Budaya   

3 Jenis Rumah Adat Maluku


rumah adat maluku

Maluku adalah salah satu wilayah yang ada di Indonesia dan masih menjadi salah satu bagian dari negeri Indonesia yang kaya akan keragaman budayanya. Salah satu budaya Maluku yang tidak boleh kita lupakan dan tinggalkan adalah rumah adat maluku yang kini masih banyak yang berdiri secara kokoh. Ada 3 jenis rumah adat di Maluku yang akan kita bahas di bawah ini:

Rumah Adat Maluku Hibualamo

3 Jenis Rumah Adat Maluku 1

Jenis rumah adat maluku yang pertama adalah Rumah Adat Hibualamo. Rumah adat yang satu ini memiliki arti di dalam namanya di mana Hibualamo bisa dipecah menjadi dua kata utama yaitu hibua yang artinya rumah dan lamo artinya besar sehingga bisa dikaitkan sebagai rumah besar. Memang jika dilihat sekilas rumah adat yang satu ini sangat terlihat besar dan cukup mewah.

Jika dilihat dari bentuknya, rumah adat Hibualamo ini memiliki bentuk yang mirip dengan perahu yang mana mencerminkan kehidupan suku di Maluku yaitu Galela dan Tobelo yang mana kebanyakan kebudayaannya merupakan kebudayaan yang berkaitan dengan air arau sebagai pelaut yang sangat berkompeten.

Rumah adat nan unik ini patut dilestarikan apalagi dengan ciri khasnya yang tak pernah pudar dari ingatan siapa saja. Yaitu rumah ini terdiri dari 8 sisi yang mana memiliki 4 pintu utama dan disesuaikan juga dengan mata angin sehingga di mana saja ada pintu.

Bangunan rumah yang satu ini kebanyakan hanya digunakan untuk melakukan pertemuan berbagai jenis suku yang ada di sana. Rumah yang satu ini juga sangat unik karena dalam pembangunannya ternyata memiliki 4 warna yang berbeda dan di dalamnya tersirat suatu hal yaitu merah melambangkan keberanian, kuning melambangkan kejayaan, hitam untuk solidaritas dan putih yang artinya suci dan bersih.

 

Baca juga  5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona

Rumah Adat Maluku Baileo

3 Jenis Rumah Adat Maluku 2

Yang kedua adalah rumah adat Baileo. Rumah adat yang satu ini cukup unik dan menarik perhatian banyak orang pasalnya dibuat dengan model panggung dan tanpa menggunakan dinding sama sekali. Namun di dalam rumahnya diberikan suatu ukiran-ukiran yang memiliki bentuk seperti ada ekor ayam dan diapit oleh dua ekor anjing di kanan dan kirinya.

Rumah adat yang satu ini juga kera dianggap sebagai salah satu rumah penghormatan arwah leluhur yang mana agar bisa masuk dan keluar masuk bangunan itu. Tidak hanya itu saja, konon lantai yang digunakan adalah lantai yang cukup tinggi sehingga roh-roh leluhur bisa menempatkan derajatnya dengan lebih tunggu. 

Namun sekarang menjadi lebih realistis di mana dengan tidak ada dinding dan sekat maka dapat digunakan sebagai tempat musyawarah yang baik di mana tidak ada batas bagi ketua musyawarah dan juga para peserta musyawarah pada saat itu.

 

Baca juga  6 Negara Ini, Peringati Hari Perempuan Internasional Dengan Cara Unik, Perempuan wajib tahu!

Rumah Adat Maluku Sasadu

3 Jenis Rumah Adat Maluku 3

Dan yang terakhir ada Rumah Adat Sasadu yang juga tidak kalah unik dari keduanya. Rumah adat Sasadu ini bisa dibilang mirip dengan Rumah adat Baileoyang mana tidak memiliki dinding sama sekali dan juga merupakan rumah panggung. Rumah yang satu ini sangat terkenal di mana pembangunannya menggunakan berbagai hal di alam seperti kayu, rotan, ijuk, daun kelapa dan lain sebagainya.

Walaupun tidak berdinding, nyatanya rumah adat yang satu ini memberikan enam pintu masuk yang bisa digunakan untuk masuk laki-laki pada dua pintu, perempuan dua pintu, dan tamu juga dua pintu. Tidak hanya itu saja masyarakat Maluku juga menjunjung tinggi tanah air di mana terlihat kain merah dan putih yang dapat digunakan yang diletakkan di dalam rumah.

Rumah Sasadu memiliki atap yang lebih rendah dari langit-langit yang artinya keterbukaan antara setiap orang yang masuk dan menghormati kebudayaan.

Nah, itu tadi beberapa jenis rumah adat maluku yang patut Anda tahu dan juga harus dilestarikan bersama-sama. Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang harus kita jaga selalu. Budaya menjadi kekayaan yang luar biasa dan menjadi identitas dari negara ini dan agar tidak diklaim oleh negara yang lainnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semuanya yang ikut membaca.

3 Jenis Rumah Adat Maluku 4

Baca juga  Mengenal Balap Burung Merpati, Pelestarian Budaya yang Berhadiah Miliaran Rupiah

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan