Film   

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa


5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 1

Bagi pecinta film action pastinya tidak asing dengan Samurai, bukan? Sang prajurit yang membawa pedang katana kemanapun ini, ternyata sudah difilmkan sejak tahun 50-an lalu dan masih banyak diminati hingga saat ini. Perpaduan dari aksi dan teknik sang ahli pedang yang dibumbui air mata, percintaan, hingga darah tertorehkan dalam satu film. Diperankan oleh aktor terkenal dengan aksi keren, berikut daftar film Samurai Jepang terbaik yang wajib kamu tonton.

Seven Samurai (1954)

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 3

Cerita populer ini bermula di sebuah desa miskin yang cukup sederhana, dan mirisnya seringkali dijarah oleh para bandit bersenjata yang selalu merampas hasil panen penduduknya. Mulai merasa geram kejadian perampasan terus berulang, para tetua memberikan saran untuk menyewa Ronin sebagai solusi terbaiknya. Hal ini perlu dilakukan agar desa mereka dapat bertahan dan melangsungkan hidup lebih damai tanpa adanya gangguan.

Berangkat dari saran yang diberikan, empat petani akhirnya pergi ke kota dengan maksud mencari pelindung yang mereka butuhkan. Beruntungnya, di tengah perjalanan mereka memang berhasil menemukan Ronin bernama Kambei Shimada yang diperankan oleh aktor bernama Takashi Shimura. Sayangnya mereka tidak mampu membayar jasa Ronin tersebut dengan uang berlipat, namun setidaknya mereka memberikan fasilitas berupa penginapan serta makan tiga kali setiap hari sebagai gantinya.

Mendengar permintaan dan tawaran tersebut, Kambei menyetujuinya dengan syarat bahwa dirinya membutuhkan enam samurai lain untuk membantu melindungi desanya. Mendengar permintaan tersebut, empat petani ini menyetujui persyaratan yang diberikan. Disinilah dimulai cerita dimana Kambei mulai merekrut 5 orang samurai, serta pelawak pemberani bernama Kikuchiyo (Tohirou Mifune) untuk menjalankan misi yang diberikan kepada mereka.

Dalam perjuangan mempertahankan desa tersebut, terdapat berbagai aksi menarik yang tidak akan membuat penonton kecewa. Berkat akting aktornya yang apik, penerapan teknik pedang yang cukup lihai, visualisasi menarik, serta pengarahan dan kerja keras kru ternyata membuahkan hasil manis. Benar, film satu ini berhasil membawa pulang penghargaan kategori Jussi Award untuk Best Foreign Actor dan Best Foreign Director, Mainichi Film Concours untuk Best Supporting Actor, dan masih banyak penghargaan lainnya.

Baca juga  5 Fakta Film Spencer yang Dibintangi Kristen Stewart

 

Rurouni Kenshin (2012)

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 4

Diangkat dari manga dan serial anime terkenal dengan mana yang sama, Rurouni Kenshin berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia. Film ini mengangkat cerita dari seorang mantan Samurai pembunuh yang memilih pensiun dari hidup gelapnya dan mengambil langkah baru untuk hidup normal bak orang pada umumnya. Dalam perjalanannya tersebut, dirinya tidak sengaja bertemu dengan seorang wanita muda yang mengenalinya sebagai Battosai dan berniat untuk menyerangnya.

Berkat pertemuan tersebut, Kenshin pun tinggal sementara di sebuah dojo yang bahkan hampir tidak memiliki murid. Hidup dengan menyembunyikan identitasnya, membuatnya lebih akrab dengan orang-orang yang berada dekat dengan wanita tersebut. Hingga pada suatu hari, terjadi penyerangan yang memaksanya untuk mencabut pedang katana dari sarungnya yang selama ini selalu dibawanya.

Semua orang cukup terkejut saat melihatnya, mengingat mata pisaunya tampak terbalik dan dianggap sebagai produk gagal. Berkat mata pisau terbalik inilah, diketahui bahwa pedang yang selama ini digunakan memang tidak untuk bertarung seperti pedang kebanyakan. Berawal dari sinilah, perjalanan hidup Kenshin diwarnai dengan perjuangan untuk bisa melindungi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Film action yang banyak dinantikan oleh banyak negara ini, sukses menghibur para penggemarnya. Dibagi menjadi beberapa bagian, penggemarnya pun tidak sabar dengan keseruan cerita pada seri keduanya. Sebab pada serial kedua, merupakan cerita lanjutan dari seri pertamanya dan tentunya masih berpacu pada cerita animenya sendiri. Mampu menghadirkan ketegangan dan dikemas dengan apik, wajar jika Rurouni Kenshin masuk sebagai film Samurai Jepang terbaik.

Baca juga  5 Film dengan Color Grading Menawan

 

Ran (1985)

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 5

Salah satu film lawas yang tidak kalah menarik untuk ditonton yaitu Ran. Dalam film ini menceritakan seorang ayah bernama Hidetora Ichimonji (Tatsuya Nakadai), memutuskan pensiun kemudian bermaksud membagi wilayah kekuasaannya kepada 3 anaknya. Ketiga anaknya ini bernama Taro yang diperankan oleh Akira Terao, Jiro yang diperankan Jinpachi Nezu, serta Daisuke Ryu yang memerankan anak bernama Saburo.

Mendengar maksud dari sang ayah tercinta, Taro dan Jiro langsung menyetujuinya. Namun tidak dengan Saburo, yang justru menolak keras dan bersikukuh bahwa akan lebih baik jika kesatuan yang sudah dibangun tetap dipertahankan. Berkat penolakan pendapat dari satu anaknya, sang ayah merasa dirinya tidak dihargai. Ditambah lagi dengan hasutan kedua anaknya, akhirnya Hidetora mengusir Saburo dari kediamannya.

Melihat apa yang dilakukan oleh ayahnya, Saburo sempat memperingatkan sang ayah agar berhenti mengikuti keputusannya tersebut. Sayangnya peringatan tersebut diabaikan begitu saja, hingga pada akhirnya peringatan tersebut benar terjadi. Kedua anaknya yang setuju akan pembagian wilayah, ternyata telah bersekongkol agar bisa merebut segala hal milik sang ayah tercinta. Alhasil perang pun tidak bisa dicegah, dan hanya Saburo yang dapat menyelamatkan sang ayah dari kekacauan.

 

13 Assassins (2010)

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 6

Mengambil latar belakang pada masa Shogun Tokugawa (1844), film ini berhasil disajikan dengan apik. Cerita bermula dari sekelompok pembunuh bayaran yang dituduh telah membunuh saudara Shogun, yang secara tidak sengaja melahirkan 13 Assassins. Namun siapa sangka, ternyata aksi pembunuhan didalangi oleh orang terdekat Shogun yang kebal dengan hukum. Tidak terima dituduh begitu saja, sang ahli pedang ini pun mengumpulkan para Samurai dengan misi mengungkapkan kebenaran.

Baca juga  12 Manga Romansa Terbaik yang Wajib Kamu Baca

Selama pencarian sang pembunuh, beberapa Samurai ini harus menghadapi berbagai rintangan yang tidak mudah dilalui. Adegan peperangan hebat yang dipadukan dengan koreogafinya, berhasil menciptakan film apik yang wajib ditonton. Berkat kemasan ceritanya yang mantap, membuatnya berhasil meraih berbagai penghargaan, salah satunya Best Cinematography yang diselenggarakan oleh Award of the Japanese Academy.

 

The Twillight Samurai (2002)

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 7

Film ini menceritakan Seibei Iguchi, seorang Samurai yang diperankan oleh Hiroyuki Sanada yang tengah hidup damai bersama kedua putrinya yang bernama Ito (Erina Hashiguchi) serta Kayano (Miki Itou) dan ibunya yang mulai pikun. Mereka hidup di sebuah rumah sederhana dan tengah terjerat hutang karena harus membiayai istrinya yang meninggal akibat TBC. Alhasil dirinya membanting tulang dengan bekerja di gedung milik komisaris di siang hari, dan akan berubah menjadi seorang pengrajin di malam hari.

Hidupnya yang disebut menyedihkan tersebut, membuatnya dijuluki sebagai The Twilight Samurai. Namun secara tidak terduga, dirinya kembali bertemu teman masa kecilnya yang bernama Michinojo Linuma (Mitsuru Fukikoshi) yang ternyata juga bersaudara dengan cinta pertamanya. Sadar akan perbedaan status sosial keduanya, menghadirkan tantangan tersendiri bagi Seibei.

Mendengar kata Samurai, lekat dengan seorang pendekar pedang yang siap menghunus musuhnya dengan tebasan katananya. Keahlian teknik pedang yang ditambah dengan visualisasi baik, berhasil membuat film genre action ini terkenal hingga kancah dunia. Beberapa diantaranya bahkan pernah meraih penghargaan sebagai film terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Dari sekian daftar film yang menceritakan Samurai, film manakah favoritmu hingga saat ini?

5 Film Samurai Jepang Terbaik Sepanjang Masa 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments