Bisnis    , Karir   

Definisi, Fungsi, & Contoh Surat Jalan


contoh surat jalan

Dalam operasional perusahaan khususnya perusahaan industri biasanya membutuhkan suatu bahan baku yang diperoleh oleh beberapa perusahaan yang lain sehingga nanti bisa diolah menjadi barang jadi. Namun, dalam pengirimannya memerlukan surat jalan agar aman, nyaman, efektif, dan efisien. Ada beberapa contoh surat jalan juga yang akan di bawah, Berikut penjelasan selengkapnya:

Definisi Surat Jalan

Definisi, Fungsi, & Contoh Surat Jalan 1

Surat jalan adalah salah satu jenis dokumen yang wajib dibawa saat melakukan suatu kegiatan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya sehingga pengiriman menjadi bersifat legal. Biasanya surat jalan ini diisi dengan beberapa data barang yang dikirimkan seperti nama, jumlah, kualitas, dan lain sebagainya.

Surat ini menjadi salah satu dokumen penting yang mana dapat digunakan sebagai surat serah terima barang yang diantar dan juga menjadi bukti legalnya kendaraan pengantar barang bisa melintas di area tersebut dan membuat polisi yang bertugas di jalanan bisa tahu bahwa tujuan dari kendaraan tersebut adalah mengantar barang dan jenis barangnya sangat jelas.

Surat jalan ini biasa digunakan bagi para perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang industri yang mana memerlukan suatu bahan baku dari perusahaan atau tempat yang lainnya. Oleh karena itu, surat jalan kebanyakan dikeluarkan oleh pemilik perusahaan yang mengirimkan barang tersebut atau bisa juga dikeluarkan dari pihak ekspedisinya.

Pada surat jalan biasanya terdapat 3 rangkap bagian yang mana satu bagian digunakan sebagai salah satu bukti transaksi jika barang sudah diserahkan, bagian kedua diberikan untuk penerima barang yang dikirimkan tersebut dan terakhir digunakan sebagai arsip yang mana disimpan oleh perusahaan yang mengeluarkan surat jalan.

 

Baca juga  5 Bisnis Kreatif Yang Terus Berkembang, Layak Kamu Coba Sebagai Inspirasi !

Fungsi Surat Jalan

Definisi, Fungsi, & Contoh Surat Jalan 2

Berbicara mengenai fungsi, sebenarnya surat jalan ini memiliki segudang fungsi khususnya bagi pengendara kendaraan, pihak ekspedisi, perusahaan pengirim, perusahaan penerima, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa fungsi yang bisa Anda simak dari surat jalan itu sendiri agar lebih jelas dan lebih rinci:

Yang pertama adalah digunakan untuk memberikan suatu rincian kejelasan mengenai barang apa yang akan dikirim oleh alat transportasi tersebut. Selain itu, surat jalan yang satu ini juga sangat penting sebagai salah satu dokumen resmi jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh beberapa pihak tertentu seperti pihak kepolisian yang seperti dijelaskan di atas tadi.

Surat jalan juga bisa dijadikan sebagai surat di pemberitahuan di mana barang yang dikirimkan ini sudah diterima oleh penerima atau pembeli barang yang dituju. Surat jalan wajib dibuat juga digunakan sebagai salah satu bukti transaksi yang mana nantinya dapat dimasukkan ke dalam data atau bukti dokumentasi akuntansi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Surat jalan ini bisa digunakan sebagai salah satu alat yang legal digunakan untuk perusahaan pengirim barang, pihak ekspedisi, sekaligus dengan perusahaan penerima barang yang dikirimkan itu. Ketiganya membutuhkan surat ini baik untuk digunakan sebagai dokumentasi atau bisa digunakan sebagai salah satu syarat dalam melakukan pengiriman atau memenuhi syarat birokrasi negara.

 

Baca juga  Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Penggunaan Surat Jalan

Jika dijabarkan apa saja contoh surat jalan itu akan sangat banyak karena setiap penggunaan juga beda cara pembuatannya. Untuk struktur yang digunakan masih sama, tidak jauh berbeda akan tetapi yang membedakan adalah isi di mana barang yang dikirimkan harus dimasukkan agar tidak menimbulkan  salah barang. Akan sangat lucu jika surat jalan isinya tentang alat berat padahal yang dibawa adalah kopi.

Ada banyak sekali contoh, namun yang paling utama adalah Anda harus membuat isinya sesuai dengan apa yang mereka dapatkan. Contoh dari surat jalan itu adalah surat jalan pengiriman alat berat, kopi, susu, kendaraan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah pembahasan mengenai definisi, fungsi dan juga contoh surat jalan yang harus Anda tahu. Kini Anda sudah tahu apa itu, fungsi dan beberapa contoh penggunanya sehingga diharapkan untuk tidak bingung lagi. Semoga beberapa informasi yang sangat sedikit di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan setiap orang yang ikut membaca artikel ini.

Definisi, Fungsi, & Contoh Surat Jalan 3
Baca juga  Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya!

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan