Bisnis   

Komponen & Struktur Teks Negosiasi 


Struktur teks negosiasi

Struktur teks negosiasi bisa disusun dengan tepat jika Anda tahu bagaimana komponennya. Untuk tahu bagaimana cara menulis dan komponen dari sebuah teks negosiasi yang baik, berikut ini adalah ulasannya. 

Apa itu teks negosiasi?

Sebelum kita bahas mengenai apa saja yang menyusun teks negosiasi, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks negosiasi. Teks negosiasi adalah sebuah teks kesepakatan dalam yang digunakan untuk melakukan negosiasi antara 2 pihak. 

Negosiasi sendiri adalah komunikasi antara 2 pihak yang saling berkepentingan dalam penawaran dan pembelian. Kedua pihak bisa bernegosiasi untuk banyak keperluan, mulai dari untuk negosiasi masalah pelayanan, harga ataupun besar kerja sama yang akan dilakukan. 

Proses dan hasil negosiasi ini nantinya akan dibuat sebuah laporan sehingga memunculkan teks negosiasi tersebut. Biasanya negosiasi digunakan untuk mencapai tujuan bersama dan saling menguntungkan kedua belah pihak. 

 

Ciri dari teks negosiasi 

Komponen & Struktur Teks Negosiasi  1

Kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan teks negosiasi dan juga negosiasi itu sendiri. Selain kita membahas mengenai teks negosiasi, maka kita akan membahas mengenai ciri dari teks negosiasi. Teks yang digunakan untuk pelaporan ada banyak sekali jenisnya. Masing-masing jenis sudah pasti memiliki perbedaan sendiri-sendiri. 

  • Pada teks negosiasi ini ciri yang dimilikinya antara lain adalah :
  • Berupa dokumen yang digunakan untuk menghasilkan kesepakatan bersama. Kesepakatan ini dapat dicapai jika kedua pihak saling diuntungkan dengan kerja sama tersebut. 
  • Tujuan dari teks negosiasi ini adalah untuk membuat kegiatan usaha dan kerja sama menjadi lebih praktis 
  • Memiliki prioritas berupa keuntungan dan kepentingan bersama 
  • Merupakan salah satu teks yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang muncul dalam sebuah kerja sama sehingga jika terjadi masalah dalam lingkup kerja sama dapat diselesaikan dengan baik. 

Untuk membuat teks negosiasi dengan baik dan menguntungkan kedua pihak, maka selain hasil dari negosiasi sendiri harus diperhatikan juga mengenai beberapa hal penting seperti struktur teks negosiasi dan kaidah bahasa sehingga nantinya teks negosiasi tidak akan diputarbalikkan dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

 

Baca juga  4 Alasan yang Bikin Orang Baru Di Dunia Bisnis Sering Gagal

Bahasa terbaik untuk teks negosiasi 

Bahasa merupakan salah satu aspek yang sangat penting ketika Anda akan membuat atau menyusun sebuah teks negosiasi. Hal ini disebabkan karena masalah kebahasaan bisa menjadi salah satu hal yang membingungkan dalam sebuah negosiasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tahu bagaimana sesungguhnya sebuah teks negosiasi harus dibuat. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah ulasannya. 

  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal yang santun
  • Jenis kalimat yang digunakan adalah sebuah ungkapan yang memiliki sifat persuasif sehingga memunculkan keinginan dari pihak kedua untuk melakukan kerja sama sesuai dengan negosiasi yang dilakukan 
  • Memiliki fokus pada kedua belah pihak, dari segi keuntungan dan merupakan gambaran bahwa tidak ada pihak yang dirugikan dalam negosiasi tersebut. 
  • Memiliki sifat memenuhi perintah atau memberikan perintah 
  • Didasari argumen dan fakta yang kuat 
  • Meminta alasan mengapa negosiasi diterima atau tidak 

 

Baca juga  Mau Tahu Udah Siap Bisnis Atau Belum? Kenali 4 Tanda Ini!

Komponen penyusun teks negosiasi 

Dari penuturan di atas, kita jadi tahu mengenai tata bahasa yang boleh dilakukan dalam sebuah negosiasi. Pada dasarnya sebuah teks negosiasi ini dibuat dengan menggunakan 3 komponen utama yaitu :

  • Pembuka atau orientasi 
  • Bagian isi 
  • Bagian penutup 

Komponen ini memang merupakan komponen utama dalam pembuatan setiap laporan, surat, teks atau dokumen lainnya. Hanya saja pada teks negosiasi ini bagian-bagian isi akan disesuaikan dengan tujuan dari negosiasi yang akan dilakukan. Contohnya ketika Anda akan membuat sebuah teks negosiasi guna melancarkan negosiasi pembelian dan penjualan, maka bagian isi akan dilengkapi dengan keterangan :

  • Bagian permintaan 
  • Bagian pemenuhan 
  • Bagian penawaran
  • Bagian persetujuan 
  • Bagian pembelian 

Untuk melancarkan negosiasi tersebut. Isi dari teks negosiasi ini bisa berubah sesuai dengan kegunaan negosiasi, seperti negosiasi penyelesaian masalah atau negosiasi kerja sama. 

Demikian sudah kami ulas mengenai teks negosiasi dan bagaimana komponen pembuatannya. Semoga informasi mengenai struktur teks negosiasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk melancarkan upaya negosiasi yang Anda akan lakukan pada pihak yang berkepentingan. 

Komponen & Struktur Teks Negosiasi  2

Baca juga  Contoh Laporan PKL - Ketentuan dan Cara Pembuatan Laporan PKL

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan