5 Film Atheisme Paling Kontroversial

4 menit


38
38 upvote
5 Film Atheisme Paling Kontroversial 1

Isu mengenai agama selalu menjadi topik yang hangat diperbincangkan bahkan tidak jarang menuai kontroversi, terutama mengenai Atheis. Kelompok ini tidak percaya pada konsep Tuhan dan Ketuhanan, serta segala ajarannya. Oleh karena itu, banyak yang tidak setuju dan cukup menentang penganut Atheis ini. Isu yang cukup pelik ini justru diangkat menjadi tema sebuah film dan laris di pasaran dan beberapa memiliki rating cukup tinggi. Penasaran? Yuk cek di sini!

Inherit The Wind

5 Film Atheisme Paling Kontroversial 3

Film ini kali pertama rilis pada tahun 1960 yang merupakan adaptasi dari Broadway dengan judul yang sama. Pengambilan judul ini berasal dari cuplikan ayat Amsal 11:29 dengan makna menuai badai. Sejalan dengan judulnya, cerita yang diusung memang menuai badai perdebatan akibat dari tindakan yang kurang tepat. Alur yang disampaikan kepada penonton adalah kisah nyata di negara bagian Tennesse pada tahun 1925 silam mengenai isu Atheisme dan teori evolusi.

Kasus bermula dari seorang guru ilmu pengetahuan alam yang mengajarkan teori evolusi Darwin di semua sekolah negeri di negara tersebut. Hal ini yang menjadi pemicu cukup pelik dan menyeretnya hingga ke meja hijau. Yang membuat guru ini berakhir di meja hijau karena kota kecil tersebut cukup religius dan harus dihadapkan dengan teori evolusi yang cukup bertentangan. Tidak hanya itu, mereka juga harus berhadapan dengan implikasi terhadap religiusitasnya.

Hal ini membuat dua pengacara berargumentasi mengenai kasus yang pelik ini. Spencer Tracy bertindak sebagai pengacara pembela dengan pendapatnya yang menyelamatkan teori evolusi. Sedangkan Frederich March bertindak sebagai pengacara penuntut yang juga orang religius. Dengan latar belakang tersebut, membuat keduanya memiliki opini dan penguatan yang sama-sama kuat. Yang menarik, keduanya berargumen dengan sangat terhormat tetapi tetap sengit dan menarik.

Baca juga  Pro Kontra Animasi 3D Studio Ghibli Pertama "Aya And The Witch", Bagaimana Tampilannya?

 

The Invention of Lying

5 Film Atheisme Paling Kontroversial 4

Film dengan konsep Atheis yang cukup kontroversi selanjutnya ini menjadi tontonan yang sangat menarik. Ricky Gervais menjad tokoh utama dengan karakter yang cukup sial dengan tinggal di sebuah dunia tanpa kebohongan. Oleh karena itu, semua manusia di film ini tidak mengenal kebohongan. Tokoh bernama Mark ini pada awalnya juga tidak kenal kata bohong, tetapi ia sampai pada kondisi terjepit dan merasa putus asa karena hidup yang tidak adil baginya.

Ia mendadak menjadi sangat sial, mulai dari kisah cintanya yang menyedihkan karena ditolak mentah-mentah oleh seorang gadis. Kemudian disusul dengan ia harus kehilangan pekerjaan sebagai penulis dan tidak lagi memiliki rumah. Pada kondisi ini, ia berbohong dan hanya bisa mengucapkan kebohongan. Bermula ia menipu sebuah bank dengan mengatakan nominal uang yang lebih besar daripada miliknya, lalu kasir bank pun percaya karena tidak ada kata bohong baginya.

Setelah itu, mendadak hidup Mark jadi lebih baik di dalam film Atheisme paling kontroversial ini. Ricky Gervais ini memerankan tokoh yang menjadi penemu kebohongan dan jadi orang pertama yang bisa berbohong. Yang paling parah, ia berbohong sebagai Nabi dan menjadi orang yang menyampaikan firman Tuhan. Laki-laki bertubuh gemuk ini pun mengatakan bahwa ada pribadi yang lebih hebat daripada manusia, yaitu Tuhan. Sejak itu, ia tidak pernah berkata jujur.

 

Titanic

5 Film Atheisme Paling Kontroversial 5

5 Film Atheisme Paling Kontroversial 6

Siapa yang tidak tahu film fenomenal satu ini? Hingga saat ini masih menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan. Mulai dari kisah cinta antara Rose dan Jack hingga teori konspirasi yang mencuat. Banyak orang masih penasaran dengan kisah tenggelamnya kapal megah dan besar yang berlayar dari Southampton ke New York ini. Penumpang kapal ini dibedakan berdasarkan kelas karena harga tiket serta fasilitas yang diperoleh juga berbeda jauh, seperti Rose dan Jack.

Baca juga  5 Film Terbaik Tentang Persahabatan

Kedua tokoh utama ini diceritakan mengalami kisah romansa klasik dengan perbedaan status sosial yang cukup jauh. Setelah melalui berbagai hambatan, keduanya dapat bersama dalam menghadapi badai dan tragedi kapal. Tidak hanya mengusung kisah romantis, film ini juga menceritakan kisah pelayaran pertama sebuah kapal yang baru dirilis. Diliput oleh berbagai media sehingga banyak orang ingin menorehkan prestasi pada pelayaran pertama kapal Titanic ini.

Prestasi bukan hanya yang utama, bahkan beberapa orang menganggap bahwa kapal ini tidak akan tenggelam. Kesombongan ini dibuktikan dengan sedikitnya sekoci dalam Titanic, sehingga tidak banyak penumpang yang dapat diselamatkan. Banyak orang tidak percaya kuasa Tuhan, termasuk untuk menenggelamkan kapal megah yang dibuat dengan piranti pilihan terbaik. Naas, ternyata nasib baik tidak berpihak pada mereka, karena kapal ini tenggelam karena menabrak gunung es.

 

Creation

5 Film Atheisme Paling Kontroversial 7

Film ini mengisahkan Charles Darwin yang hingga saat ini masih menjadi topik hangat dan patut diperbincangkan. Berkat bukunya yang berjudul On the Origin of Species, dan temuannya yang mengatakan bahwa manusia berasal dari satu nenek moyang. Jika ditelusuri asal usul manusia, akan ditemukan satu garis lurus bahwa manusia berevolusi dari simpanse hingga jadi manusia saat ini. Hal inilah yang selalu jadi perdebatan hingga tidak bertemu ujung atau titik temu.

Darwin sangat terkenal dengan teori dan ilmunya, tetapi pada kisah ini justru menceritakan hidupnya. Ia merasa terombang ambing setelah Anne, putri pertamanya meninggal. Atheisme di dalam diri Darwin semakin besar akibat Anne tiada, berbeda dengan istrinya yang semakin religius. Hubungannya dengan istri dan ketiga anaknya juga semakin buruk, mereka justru tidak pernah berbicara. Film ini mengisahkan naik turun dan ide Darwin bahwa hidup dapat diurai dengan ilmu.

Baca juga  5 Film Remaja Tahun 90an yang Gak Bosen Ditonton Ulang

 

Agora

5 Film Atheisme Paling Kontroversial 8

Film ini mengambil latar Romawi Kuno tepatnya pada tahun 391 M dengan konflik yang cukup pelik, yaitu konflik antar umat beragama dan kematian filsuf. Konflik yang terjadi, pertama antara umat Kristiani dengan Pagan yang berujung penghancuran patung dan perpustakaan Alexandria jatuh ke tangan umat Kristen. Lalu konflik lagi dengan umat Yahudi yang berujung pada kemenangan umat Kristen karena Orestes sebagai pemimpin pun sudah tidak punya kekuatan.

Usaha dalam menggulingkan Orestes dari tampuk kepemimpinan karena Cyril ingin menguasai Alexandria secara utuh. Kota kecil ini telah berhasil dikristenisasi termasuk gubernur Orestes. Tokoh film Atheisme paling kontroversial ini memakai cara licik untuk menggulingkan Orestes, yaitu menggunakan wanita yang dicintainya. Hypatia adalah filsuf yang tidak percaya Tuhan, sehingga tidak mau memeluk Kristen. Wanita ini pun berakhir dengan diarak dan dirajam hingga mati.

Kepercayaan atau agama adalah suatu hal yang sensitif untuk diperbincangkan, terutama jika diangkat sebagai topik film. Lima film ini mengambil topik tidak percaya pada Tuhan dan merasa bahwa persoalan manusia dapat diselesaikan dengan ilmu atau nalar. Tidak jarang konsep ini yang membawa tokoh utama pada akhir yang tragis, seperti pada film Creation, Agora, dan The Invention of Lying. Sedangkan pada Touching the Void, tokoh utama harus berusaha sangat keras agar tetap hidup.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

38
38 upvote
Rado

Legend