5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton

4 menit


58
58 upvote
5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 1

Makoto Shinkai memang selalu menghadirkan anime dengan kisah yang berhasil menyayat hati siapa saja yang menontonnya. Bukan hanya itu saja, Makoto Shinkai sering mendapatkan prestasi salah satunya saat Your Name (Kimi no Na wa) menjadi film anime terlaris kelima dalam sejarah industri anime di Jepang.

Pria kelahiran 9 Februari 1973 itu telah menghasilkan banyak karya seperti Kimi No Na Wa, 5 Centimeters per Second, dan The Garden of Words. Tak heran jika Shinkai memiliki banyak penggemar yang menunggu karya-karya selanjutnya, kalau kamu salah satu penggemarnya berikut daftar Anime karya Makoto Shinkai yang wajib kamu tonton.

Kimi No Na Wa (Your Name)

5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 3

Kimi no Na wa merupakan salah satu anime terlaris dalam sejarah Jepang yang meraup pendapatan lebih dari 15,4 miliar yen atau setara 148 juta dollar AS setelah 52 hari penayangannya. Selain itu, tiker Your Name berhasil terjual sejumlah lebih dari 12 juta tiket.

Your Name sendiri menceritakan tentang dua insan yang tidak saling mengenal, namun terdapat keanehan yang terjadi pada mereka berdua. Mitsuha Miyamizu yang merupakan gadis desa memiliki keinginan untuk terlahir sebagai laki-laki tampan disebuah kota, pada akhirnya keinginan tersebut tercapai lewat mimpinya Mitsuha berubah menjadi laki-laki bernama Taki Tachibana.

Sebaliknya, Taki Tachibana juga bermimpi menjadi seorang wanita dengan nama Mitshuha Miyamizu. Karena keanehan tersebutlah mereka mencari kebenaran dan sadar bahwa mereka bukan hanya bermimpi melainkan bertukar jiwa. Hari terus berjalan membuat mereka sepakat untuk mencatat semua yang sudah dilakukan selama bertukar jiwa agar tidak merusak kehidupan satu sama lainnya.

Baca juga  Hal Salah Tentang Senjata Api Yang Sering Muncul di Film

Suatu hari, keanehan tersebut sudah hilang dan membuat mereka tidak lagi bertukar jiwa. Karena timbul perasaan resah dan cinta, mereka berusaha untuk mencari keberadaan satu sama lain.

Apakah mereka akan menemukan satu sama lain? fenomena bagaimana yang membuat mereka dapat bertukar jiwa? bagi kamu yang penasaran dengan pejalanan Taki Tachibana dalam menemukan Mishuha Miyamuzi bisa langsung saksikan salah satu karya terbaik dari Makato Shinkai tersebut.

 

Byousoku Go Senchimetoru (5 Centimeters per Second)

5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 4

Tidak kalah dengan Kimi no Na wa, salah satu karya Makoto Shinkai berjudul Byosoku Go Senchimetoru atau 5 Centimeters per Second dapat menyayat hati penontonnya.

5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 5

Film anime tersebut bercerita tentang dua orang sahabat bernama Takani Tono dan Akari Shinohara yang bersekolah disebuah sekolah dasar. Berbeda dengan teman-temannya, mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama di perpustaan sekolah mereka. Seiring berjalannya waktu, hadir rasa suka dan cinta yang tumbuh diantara mereka berdua.

Sayangnya saat lulus dari sekolah dasar, Akari Shinohara pindah ke Tochigi mengikuti kedua orang tuanya. Hal tersebut membuat Akari jauh dari Takaki Tono yang lanjut tidak jauh dari daerah mereka sekolah dasar dulu. Tidak sampai disitu, ternyata Takaki juga harus pindah ke Kagoshima yang membuat jarak mereka semakin berjauhan.

Seperti dua orang yang saling mencintai, mereka berharap agar dapat bertemu satu sama lain. Akhirnya Takaki memutuskan untuk pergi menemui Akari Shinohara di Tochigi dengan menggunakan kereta. Apakah Takaki dapat menemukan Akari Shinohara? bagaimana pertemuan mereka kelanjutannya setelah mereka berdua bertemu?

 

Tenki No Ko (Weathering With You)

5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 6

Tenki No Ko atau Weathering With You mengisahkan tentang pemuda bernama Hodoka yang kabur dari rumahnya yang berada didaerah terpencil Shikoku, Jepang. Hodoka memutuskan untuk pergi ke Tokyo, Jepang dengan bermodalkan tekad dan keinginan. Ditengah perjalanan, dirinya bertemu dengan seorang pria bernama Keisuke yang menawarkan bantuan kepada Hodoka.

Baca juga  10 Pertarungan Terbaik di Anime Naruto Sepanjang Masa

Sesampainya di Tokyo, Hodoka mendapatkan banyak kesulitan mulai dari kehabisan uang, tidak punya tempat tinggal, tidak memiliki saudara yang bisa diandalkan, dan kebingungan. Karena terdesak dengan kesulitan yang dialaminya, Hodoka memutuskan untuk menghubungi Keisuke yang ia temui dikapal saat perjalanan menuju Tokyo.

Akhirnya setelah Hodoka meminta bantuan kepada Keisuke, ia ditawari sebuah pekerjaan menjadi penulis di majalan lokal milik Keisuke. Hodoka pun setuju dengan tawaran itu dan mulai membahas supernatural dan hal-hal aneh yang terjadi didunia. Tidak lama setelahnya Hodoka mendengar cerita bahwa terdapat seorang gadis yang memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan dan membuat langit menjadi cerah.

Akhirnya ia memutuskan untuk mencari tahu keberanaran dari kisah tersebut, pencarian itu membawa Hodoka bertemu dengan Hina Amano yang ternyata memiliki kekuatan untuk mengubah dan mengendalikan cuaca.

 

Kotonoha No Niwa (The Garden of Words)

5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 7

Setiap orang pasti memiliki mimpi, namun kadang kala mimpi seorang anak berusia dibawah 15 tahun hanya dianggap sebagai impian yang kapan saja bisa berubah bahkan tidak tercapai. Mungkin hal tersebutlah yang sedang dialami oleh Takao Azizuki yang bermimpi menjadi seorang pembuat sepatu, ia memiliki hobi mendesain dan membuat sepatu.

Karena saat itu sedang musim hujan, Takao Azizuki sering membolos sekolah dan pergi kesebuah taman lalu menghabiskan waktu untuk melakukan hobinya yaitu merancang sepatu. Suatu hari, ia bertemu dengan wanita bernama Yukino, seorang wanita berumur 27 tahun dengan pakaian kantoran dan mungkin bisa mendukung Takao Azizuki dalam mengejar impiannya.

Baca juga  5 Anime Terbaik Berkonsep Perjalanan Waktu

Sejak pertemuan pertama itulah, mereka sering bertemu ditaman tanpa direncanakan. Seiring banyaknya mereka sering bertemu, mereka mulai berkenalan, bertukar nama, dan berbincang tentang kehidupan mereka berdua.

 

Hoshi Wo Ou Kodomo (Children Who Chase Lost Voices)

5 Daftar Anime Karya Makoto Shinkai Yang Wajib Ditonton 8

Saat kehilangan salah satu anggota keluarga, mungkin suasana yang terdapat dikeluarga tersebut tidak lagi sehangat dulu. Itulah yang dirasakan oleh gadis bernama Asuna semenjak kematian ayahnya, ia lebih sering menyendiri untuk menghilangkan rasa sedih yang didalam dirinya.

Ibunya Asuna sibuk dengan pekerjannya yang dilakukan untuk membiayai hidup Asuna, oleh karena itu Asuna merasa sangat kesepian. Untuk menghilangkan rasa sepi tersebut, ia sering pergi dan menyendiri diatas bukit. Disana Asuna ditemani oleh Mimi, seekor kucing yang ia temukan dibukit tersebut.

Sebelum kematian ayahnya, Asuna diberikan sebuah kepingan kristal yang dapat membawanya ke dunia lain. Ia bertemu dengan pria bernama Shun yang mengaku berasal dari dunia bernama Agartha, tidak lama setelahnya ia juga bertemu dengan Shin yang merupakan adik dari Shun.

Rasa penasaran Asuna dengan dunia bernama Agartha tersebut akhirnya terobati, setelah ia mendengar penjelasan guru sekolahnya bernama Morisaki yang mengatakan bahwa Agartha adalah nama dunia bawah yang bisa dikatakan sebagai Alam Barzah.

Suatu hari, Asuna bertemu lagi dengan pria yang menyelamatkannya waktu itu, lalu mereka duduk bersama dibukit tempat Asuna Menyendiri. Namun terdapat kejadian mengerikan setelah pertemuan mereka tersebut.

Karena dirinya memiliki kepingan Kristal yang merupakan kunci pembuka gerbang untuk masuk ke dunia Agartha, Asuna terseret antara konflik perebutan kristal tersebut, dan memutuskan untuk pergi ke Agartha bernama Morisaki dengan agenda dan kepentingan masing-masing.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

58
58 upvote
R Setiawan

Legend

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”