Punya Bisnis Rumah Kos-kosan? Begini Cara Mempromosikannya

Punya rumah kos-kosan tapi sepi dari penyewa? Tentunya akan merugi karena terbebani biaya operasional. Untuk itu lakukan promosi dengan cara berikut ini2 menit


60
60 upvote
Punya Bisnis Rumah Kos-kosan? Begini Cara Mempromosikannya 1

Promosi bisnis kos-kosan sangan penting untuk dilakukan, karena memiliki rumah kos tanpa penyewa akan mendatangkan kerugian. Betapa tidak, untuk biaya operasional rumah kos, setidaknya harus mengeluarkan biaya untuk rekening listrik, PDAM, biaya keamanan dan kebersihan serta masih harus mengeluarkan tenaga untuk membersihkan kamar-kamar yang ada.

Ironisnya, banyak pemilik rumah kos yang hanya pasrah pada keadaan dan tidak berusaha untuk mencari penyewa sekalipun rumah kosnya tidak berpenghuni. Hal tersebut boleh saja dilakukan jika lokasi rumah kos berada di kawasan kampus atau kawasan pekerja pabrik/perusahaan yang tingkat kebutuhan akan hunian sangat tinggi sementara jumlah rumah kos yang ada sangat terbatas.

Tapi jika berlokasi di perkampungan umum dan di kawasan yang sama banyak terdapat rumah kos, maka wajib kiranya untuk melakukan promosi bisnis kos-kosan, agar kamar-kamar yang kosong dapat segera ditempati penyewa.

Baca juga  Sosial Media vs Email Marketing, Anda Golongan Mana?

Punya Bisnis Rumah Kos-kosan? Begini Cara Mempromosikannya 3

Berikut 5 cara promosi bisnis kos-kosan yang bisa dilakukan.

Masuk ke Lokasi Target

Siapkan brosur dan masuki lokasi target, baik kampus maupun pabrik untuk menyebarkan brosur tersebut agar dapat sampai di tangan calon konsumen secara langsung. Jika di kampus atau pabrik tersebut terpasang papan pengumuman, mintalah ijin kepada yang bertanggung jawab untuk dapat memasang brosur berisi promosi bisnis kos-kosan di papan pengumuman tersebut.

Jika yang menjadi target utama kalangan mahasiswa, jangan pelit untuk mensponsori kegiatan-kegiatan di kampus atau memasang iklan di koran kampus, karena cara ini jauh lebih efektif dibandingkan memasang iklan di koran umum atau di radio. Karena anak-anak muda sekarang sudah jarang yang memanfaatkan kedua media tersebut.

Promosi di Sekitar Lokasi Target

Jika ada larangan untuk menyebarkan brosur di lingkungan kampus dan pabrik, atau jika diperbolehkan namun harus membayar biaya sponsorship yang sangat mahal, maka sebaiknya memanfaatkan lingkungan di sekitar lokasi target untuk melakukan promosi bisnis kos-kosan.

Baca juga  Cara Menghitung Biaya Iklan Via Google Ads

Caranya bisa dengan menitipkan brosur di warung-warung, di minimarket, tempat cuci motor, menempelkan di sekitar tempat futsal, fitnes dan sarana yang kerap dijadikan aktifitas oleh anak-anak mahasiswa. Bisa juga bekerjasama dengan pengelola warnet dengan menjadikan promosi bisnis kos-kosan sebagai wallpaper di setiap komputer atau dengan memasang spanduk.

Punya Bisnis Rumah Kos-kosan? Begini Cara Mempromosikannya 4

Punya Bisnis Rumah Kos-kosan? Begini Cara Mempromosikannya 5

Membagikan Gift

Berikan gift sebagai hadiah kepada mereka yang kos, baik dalam bentuk stiker, gantungan kunci, penyekat halaman buku, serta yang lain. Jangan lupa menyelipkan nama tempat kos, alamat serta nomor kontak pada gift tersebut, sehingga saat dibawa oleh mereka yang kos, tanpa sadar mereka ikut promosi bisnis kos-kosan.

Member get Member

Promosi bisnis kos-kosan bisa dilakukan dengan meniru cara bisnis MLM dalam berpromosi yaitu “Member get Member”. Caranya adalah dengan meminta bantuan kepada mereka yang kos untuk membawa penyewa kamar baru. Sebagai imbalan dari jasa yang dilakukan, mereka mendapatkan komisi baik dalam bentuk uang tunai atau memberikan diskon uang sewa kos.

Baca juga  5 Cara Mendapatkan Uang Dari Situs Afiliasi

Promosi Melalui Internet

Media promosi bisnis kos-kosan yang juga sangat efektif adalah internet, terlebih untuk kalangan mahasiswa yang akrab dengan dunia maya, meski tidak menutup kemungkinan para buruh dan pegawai pabrik yang juga selalu terkoneksi dengan internet lewat smartphone.

Dalam memanfaatkan jaringan internet, keberadaan sosial media menempati posisi yang teratas sebagai sarana untuk melakukan promosi karena selain hampir semua pemilik smartphone mempunyai akun sosial media juga karena media sosial lebih tertarget.

Itulah 5 cara promosi bisnis kos-kosan yang bisa dilakukan agar rumah kos tidak sepi dari penghuni dan pemiliknya harus merugi karena terbebani biaya operasional tanpa ada pemasukan. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

60
60 upvote
aguskurniawan

Legend