4 Cara Mempopulerkan Bisnis Bagi Pengusaha Pemula

Tidak perlu takut bersaing meski baru merintis usaha, karena cara berikut cukup efektif untuk dipakai memperkenalkan usaha baru meski dengan budget yang terbatas.


cara mempopulerkan bisnis

Sebuah bisnis yang baru berdiri, mustahil akan dapat berkembang dan tumbuh besar jika bisnis tersebut masih asing atau belum populer di mata publik. Hal tersebut disadari benar oleh semua pengusaha, hanya saja bagi pengusaha pemula terlebih yang memiliki budget terbatas kerapkali merasa bingung dalam mencari cara mempopulerkan bisnis.

Mereka tahu bahwa bisnis mereka harus dikenalkan kepada publik, namun mereka juga sadar bahwa biaya promosi untuk mempopulerkan bisnis tidak murah, sementara bisnis yang mereka jalankan masih belum memberikan pemasukan.

Untuk menyiasati problem itulah para pengusaha pemula wajib tahu cara mempopulerkan bisnis yang murah atau bahkan gratis. Berikut 4 cara yang dapat dilakukan.

Buat Berbeda

Cara mempopulerkan bisnis yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membuat bisnis yang berbeda. Sebagaimana diketahui bersama, sesuatu yang berbeda, apapun itu, akan selalu mengundang perhatian, begitu juga dengan bisnis.

Jika bisnis yang Anda bangun berbeda dari yang lain, setidaknya belum pernah ada di sekitar lokasi tempat berdirinya bisnis tersebut, maka akan memantik perhatian publik dan tanpa diminta publikpun akan menyebarluaskan dari mulut ke mulut.

Jika merasa sulit untuk membangun bisnis yang benar-benar baru atau berbeda dari yang pernah ada sebelumnya, maka lakukan diferensiasi dengan membuat perbedaan pada sisi yang lain, misalnya berbeda dari sisi tampilan bangunan, berbeda dalam hal penamaan, berbeda penyajiannya dan sebagainya.

Kesempatan Mencoba Gratis

Pada saat launching beri kesempatan kepada publik untuk mencoba gratis produk yang ditawarkan. Jika bisnis tersebut bergerak di bidang kuliner bisa dengan cara membagi-bagikan Β tester kepada orang-orang yang ada di sekitar lokasi bisnis, jika bisnis bergerak di bidang perbengkelan bisa dengan cara memberikan layanan service gratis, dan sebagainya.

Memberikan kesempatan kepada publik untuk mencoba gratis layanan yang ditawarkan memang merupakan cara pemasaran yang terbilang klasik. Namun terbukti masih efektif untuk dijalankan sebagai salah satu cara mempopulerkan bisnis, karena banyak orang yang masih merasa ragu untuk memanfaatkan sebuah layanan bisnis sebelum mengetahui kualitas dari layanan yang diberikan.

Kerjasama dengan Pengusaha Lain

Ajak pengusaha yang memiliki bisnis yang sudah mapan dan sudah dikenal luas untuk bekerjasama. Caranya bisa berbagai macam, bisa dengan bundling produk, membagikan voucher, bertukar media promosi (banner, spanduk, poster serta yang lain) dan berbagai bentuk kerjasama lainnya.

Dengan cara ini bisnis yang sudah mapan akan diuntungkan karena mendapat kesempatan dipromosikan secara gratis sedang keuntungan dari bisnis yang baru berdiri adalah memanfaatkan kepopuleran rekan bisnisnya dalam membangun kepercayaan publik. Cara mempopulerkan bisnis seperti ini setidaknya dapat mempengaruhi pelanggan dari bisnis yang sudah mapan untuk mencoba layanan dari bisnis yang baru berdiri.

Memanfaatkan Media Sosial

Cara Mmempopulerkan bisnis yang juga efektif sebagai sarana promosi untuk bisnis-bisnis yang sudah mapan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pancing para pengguna media sosial yang berpotensi menjadi konsumen untuk menjadi followers dan ajak mereka berinteraksi, baik interaksi searah lewat postingan-postingan untuk memperkenalkan bisnis baru maupun interaksi dua arah lewat coment, invox atau private message.

Jangan lupa untuk melakukan branding produk pada saat memanfaatkan media sosial, seperti mengenalkan logo, tagline dan jenis produk yang ditawarkan, menyapa lewat postingan-postingan yang bermanfaat, berinteraksi dengan bahasa yang sopan dan santun, dan sebagainya.

Demikian cara mempopulerkan bisnis yang gratis atau setidaknya murah untuk dicoba oleh para pengusaha pemula dengan budget yang terbatas. Jika bisnis sudah dikenal luas, bukan hal yang sulit untuk dikembangkan sehingga menjadi bisnis yang besar serta memiliki anggaran khusus untuk budget pemasaran. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.