Bisnis   

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini!


Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini! 1

Wabah corona belum menunjukkan tanda-tanda akan segera usai. Hal ini tentu menyulitkan banyak pihak. Bukan cuma pemerintahan, tapi rakyatnya juga. Kalau dari rakyat sendiri, banyak aspek yang terhimpit karena corona. Salah satunya bisnis. Pasti ada banyak bisnis yang jadi seret pemasukannya karena corona.

Lalu gimana caranya bisa bertahan dari wabah yang nggak tahu kapan akan selesainya ini?

Siapkan Kebijakan Menghadapi Kondisi Darurat

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini! 3

Hal pertama yang harus sebuah perusahaan lakukan adalah menyiapkan kebijakan untuk menghadapi kondisi darurat macam ini. Seharusnya, ketika perusahaan berdiri, ia harus sudah menyiapkan kebijakan untuk menanggulangi kondisi tersebut. Tapi kalau nggak ada, maka kalian, pemilik bisnis, harus segera membuatnya. Ketika membuat kebijakan, pastikan itu mencakup banyak hal. Salah satu contoh kebijakan adalah kebijakan bekerja di rumah. Nah, kebijakan macam itu harus dibuat aturan dan prosedur yang jelas.

Baca juga  New Normal, Kesempaatan Menginsafi Gaya Hidup Sederhana

Bicarakan Dengan Karyawan Kalian

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini! 4

Kalau kalian sudah memiliki beberapa karyawan, kalian bisa membicarakannya dengan karyawan kalian. Mintalah pendapat mereka atas kondisi ini. Lalu sebagai pemilik, kamu harus memutuskan dengan tepat akan bagaimana. Dengan ngobrol sama karyawan, kalian akan jadi memahami apa yang mereka kerjakan, lalu bisa menyusun strategi yang tepat.

Baca juga  Contoh Surat Penawaran Barang : Definisi, Komponen & Informasi Lainnya 

Mau Tak Mau, Kurangi Jumlah Karyawan

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini! 5

Ini adalah opsi terakhir kalau seandainya tidak ada lagi cara yang bisa kalian lakukan. Mengurangi jumlah karyawan atau mem-PHK beberapa karyawan. Tentu tak ada yang mau melakukan ini. Tapi mau bagaimana lagi. Mau bisnisnya yang bertahan, atau perlahan mati? Tapi, dengan mengurangi jumlah karyawan pun kalian harus memikirkan pesangon mereka. Jangan asal PHK aja. Tapi ada cara lain yang lebih manusiawi. Yakni dengan mengurangi jam kerja. Obrolkan dengan karyawan kalian. Dengan mengurangi jam kerja, kalian juga bisa sekaligus mengurangi gaji mereka. Lebih baik dari pada PHK.

Baca juga  5 Jenis Orang yang Harus Dijauhi Jika Anda Ingin Sukses

Memang berat bertahan di tengah wabah macam ini. Orang-orang tak bisa kemana-mana, bisnis sulit berjalan, dan masalah lainnya. Tapi, kalian tak perlu melakukan 3 cara itu jika kalian tahu bagaimana caranya beradaptasi dengan kondisi macam ini. Salah satu contoh adaptasi yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan fasilitas online untuk menjaga bisnis kalian tetap berdenyut. Gimana caranya? Pahami bisnis kalian, lalu cari celah agar prinsip bisnis online bisa masuk.

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini! 6

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.