Bisnis   

Contoh Surat Penawaran Barang : Definisi, Komponen & Informasi Lainnya 


 contoh surat penawaran barang

Dengan mencari contoh surat penawaran barang saja, Anda mungkin tidak akan bisa membuat surat penawaran barang yang baik karena ada saja perbedaan antara penawaran barang yang satu dengan yang lainnya.  

Untuk membuat surat penawaran yang baik maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu surat penawaran, cara pembuatannya dan juga komponen yang digunakan dalam pembuatan surat ini. lalu apa saja informasi yang harus Anda ketahui? Berikut ini adalah ulasannya. 

Pengertian dari surat untuk penawaran barang 

Apa yang dimaksud dengan surat penawaran barang? Surat penawaran barang adalah surat yang nantinya digunakan untuk menawarkan barang yang akan digunakan kerja sama antar perusahaan. Contohnya ketika Anda memiliki  perusahaan  persewaan komputer, Anda bisa membuat surat penawaran barang ke perusahaan yang memiliki sistem kerja dengan komputasi tinggi untuk menawarkan produk Anda. 

Surat penawaran barang ini nantinya akan di review oleh perusahaan calon partner Anda. jika calon partner Anda puas dan yakin dengan penawaran Anda maka Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan tersebut dan mendapatkan keuntungan dari penawaran yang sudah Anda buat. 

Jadi surat penawaran barang memang sangat berpengaruh terhadap kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencari contoh surat penawaran barang yang baik kenali dahulu apa ciri dari surat penawaran barang yang baik dan berkualitas berikut ini. 

Apa saja isi dari surat penawaran barang?

Contoh Surat Penawaran Barang : Definisi, Komponen & Informasi Lainnya  1

Surat penawaran barang adalah sebuah surat yang isinya sudah pasti digunakan untuk menawarkan barang yang Anda miliki pada calon  partner Anda seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain isinya adalah mengenai barang apa saja yang Anda tawarkan untuk digunakan, surat penawaran barang juga harus memuat beberapa informasi lainnya. 

Informasi lain yang harus ada dalam surat penawaran barang yang akan Anda buat adalah mengenai keunggulan dari produk yang akan Anda tawarkan tersebut. bukan hanya itu, selain keunggulan produk, perhatikan juga mengenai keunggulan perusahaan Anda sebagai perusahaan penyedia barang. 

Sertakan juga mengenai keuntungan yang akan didapatkan oleh calon mitra Anda ketika memilih jasa Anda dalam menyediakan barang yang mereka butuhkan agar calon mitra Anda lebih yakin untuk menggunakan jasa Anda. 

Memberikan informasi mengenai kelebihan dan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan sasaran Anda merupakan hal yang penting. Pasalnya pihak yang menawarkan jasa dan layanan untuk perusahaan tersebut tentu bukan berasal dari Anda saja, akan tetapi dari banyak pihak lainnya. 

Dengan memberikan informasi mengenai keuntungan dan juga kelebihan produk Anda maka perusahaan calon mitra Anda akan lebih yakin untuk memilih perusahaan Anda sebagai mitra mereka. 

Komponen surat penawaran barang

Lalu apa saja komponen dari surat penawaran barang ini? berikut ini adalah ulasannya. 

  • Kop surat dan kepala surat 
Baca juga  Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik

Salah satu komponen dari surat penawaran barang  adalah kop surat. Komponen dari surat penawaran barang ini merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dapat digunakan untuk memastikan identitas dari perusahaan Anda. 

Bukan hanya untuk menunjukkan identitas tapi juga digunakan untuk menunjukkan bahwa surat yang Anda kirim adalah surat resmi yang bernomor. Hal inilah yang menyebabkan kop surat penawaran barang ini harus diikuti dengan tujuan, alamat, dan juga nomor surat yang biasanya disebut dengan kepala surat. 

  • Salam pembuka
Baca juga  Contoh Application Letter atau Surat Lamaran Kerja

Salam pembuka adalah hal lain yang tidak boleh dilupakan saat Anda akan membuat surat penawaran barang. Salam pembuka memiliki isi berupa perkenalan perusahaan Anda secara formal agar dikenal oleh calon perusahaan mitra Anda. 

  • Isi 
Baca juga  3 Cara Bisnis Properti Tapi Modal Minim, Harus Bisa

Isi surat digunakan untuk menjabarkan dengan detail barang apa yang akan Anda sediakan untuk calon mitra Anda. setelah itu Anda juga bisa memberikan informasi tersirat mengenai kelebihan barang yang Anda tawarkan pada konsumen Anda. Di sini Anda juga bisa memberikan informasi lain seperti informasi diskon yang akan Anda berikan, promosi dan lain-lainnya sebagai poin kelebihan yang bisa Anda tawarkan. 

  • Penutup 

Bagian penutup merupakan bagian yang tidak kalah penting. Dalam contoh surat penawaran barang biasanya bagian penutup dibuat singkat jelas dan dibubuhi tandatangan dan nama terang. 

Contoh Surat Penawaran Barang : Definisi, Komponen & Informasi Lainnya  2

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan