5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek

2 menit


39
39 upvote
5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 1

Tahun Baru China atau Perayaan Imlek pastinya akan selalu ramai dan ditandai dengan dekorasi dan tradisi yang unik dan meriah. Kita akan melihat lampu lampion yang sudah bertebaran dimana – mana, warna merah emas dan adanya pertunjukkan barongsai serta angpao. Lalu, apa arti dan makna dibalik semua simbol imlek yang sering kita jumpai dalam setiap perayaan tahun baru china atau Imlek ini ? Berikut ini penulis akan menjelaskannya ! Yuk simak !

1. Angpao

5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 3

Salah satu tradisi atau ciri khas dalam merayakan tahun baru china atau Imlek ini adalah dengan memberi angpao kepada anak – anak atau orang yang belum menikah. Tradisi ini diartikan dengan harapan supaya penerima angpao dapat dijauhkan dari roh jahat. Selain itu, memberi angpao tidak hanya pada perayaan Imlek saja, tetapi dalam perayaan pernikahan juga dapat memberikan angpao dan tradisi orang tua yang memberikan angpao kepada anak – anaknya yang artinya dimana melanjutkan rejeki mereka untuk anak – anaknya.

Baca juga  SEO, Siapa yang Kita Hadapi? Manusia Atau Bot?

2. Warna Merah dan Emas

5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 4

Warna merah dan emas memang sangat identik dengan perayaan imlek atau tahun baru china. Bagi warga Tionghoa, warna merah merupakan lambang kebahagiaan sedangkan warna emas menandakan lambang keberuntungan. Selain itu,  kedua warna ini juga menandakan bahwa ada pengharapan di tahun yang baru. Semua kesedihan dan kegelapan dipercaya akan hilang dan digantikan dengan kebahagiaan. Warna merah juga sering menjadi simbol kebaikan dan ketulusan hati.

Baca juga  Mengenalkan Sastra Sejak pada Para Pelajar

3. Barongsai

5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 5

Saat perayaan imlek pastinya kita akan selalu dipertemukan dengan tradisi pertunjukan barongsai dan naga. Hal ini mereka lakukan agar mengusir makhluk jata atau nasib buruk yang ada di tahun ini. Dalam Tionghoa, naga juga merupakan simbol dari kekuatan.

4. Pangsit dan Jeruk Mandarin

5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 6

Saat perayaan Imlek, tidak akan lengkap jika tanpa adanya buah jeruk dan pangsit. Makanan tersebut ini melambangkan harapan akan kesehatan yang baik di tahun yang akan datang. Selain itu, buah jeruk dalam tionghoa menandakan adanya keberuntungan, yang dimana setiap perayaan imlek buah jeruk akan menjadi lambang keberuntungan yang selalu menyertai.

Baca juga  8 Metode Tes Kehamilan Paling Aneh yang Pernah Ada, Mau Coba?

5. Lampion

5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 7

5 Makna dan Arti Dibalik Simbol Imlek 8

Salah satu tradisi saat perayaan imlek adalah juga dengan adanya dekorasi lampion di rumah atau ditempat – tempat umum. Makna dari lampion yang jika dinyalakan akan berawarna merah ini juga diartikan dan dilambangkan sebagai penerang hidup, pengharapan, kebersamaan, keberuntungan, rezeki serta kebahagiaan di tahun yang akan mendatang.

Itulah ke – 5 makna dan arti dari simbol imlek. Apakah sekarang kamu sudah mengerti dengan adanya simbol – simbol yang setiap perayaan imlek sering kamu jumpai ini ? Semoga perayaan imlek di tahun ini bisa membawa kita semua ke hidup yang lebih baik lagi dengan kesehatan, keberuntungan serta kebahagiaan yang akan datang. Selamat merayakan tahun baru China 2020! Gong Xi Fat Cai !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

39
39 upvote
Rendy Ng

Legend