Budaya   

Membedah Keunikan Kerajinan Kain Tenun Indonesia


Membedah Keunikan Kerajinan Kain Tenun Indonesia 1

Tenun tidak hanya sekedar produk fashion, tapi juga merupakan seni tradisional warisan dari nenek moyang yang sarat akan simbol dan makna serta menggambarkan perjalanan penduduk yang tinggal di Kepulauan Nusantara. Tidak heran jika terdapat keunikan kerajinan kain tenundibalik keindahan yang ditampilkannya.

Itu sebabnya, jika Anda berkesempatan menikmati wisata budaya dengan mengunjungi tempat-tempat atau desa-desa penghasil tenun yang sebagian masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin tenun, jangan hanya memperhatikan sepintas lalu produk tenun yang mereka hasilkan.

Tapi amati juga proses pembuatannya yang menggunakan peralatan tradisional, detail dari hasil karya mereka, sejarah berkembangnya tenun di wilayah mereka,dan sebagainya. Maka akan dijumpai sejumlah keunikan yang menyertai keberadaan kain tenun tersebut.

Berikut beberapa keunikan kerajinan kain tenun di Indonesia yang perlu untuk diketahui.

Sederhana Namun Sarat Makna

Membedah Keunikan Kerajinan Kain Tenun Indonesia 3

Meski tidak mudah namun prinsip kerja dari pembuatan kain tenun cukup sederhana, yaitu menggabungkan benang dengan pola melintang dan memanjang. Dalam prosesnya pengrajin akan membuat pola persilangan antara benang lusi dan pakan yang dilakukan secara bergantian.

Meski memiliki prinsip kerja yang sederhana, namun seni tenun memiliki hubungan yang erat dengan lingkungan alam, kepercayaan, budaya, sistem pengetahuan serta sistem organisasi sosial kemasyarakatan.

Beragamnya kultur sosial antara masyarakat yang tinggal di satu daerah dengan daerah lain itulah yang membuat kain tenun yang dihasilkan di masing-masing daerah memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Disinilahkeunikan kerajinan kain tenun karena menjadi representasi dari budaya masyarakat yang memproduksinya.

 

Terbuat dari Berbagai Jenis Bahan

Produk fashion yang dikenal banyak orang menggunakan bahan-bahan konvensional, seperti benang kapas, wol atau sutera, dan setiap produk dipastikan menggunakan bahan yang sama. Maksudnya, jika sepotong pakaian menggunakan bahan benang kapas maka keseluruhan yang ada pada pakaian tersebut berbahan benang kapas.

Keunikan kerajinan kain tenun yang membuatnya berbeda dari produk fashion yang lain adalah dari sisi bahan yang dalam selembar kain tenun bisa terdiri atas lebih dari satu bahan. Menjadi menarik lagi karena beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat kain tenun tidak ditemui di daerah atau negara lain, seperti serat pandan, serat nanas atau serat kayu dari jenis pohon-pohon endemik yang hanya tumbuh di daerah penghasil kain tenun tersebut.

Membedah Keunikan Kerajinan Kain Tenun Indonesia 4

Memiliki Banyak Fungsi

Keunikan kerajinan kain tenunlainnya adalah dari fungsi kain yang dihasilkan. Meskipun merupakan produk fashion, namun kain tenun tidak hanya sekedar untuk dipakai dan penghias badan. Terdapat fungsi lain dari kain tenun yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah lainnya, sesuai dengan adat dan budaya yang berkembang di daerah tersebut.

Beberapa daerah mengharuskan warganya untuk memberi hadiah kain tenun pada keluarga atau tamu di hari-hari tertentu, seperti menyertakan kain tenun pada hantaran pengantin, menghadiahkan kain tenun pada ibu yang barau melahirkan, memberi hadiah kepada kain tenun kepada keluarga yang sedang berduka karena ditinggal mati oleh salah satu anggota keluarganya, dan sebagainya.

Diakui Dunia

Sama halnya dengan batik, keunikan kerajinan kain tenun mendapat perhatian dan diakui dunia sebagai produk yang memiliki cita rasa seni tinggi sehingga banyak selebriti dan tokoh-tokoh dunia yang mengenakan tenun.

Tidak heran jika desainer mancanegarapun memasukkan tenun dalam lini produksi mereka, seperti Gucci dan Burberry yang merupakan rumah mode internasional, pernah mengeluarkan koleksi desain mereka dengan menggunakan kain tenun sebagai bahannya.

Bahkan, kain tenun sempat diusulkan oleh pemerintah ke UNESCO untuk ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia. Usulan tersebut memang masih belum memperoleh tanggapan hingga sekarang, namun masyarakat Indonesia wajib berbangga memiliki kain tenun dan berusaha untuk melestarikannya, karena tenun merupakan produk homemade yang keindahannya telah diakui dunia.

Membedah Keunikan Kerajinan Kain Tenun Indonesia 5

Memiliki Potensi Besar di Bidang Perekonomian

Keunikan kerajinan kain tenun lainnya adalah potensinya yang besar dalam bidang perekonomian. Jangan mengira industri fashion hanya bergantung pada keberadaan pabrik-pabrik tekstil saja, karena potensi penghasil fashion tradisional jika diberdayakan secara maksimal akan dapat mendongkrak perekonomian, baik tingkat perekonomian para pengrajin itu sendiri maupun perekonomian nasional.

Potensi tersebut dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang bekerja sebagai pengrajin kain tenun, baik dijadikan sebagai pekerjaan pokok maupun pekerjaan sampingan. Di Indonesia tercatat sebanyak 29 provinsi yang memiliki kerajinan tenun khas masing-masing.

Di setiap provinsi terdapat beberapa kabupaten yang menjadi penghasil kain tenun dan di setiap kabupaten terdapat beberapa wilayah yang menghasilkan tenun. Sementara di setiap wilayah terdapat belasan, puluhan hingga ratusan orang pengrajin tenun.

Meski hingga kini belum pernah dilakukan survey untuk mengetahui berapa banyak jumlah pengrajin tenun di Indonesia, namun dengan melihat penyebaran jumlah pengrajin tenun di 29 provinsi di Indonesia bisa dipastikan bila jumlah mereka mencapai puluhan ribu orang.

Bisa dibayangkan, andaikata kain tenun semakin populer di dalam negeri dan di dunia yang membuat permintaan pasar terhadap kain tenun semakin meningkat, betapa besar potensi tenun dalam mendongkrak perekonomian nasional.

Itulah keunikan kerajinan kain tenun yang perlu diketahui dan seharusnya membuat kita bangga karena produk fashion tradisional tersebut dihasilkan di Indonesia.(*)

Membedah Keunikan Kerajinan Kain Tenun Indonesia 6

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan