5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati

3 menit


61
61 upvote
5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 1

Rekomendasi Anime

Diantara banyaknya genre anime yang ada, slice of life menjadi salah satu genre yang paling “bermakna”. Sesuai dengan namanya, slice of life akan lebih berfokus pada penggalan kisah kehidupan yang emosional. Umumnya, anime dengan genre tersebut akan memberikan pesan moral yang berarti setelah menontonnya.

Ada banyak sekali anime slice of life yang telah dirilis dan harus diakui banyak pula yang menyimpan cerita menarik didalamnya. Namun bagi kamu yang mencari judul anime slice of life dengan kisah paling menyayat hati dan tak terlupakan, berikut ini adalah lima rekomendasi teratas dari kami.

5. Anohana

5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 3

Masa kecil bersama-teman-teman merupakan momen yang tak akan pernah terlupakan. Bermain bersama, berbagi cerita, dan membangun markas rahasia merupakan masa lalu yang tak akan pernah dilupakan oleh sekelompok bocah yang tergabung dalam tim “Super Peace Busters”. Namun semua canda dan tawa dalam kelompok persahabatan tersebut kandas seketika, ketika seorang anggotanya yang paling ceria – Menma tewas terperosok kedalam jurang.

Super Peace Busters telah bubar dan semua anggotanya berusaha menjalani hidupnya masing-masing, meski tetap tak akan bisa melupakan apa yang terjadi pada Menma. 5 tahun berlalu, secara tiba-tiba, Menma menampakan dirinya kepada Jintan dan memintanya untuk mengumpulkan para anggota Super Peace Busters demi mewujudkan keinginan terakhirnya yang belum sempat terwujud. Anohana merupakan sebuah anime slice of life yang akan membuat kalian sadar akan indahnya persahabatan.

Baca juga  5 Anime yang Sayangnya Harus Ditunda Karena Pandemi Corona

4. Erased

5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 4

Seumur hidupnya, Satoru Fujinuma menyesal karena di masa lalu, ia tak dapat berbuat apa-apa ketika teman sekelasnya tewas secara misterius. Di usianya yang sudah hampir kepala tiga, tiba-tiba ia mengalami kecelakaan misterius dan membuatnya terlempar kembali ke masa lalu. Ia menyadari bahwa ini merupakan kesempatan keduannya untuk menebus “dosa” masa lalunya.

Satoru yang terlempar ke masa lalu pun kembali dengan wujud anak-anaknya. Namun walaupun demikian ia tetap menyimpan memori dan kemampuan versi dewasanya. Dengan kesempatan kedua tersebut, Satoru kecil berusaha sekuat tenaga untuk menjaga teman-teman tercintanya. Selain punya cerita misteri dengan jalan yang tak terduga, Erased juga menyimpan segudang makna kehidupan yang sangat menyentuh.

3. A Silent Voice

5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 5

5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 6

Waktu tidaklah dapat diputar kembali, segala yang telah terjadi tak dapat terulang kembali, yang bisa dilakukan hanyalah memperbaiki apa yang telah terjadi. Hal tersebutlah yang coba dilakukan oleh Shoya Ishida, kehidupannya berubah drastis setelah di masa lalu, ia pernah membully seorang gadis tuna rungu bernama Shouko Nishimiya. Ishida yang sebelumnya merupakan sosok nakal, ceria, dan jahil, kini berubah menjadi sosok anti sosial yang tak punya teman.

Baca juga  5 Film Bajak Laut Terbaik Sepanjang Masa

Ia menyadari bahwa hal tersebut merupakan “balasan” setelah apa yang sempat dirinya lakukan pada Nishimiya. Bertahun-tahun telah berlalu, dengan ketulusan hati yang murni, Ishida memberanikan diri untuk melakukan apapun demi menebus dosa masa lalunya kepada Nishimiya. Anime yang satu ini benar-benar menggambarkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berubah dan menebus kesalahan.

2. The Grave of Fireflies

5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 7

Apakah kalian melihat betapa indahnya kunang-kunang pada poster The Grave of Fireflies di atas? Namun percaya atau tidak, gambaran kunang-kunang tersebut sebenarnya merupakan hujan bom yang dijatuhkan oleh para tentara Amerika.  The Grave of Fireflies menceritakan kedua kakak beradik Seita dan Setsuko yang berjuang untuk bertahan hidup ditengah gejolak perang dunia kedua.

Ibu mereka berdua tewas secara mengenaskan setelah terkena ledakan bom tentara musuh, sementara sang ayah juga telah tewas di medan perang. Seita sebagai seorang kakak harus memikul tanggung jawab dan menjaga sang adik tercintanya apapun yang terjadi. Perjuangan kakak beradik dalam menjalani kehidupan yang keras ini dijamin akan membuat hatimu tersayat-sayat.

Baca juga  10 Makhluk Star Wars yang Memiliki Keterampilan Force-Sensitif

1. Maquia: When the Promised Flower Blooms

5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati 8

Apa jadinya bila seseorang merupakan Imortal atau tidak bisa mati? Maquia merupakan keturunan bangsa Lorph, ia tidak bisa menua dan mati karena usia. Suatu hari, bangsa Lorph dihancurkan dan memaksa Maquia melarikan diri, di tengah pelariannya tersebut ia menemukan seorang bayi manusia yang selamat dari peperangan.

Maquia yang merasa telah tak memiliki apapun memutuskan untuk merawat bayi tersebut dan memulai lembaran baru hidupnya. Maquia tentu mengetahui konsekuensinya sebagai bangsa Lorph yang immortal, bila suatu saat, cepat atau lambat hubungannya dengan anak angkatnya tersebut akan terpisah oleh kematian. Film ini benar-benar memberikan gambaran nyata ikatan kuat antar ibu dan anak yang tak akan pudar oleh apapun.

Itulah kelima anime slice of life dengan kisah paling menyayat hati, sebelum menontonnya jangan lupa untuk menyediakan tissue ya!


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

61
61 upvote
Jonathan Poernama

Legend