5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia

2 menit


49
49 upvote
5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 1

Perayaan Cap Go Meh merupakan penanda berakhirnya tahun baru imlek atau perayaan imlek yang merupakan tradisi dari orang tionghoa. Cap Go Meh biasanya dilakukan 15 hari setelah perayaan Imlek. Dan uniknya, kata Cap Go Meh sendiri hanya populer di indonesia, karena di negara lain seperti China, Taiwan, dan Singapura nama perayaan tersebut sangat berbeda. Lalu apa saja yang berbeda dan fakta unik apa saja tentang Cap Go Meh ? Yuk simak di bawah ini.

1. Arti Dari Cap Go Meh

5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 3

Kata Cap Go Meh sendiri berasal dari Bahasa Hokkian yang dimana Cap artinya sepuluh, Go artinya lima, dan Meh artinya malam. Perayaan ini diselenggarakan pada penanggalan 15 kalender China. Namun, di China sendiri nama perayaan ini adalah Yuan Xiao atau Shang Yuan. Lalu di kawasan Barat festival atau perayaan ini disebut dengan Lantern Festival atauFestival Lampion dan Chinese Valentine’s Day yaitu hari Kasih Sayang versi China.

Baca juga  8 Metode Tes Kehamilan Paling Aneh yang Pernah Ada, Mau Coba?

2. Sejarah Cap Go Meh

5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 4

Perayaan Cap Go Meh telah dilakukan sejak 206 Sebelum Masehi, yang dimana menjadi sebuah bentuk penghormatan kepada Tahi Yi yang dianggap sebagai Dewa tertinggi pada waktu Dinasti Han. Saat itu, para biksu harus membawa lentera untuk melakukan ritual. Mereka kemudian menerbangkan lentera tersebut sebagai simbol untuk melepas nasib yang sebelumnya mereka alami sangat buruk dan menyambut nasib baik untuk masa yang akan datang. Karena itu, festival atau perayaan Cap Go Meh ini identik dengan lentera.

Baca juga  7 Kuil Menakjubkan yang Bisa Kamu Kunjungi di Cina

3. Hari Kasih Sayang Versi China

5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 5

Festival Cap Go Meh atau Hari Kasih Sayang versi China karena pada jaman dahulu, perempuan yang belum menikah tidak diperbolehkan untuk meninggalkan rumah seorang diri kecuali pada saat perayaan Cap Go Meh berlangsung. Karena itu, ketika perayaan ini berlangsung menjadi waktunya untuk bersosialisasi dengan semua orang, terutama dengan lawan jenis atau calon pasangan hidup. Menyalakan lentera juga identik sebagai tanda atau harapan akan mendapat kehidupan percintaan yang lebih baik.

4. Akhir Dari Hal Tabu di Perayaan Imlek

5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 6

Saat perayaan Imlek ada banyak hal tabu yang tidak boleh dilakukan atau dibeli oleh mereka saat Imlek berlangsung. Misalnya seperti tidak boleh membeli sepatu, buku, menangis, dan lain sebagainya. Misalnya membeli buku yang dalam bahasa Mandarin adalah shu. Yang artinya adalah kalah dan jika membeli buku, kamu akan dianggap membawa sial sepanjang tahun. Cap Go Meh juga merupakan sebagai penanda bahwa perayaan Imlek akan berakhir, begitu juga dengan hal – hal yang dianggap tabu.

Baca juga  Alasan Kenapa Lathi Dianggap Seram

5. Perayaan Cap Go Meh di Indonesia

5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 7

5 Fakta Unik Cap Go Meh, Istilah Dari Indonesia 8

Perayaan Cap Go Meh di Indonesia memang bisa dikatakan sangat istimewa karena telah berakulturasi dengan budaya setempat. Misalnya seperti di kota Singkawang, terdapat ritual pawai tatung, pembakaran replika naga dan lain sebagainya. Berpindah ke Pulau Jawa, orang Tionghoa merayakannya dengan lontong cap go meh, yang merupakan makanan khas saat perayaan Cap Go Meh.

Itulah ke – 5 fakta unik tentang Cap Go Meh, istilah ini sendiri sangat populer hanya di indonesia saja dan sudah menjadi tradisi orang tionghoa merayakan perayaan Cap Go Meh 15 hari setelah perayaan Imlek. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

49
49 upvote
Rendy Ng

Legend