Budaya   

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing


8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 1

Jepang telah lama memiliki reputasi sebagai negara yang agak aneh. Seperti minat yang tajam dalam teknologi dan cinta yang aneh telah memberi kesan bahwa Jepang adalah dunia yang sangat berbeda dibandingkan dengan Barat. Sementara reputasi itu sedikit tidak adil, sejumlah kebiasaan dan praktik Jepang dapat benar-benar membingungkan setiap orang asing yang kebetulan bepergian ke Jepang.

Ruang pembuangan

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 3

Banyak negara memiliki undang-undang ketenagakerjaan yang kuat untuk mencegah perusahaan memecat karyawan tanpa alasan kuat. Di Jepang, ini telah menimbulkan masalah bagi perusahaan besar yang ingin menyingkirkan orang-orang tertentu tetapi tidak dapat memecat mereka tanpa membayar pesangon besar.

Solusi yang banyak muncul adalah menggunakan ruang pembuangan. Karyawan dikirim untuk melakukan tugas-tugas yang tidak memiliki tujuan atau pikiran mati rasa dan membosankan. Contoh utamanya adalah meminta staf untuk menatap monitor TV hingga 10 jam sehari.

Perusahaan-perusahaan yang menggunakan taktik ini berharap bahwa orang-orang akan menjadi begitu sedih karena melakukan pekerjaan kasar seperti itu sehingga mereka pada akhirnya akan berhenti. Pengunduran diri secara sukarela berarti bahwa mereka tidak lagi berhak atas pesangon, menghemat uang perusahaan.

Tidak ada petugas kebersihan di sekolah

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 4

Anak-anak terbiasa melihat petugas kebersihan membersihkan dan melaksanakan tugas pemeliharaan di sekolah mereka. Ini adalah pekerjaan yang perlu karena kekacauan anak-anak yang membuatnya.

Tapi itu tidak terjadi di Jepang. Bukannya mempekerjakan seseorang untuk membersihkan sampah orang lain, sekolah mengajar siswa untuk membersihkan diri mereka sendiri. Waktu khusus disediakan bagi anak-anak untuk bekerja bersama membersihkan ruang kelas, menggosok lantai, dan menjaga kamar mandi bersih. Teemasuk juga ketika makan siang. Bukannya ke kantin, siswa makan di kelas mereka sendiri dengan guru mereka dan membagikan makanan sendiri.

Baca juga  Apa yang Dilakukan 4 Artis JAV Ini Setelah Pensiun ?

Idenya adalah bahwa semua ini mengajarkan rasa tanggung jawab dan bekerja bersama – belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri. Meskipun ini jelas merupakan moral yang baik untuk mengajar anak-anak, itu adalah praktik yang tampak benar-benar asing di luar Jepang.

Tidur di tempat kerja

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 5

Terperangkap tidur siang di tempat kerja adalah sesuatu yang umumnya membuatmu dalam kesulitan. Bos mana pun kemungkinan tidak akan senang jika kamu tidur ketika mereka membayarmu untuk melakukan pekerjaan. Namun tindakan ini, yang dikenal sebagai inemuri, sepenuhnya dapat diterima di Jepang.

Adat menyatakan bahwa jika kamu tidur di tempat kerja itu berarti kamu telah bekerja sangat keras sehingga kamu tidak bisa mendapatkan cukup tidur di rumah. Ini mengarahkan pengusaha untuk percaya bahwa pekerja itu kelelahan karena mereka sangat berdedikasi pada pekerjaan mereka.

Praktek ini memiliki konotasi positif yang melekat sehingga beberapa orang bahkan berpura-pura tertidur. Tampaknya mereka tertarik pada sesuatu – penelitian dari NASA telah menunjukkan bahwa tidur siang di tempat kerja dapat membantumu untuk bekerja lebih keras.

Adopsi orang dewasa

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 6

Adopsi dilakukan di seluruh dunia, tetapi saat Amerika Serikat dan Jepang berada di puncak dunia dalam hal tingkat adopsi, tipe adopsi di Jepang sangat berbeda.

Sekitar 98% dari semua adopsi di Jepang melibatkan orang dewasa berusia 20-30 tahun, sebagian besar adalah pria. Jika pemilik bisnis keluarga tidak memiliki putra untuk menjaga nama keluarga tetap hidup, pewaris yang cocok akan dicari dan diadopsi ke dalam keluarga. Kebiasaan ini juga digunakan jika seorang ayah menganggap putranya tidak mampu menjalankan bisnis. Perusahaan seperti Suzuki, Toyota dan Canon telah mempraktikkan apa yang disebut mukoyoshi.

Ini memungkinkan bisnis keluarga untuk bertahan dan berkembang lebih lama dari biasanya. Salah satu contoh adalah hotel Zengoro Hoshi, yang masuk daftar rekor dunia sebagai keluarga tertua yang menjalankan bisnis di dunia selama 1.300 tahun. Itu adalah sebanyak 46 generasi.

Baca juga  5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Ginjal

Hikikomori

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 7

Selama dua dekade terakhir, Jepang telah mengembangkan fenomena unik yang melibatkan para pria muda yang mengunci diri dan menjadi sepenuhnya terisolasi. Agoraphobia terwujud di seluruh dunia dalam banyak budaya yang berbeda, tetapi masalah di Jepang adalah unik karena seberapa besarnya itu.

Begitu lazimnya kondisi itu di mana terdapat fasilitas khusus dan konselor untuk membantu merehabilitasi penderita, yang jumlahnya diperkirakan antara 700 ribu-1 juta orang. Para pria mengunci diri di kamar-kamar kecil dan hampir tidak memiliki kontak dengan dunia luar, bergantung sepenuhnya pada orang tua mereka untuk menyediakan makanan. Kasus-kasus biasanya berlangsung selama beberapa tahun tetapi beberapa terus berlanjut tanpa batas, tetap terisolasi selama lebih dari satu dekade.

Para dokter dan psikiater percaya masalah ini mungkin telah menjadi begitu sering karena budaya dan kebiasaan Jepang. Orang tua bersedia untuk menjaga anak-anak mereka sampai mereka mencapai usia 30 tahun, sementara banyak yang melihat kesendirian sebagai tradisi yang berharga.

Hotel kapsul

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 8

Pernahkah kamu menginginkan tempat tidur saat bepergian tetapi tidak memerlukan semua fasilitas yang diberikan? Jika kamu tidak akan menggunakannya maka itu bisa terlihat seperti buang-buang uang.

Jepang telah memberikan jawaban bagi mereka yang mencari tempat tidur untuk malam itu. Hotel kapsul persis seperti apa kedengarannya – kamar yang cukup besar untuk muat hanya tempat tidur dan mungkin televisi kecil. Kapsul tersusun bertingkat dua seperti loker tinggi, seringkali dilengkapi Wi-Fi dan hanya berharga sekitar $ 15 hingga $ 30 per malam.

Mesin penjual otomatis, bar makanan ringan, dan kamar mandi adalah fasilitas umum bersama untuk menghemat ruang. Hal ini memungkinkan hotel memiliki hingga 700 kapsul hanya di area kecil. Sebagian besar fasilitas ini hanya diperuntukkan untuk pria, meskipun beberapa pilihan memang menawarkan lantai terpisah untuk wanita.

Baca juga  5 Fakta Tentang Hari Valentine Yang Perlu Kamu Ketahui

Bedah kosmetik untuk gigi

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 9

Di seluruh dunia, memiliki gigi yang tidak lurus sempurna sering dianggap sebagai tanda ketidaksempurnaan. Anak-anak dianjurkan memiliki kawat gigi yang pas untuk memperbaiki gigi yang tidak selaras. Namun, selama beberapa tahun terakhir di Jepang, kegemaran baru telah tumbuh di mana orang melakukan hal yang sebaliknya. Banyak wanita dan anak perempuan menjalani operasi kosmetik pada gigi mereka untuk membuat mereka sengaja tidak sempurna.

Prosedur ini melibatkan pembatasan gigi taring sehingga terlihat lebih seperti taring daripada normal. Ini adalah sesuatu yang terjadi secara alami ketika gigi geraham berkerumun, mendorong gigi taring keluar. Gaya yang seharusnya terlihat muda tetapi telah banyak dibantu oleh selebriti dan bintang pop yang menjalani prosedur ini. Biayanya sekitar $ 400 untuk mengganti gigi, dan klinik gigi juga menawarkan versi sementara yang bisa dicabut oleh pasien.

Tidak ada pemberian uang tip

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 10

Memberi tip adalah praktik yang umumnya terjadi, meskipun terkadang bisa menjadi subjek kontroversial, terutama mengenai siapa yang harus diberi tip dan berapa banyak yang harus mereka dapatkan. pemberian tip dalam berbagai bentuk terjadi di sebagian besar dunia.

Di Jepang, pemberian tip hampir tidak ada. Pelayan, pekerja hotel, supir taksi, dan lainnya tidak berharap mendapat tip sama sekali. Bahkan, banyak orang akan menganggap itu tidak sopan untuk mencoba memberi mereka uang tunai ekstra. Bahkan ada laporan tentang pekerja yang mengejar turis karena meninggalkan tip untuk mengembalikan uang mereka. Beberapa bisnis pariwisata akan menerima tip, tetapi sebagian besar perusahaan dan bisnis di Jepang tidak akan mengharapkan siapa pun untuk menawarkan uang kepada mereka untuk layanan yang baik, karena mereka percaya itu harus menjadi bagian dari harga yang kamu bayar.

Mungkin beberapa hal itulah yang membuat Jepang menjadi unik.

8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing 11


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado