi Anda yang memiliki usaha atau toko di beberapa marketplace internasional, maka Anda juga harus memiliki akun PayPal untuk kemudahan melakukan transaksi keuangan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperoleh jika Anda menggunakan PayPal.

  • PayPal dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran selain transfer ke bank atau pembayaran jenis lain. Jika Anda memiliki PayPal maka pelanggan dapat juga membayar dengan media ini, tinggal tambahkan saja ke halaman situs jual beli Anda. Pastinya pelanggan luar negeri akan lebih suka dengan pilihan ini.
  • PayPal dapat menerima pembayaran dari kartu kredit tanpa adanya pengajuan merchant kepada bank. Hal ini tentu memudahkan Anda agar tidak perlu repot mengurusnya.
  • Paypal juga dapat digunakan sebagai alat yang untuk mengumpulkan informasi pembeli.
  1. Bagi Pembeli

Untuk pembeli sendiri, sudah pasti PayPal digunakan sebagai alat pembayaran. Sumber dana pada PayPal ini beragam mulai dari rekening bank, kartu debit sampai kartu kredit. Selain itu, kerja samanya dengan eBay membuat PayPal sangat mudah dan aman digunakan di situs yang bersangkutan.

Apa Itu PayPal & Kegunaannya ? 2


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan