Budaya   

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu

5 menit


10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 1

Pernahkah kamu mendengar atau melihat hewan menjadi terdakwa di pengadilan ? atau mungkin beberapa hewan yang bisa lahir dengan sendirinya ? itu semua mungkin kamu langsung berpikir bahwa itu adalah hal yang konyol yang bisa dipercaya. Tetapi pada jaman dulu, orang – orang mempercayai mitos – mitos yang di luar akal sehat kita. Jika kamu hidup di jaman mereka, kedua pernyataan di atas bisa saja adalah hal yang benar. Dan jika kamu tidak percaya tau menentang kedua hal tersebut bisa saja kamu dianggap sebagai orang aneh pada jaman tersebut. Lalu apa saja mitos aneh tersebut ? Yuk simak berikut ini 10 mitos gila yang dipercaya ada oleh orang – orang pada jaman dulu seperti dilansir dari selipan.com.

1. Ada Manusia Kecil di Dalam Sperma

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 3

Pada jaman dulu, orang – orang mempercayai bahwa kalau setiap bayi sudah terbentuk dan ada di dalam sperma. Sementara wanita dianggap sebagai tempat di mana bayi tumbuh besar menjadi dewasa. Kemudian ada beberapa teori yang muncul dan mengatakan bahwa asal usul kehidupan ada di suatu tempat di tubuh wanita, dan tugas sperma pria adalah untuk menghidupkannya. Kedua teori itu kemudian menjadi hal yang berlawanan dengan ilmu pengetahuan di zaman modern saat ini.

2. Titivillus

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 4

Pada jaman dulu, tugas dari para biksu atau biarawan adalah menulis ulang ratusan buku secara manual. Karena itulah mereka biasa disebut sebagai mesin cetak. Jadi, kemungkinan mereka tidak akan melakukan kesalahan dalam penulisan akan sangat sedikit. Terkadang, para biksu dan biarawan ini tidak mau mengakui kesalahan mereka yang telah di perbuat, karena itu munculah sebuah cerita mengenai setan Titivillus. Orang – orang pada jaman dulu mempercayai setan tersebut akan mengumpulkan setiap kesalahan biksu atau biarawan ke dalam karung. Setelah mereka meninggal dunia, setan itu akan menunjukkan kesalahan – kesalahan yang telah mereka lakukan dan memperkecil kemungkinan untuk mereka bisa masuk surga.

Baca juga  10 Mitos Kesehatan Yang Banyak Dipercaya

3. Hewan Bisa Menjadi Terdakwa di Pengadilan

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 5

Jaman dulu, hewan bisa tergolong sebagai penjahat. Mereka akan dibawa ke pengadilan dengan pengacara dan hakim sungguhan. Kalau terbukti bersalah, hewan – hewan ini bisa dijatuhi hukuman penjara atau dihukum mati.

Menurut cerita di Lausanne, sekelompok ulat dipanggil ke pengadilan karena mereka telah memakan beberapa tanaman di kebun milik orang. Tetapi, para sekelompok ulat tersebut tidak datang ke pengadilan dan pada akhirnya mereka diperintahkan untuk meninggalkan kota dan dikucilkan.

Selain itu, seekor kucing sangat sering dieksekusi mati karena mereka dianggap melakukan pekerjaan setan. Hal ini menyebabkan penurunan populasi kucing yang begitu besar. Hal itu membuat ada banyak hewan pengerat yang menyebarkan wabah penyakit di seluruh Eropa. Mendengar semua mitos ini apakah saat ini yang penjahat itu kucing atau tikus ya ?

4. Darah Gladiator Bisa Menyembuhkan Penyakit Epilepsi

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 6

Gladiator Romawi kuno biasa melakukan ritual pengorbanan darah sebelum bertarung. Tujuannya adalah untuk meminta kekuatan agar menjadi kuat saat mereka bertarrung. Para Gladiator meminta pertolongan kepada para Dewa, Itulah sebabnya orang-orang Romawi percaya bahwa darah para gladiator memiliki kekuatan yang luar biasa.

Seorang penulis kuno yaitu Pliny the Elder pernah mendokumentasikan hal ini bahwa “Pasien epilepsi atau yang biasa kita tahu dengan penyakit ayan ini terbiasa minum darah yaitu darah dari gladiator. Karena mereka percaya darah tersebut bisa menjadi obat yang paling efektif untuk penyakit epilepsi tersebut”.

Baca juga  Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

5. Penyihir Menyimpan Alat Kelamin Pria Sebagai Hewan Peliharaan

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 7

Dalam pesan kuno yang terkenal yaitu Malleus Maleficarum, dikatakan bahwa para penyihir mencuri alat kelamin pria. Mereka berkomunikasi dengan alat kelamin tersebut seolah Рolah sedang berbicara layakanya seperti hewan peliharaan. Alat kelamin tersebut juga beri tempat khusus di sarang dan diberi makan. Yang lebih mengejutkan lagi adalah fakta dari cerita ini sebenarnya didasarkan pada penyakit yang disebut koro syndrome, di mana pasien akan tiba Рtiba  merasa beberapa organ tubuhnya hilang tanpa disadari. Masyarakat pad jaman dulu lebih percaya kalau itu adalah ulah para penyihir.

6. Hewan Lahir Dengan Sendirinya

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 8

Pada jaman dulu juga orang-orang sempat berpikir bahwa jamur, cacing, dan serangga bisa muncul dengan sendirinya, tidak tahu itu dari udara, sampah, kotoran, atau debu. Karena tingkat pemahaman mereka tentang perkembangan biologis ini adalah hanya satu – satunya penjelasan yang dapat mereka pahami dan simpulkan. Dan lebih anehnya lagi adalah orang – orang pada jaman dulu juga mempercayai hewan tikus dilahirkan dengan sendirinya, walaupun sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui bagaimana tikus itu sendiri lahir.

7. Lebah Adalah Burung

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 9

Pengetahuan jaman dulu mengenai hewan bisa sangatlah unik dan mungkin beberapa dari kita akan menganggap itu adalah hal yang lucu dan konyol. Seperti seeokor lebah yang dianggap sebagai burung kecil. Lebah atau burung ini tidak hanya menghasilkan madu, tetapi juga sering melawan dan menyerang sarang dari lebah lainnya. Konon, jika seekor lebah tersebut melanggar hukum atas sarangnya sendiri, maka lebah itu akan merasa berdosa dan kemudian menyengat dirinya sendiri sampai mati.

8. Berang – Berang Adalah Seekor Ikan

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 10

Uniknya pada jaman dulu terdapat dua pemikiran mengenai hewan berang – berang. Awalnya, berang – berang dianggap sebagai seekor ikan dan dagingnya bisa dimakan saat berpuasa. Lalu, testis atau kelenjar kelamin dari berang – berang tersebut sangat manjur dalam hal pengobatan, sehingga orang – orang pada jaman dulu sering berburu berang – berang. Mereka percaya ketika hewan berang – berang ini menyadari bahwa dia tidak bisa melepaskan diri dari pengejaran para pemburu, dia akan menggigit buah zakarnya sampai putus dan melarikan diri. Mitos ini sebenarnya memiliki asal – usul yang masuk akal untuk di mengerti karena sekresi dari berang – berang sangat berharga untuk pembuatan parfum pada saat ini.

Baca juga  Hal Salah Tentang Senjata Api Yang Sering Muncul di Film

9. Bayi Tidak Bisa Merasakan Sakit

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 11

Teori  pada jaman dulu menyatakan bahwa bayi tidak bisa merasakan sakit memang terdengar seperti hal yang konyol. Tetapi, manusia baru bisa membuktikan kesalahan teori itu sekitar 30 tahun yang lalu. Sebelumnya banyak orang pada jaman itu yang percaya bahwa otak bayi terlalu terbelakang untuk merasakan sakit. Karena itu, pada jaman dulu operasi bayi dilakukan tanpa obat bius. Dan jika bayi itu menangis, orang Рorang akan berpikir bahwa itu adalah perilaku buruk dari bayi tersebut.

10. Kombinasi Dari Nada – Nada Tertentu Bisa Memanggil Setan

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 12

Pada jaman dulu dimana gereja melarang kombinasi untuk bunyi nada – nada tertentu dalam musik. Misalnya seperti interval tritone, yang merupakan 3 nada di antara tangga nada. Menurut mereka, kombinasi tersebut terdengar seperti jahat atau sebagai panggilan setan. Terlebih lagi, jika seseorang ketahuan sedang bermain musik dengan nada Tritone, dia bisa di kirimkan langsung ke dalam penjara.

Itulah beberapa mitos dari orang – orang pada jaman dulu kala, mungkin bagi kamu yang membaca atau pernah mendengar mitos ini pasti merasa bahwa semua itu adalah mitos belaka, namun percaya tidak percaya orang – orang tersebut percaya semua hal tersebut pada jaman saat itu.

10 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Tentang Kehidupan Orang Jaman Dulu 13

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng