Film    , Gaming   

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton


5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 1

Bagi seorang gamers, memainkan game bukanlah sekedar menghabiskan waktu dengan hobi ataupun soal bersenang-senang saja. Sebab untuk pulang menjadi juara, dibutuhkan perjuangan keras tak kenal lelah serta mengorbankan banyak hal. Melalui film bertajuk gamers, masyarakat diperkenalkan bagaimana mereka berusaha keras mewujudkan impiannya. Berikut film tentang gamers yang wajib ditonton bersama dengan temanmu.

Indie Game: The Movie

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 3

Termasuk sebagai film dokumenter yang sayang untuk dilewatkan, Indie Game: The Movie tampaknya bisa menjadi teman menonton di waktu senggang. Sejak terdengar desas desus perilisannya, film garapan James Swirsky dan Lisanne Pajot ini berhasil menyita perhatian masyarakat. Disambut hangat oleh para gamers, bahkan film ini pernah membawa pulang kemenangan World Cinema Documentary Editing Award yang telah dilakukan di Sundance Film Festival 2012 lalu.

Dalam garis besarnya, film ini menceritakan bagaimana kehidupan para developer yang berasal dari 3 game Indie populer yang terdiri dari Phil Fish (Fez), Team Meat (Super Meat Boy), serta Jonathan Blow (Brald). Meski hanya berdurasi 90 menitan, namun sudah cukup menggambarkan realitas kehidupan para developer dengan sangat apik dan terperinci. Penyajiannya sederhana dan mudah dipahami, orang awam sekalipun dapat memahami isi pesannya dalam film.

Bukan hanya dari segi pengemasan maupun alur ceritanya semata, pasalnya penonton dimanjakan dengan perpaduan sinematografi cantik serta musik pendukung yang mantap sehingga tampilan film tampak sempurna. Tidak dibuat sembarangan, namun siapa sangka musiknya merupakan karya seni dari seorang musisi Indie asal Kanada bernama Jim Guthrie. Berkat kerjasama yang baik, wajar jika dokumenter ini layak mendapatkan penghargaan.

Tidak tanggung-tanggung, film populer ini dipercaya mampu mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap para gamers. Pasalnya, tidak banyak pula yang justru tertarik hingga terinspirasi menjadi developer game handal setelah menontonnya. Reaksi setiap orangnya berbeda, namun isi pesan yang ingin disampaikan tampak jelas dan mudah dicerna. Dapat ditonton online, dijamin kamu tidak akan bosan saat melihatnya.

Baca juga  5 Film Jackie Chan Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Film dokumenter satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang tertarik dengan dunia industri video game, menyukai segala hal yang berkaitan dan berbau seni, ataupun masih belum menemukan kegemaran spesifik tampaknya wajib menontonnya. Sedangkan bagi kamu yang memang bekerja di bidang yang berhubungan dengan industri kreatif, diharapkan film ini bisa menjadi motivasi agar bekerja lebih giat dan menghasilkan karya terbaik.

 

Free to Play

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 4

Menceritakan tentang sebuah perjalanan dari tiga orang gamer saat mengikuti turnamen game online tingkat internasional, Free to Play harusnya menjadi tontonan yang menarik. Tidak tanggung-tanggung, bagi mereka yang bertahan hingga akhir akan pulang sebagai juara sekaligus mendapatkan hadiah sebesar $1.000.000 yang tentunya bukanlah angka yang kecil.

Sebelum sampai di puncak kesuksesan, tentu saja mereka harus menghadapi berbagai rintangan setiap harinya. Entah itu tekanan dari keluarga sendiri hingga berbagai keluhan akibat kenyamanan terganggu saat bermain, disajikan dengan apik bak realitas yang sebenarnya. Pesan yang ingin disampaikan pun dikemas sedemikian rupa, dan berhasil mendapatkan respon positif bahkan dari pecinta film dunia.

 

The Smash Brother

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 5

Film tentang gamers yang wajib ditonton selanjutnya, jatuh kepada The Smash Brother. Seri dokumenter yang dibuat oleh East Point Pictures ini, menceritakan perkembangan sebuah komunitas online terbesar bernama Super Smash Bros di Amerika Serikat. Dibumbui kisah-kisah menarik yang masih berkaitan erat dengan turnamen, penonton dibuat tercengang dengan kehadiran game berusia 10 tahun menjadi game utama dalam turnamen game fighting tahun 2013 lalu.

Baca juga  5 Anime Terkocak yang Bisa Bikin Ngakak

Dibawa dengan alur baik dan penghayatan para pemainnya, penonton diajak mendalami bagaimana dunia eSport serta gamer profesional yang sebenarnya. Seakan ingin membuka mata masyarakat agar memandang mereka dengan baik, pasalnya disini penonton akan diperkenalkan bahwa segelintir orang menganggap bermain video game bukanlah sekedar hobi. Sebab ada beberapa diantaranya yang menjadikannya sebagai mata pencaharian.

 

Dota: We, The Community

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 6

Dota adalah salah satu game online populer yang digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan. Apakah kamu salah satu penggemar sekaligus pemain Dota? Untuk mengenal lebih lanjut, tampaknya menonton film bertajuk Dota: We, The Community sebagai solusinya. Pasalnya, film dokumenter ini mengisahkan bagaimana perjalanan game populer ini bisa disenangi oleh banyak orang di seluruh dunia.

Namun siapa sangka jika Dota berawal dari sebuah ide cemerlang dari seorang pembuat costum map yang telah membuat game Warcraft. Dianggap sebagai ide terbaik yang pernah ada, akhirnya ide tersebut terus dikembangkan dan tanpa sadar telah tumbuh pesat dan diminati penggemarnya. Melihat antusias masyarkat yang tinggi, akhirnya ide tersebut diubah menjadi sebuah bisnis yang mendatangkan keuntungan berlipat.

 

Minecraft: The Story of Mojang

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 7

Satu lagi film yang melengkapi cerita tentang gamers, yaitu Minecraft: The Story of Mojang. Dibuat langsung oleh 2 Players Production, film populer satu ini bercerita tentang kisah Mojang atau lebih dikenal sebagai developer yang berasal dari game Indie ternama bernama Minecraft. Tampaknya film ini terinspirasi dari kesuksesan game populernya yang ternyata tidak pernah diduga sebelumnya.

Selama film diputar, penonton akan diajak mengenal lebih jauh dengan sosok dibalik kesuksesan game Minecraft yang dikenal sebagai Markus Notch Persson. Tidak seperti film dokumenter lainnya yang menceritakan bagaimana developer mengerjakan game dari awal, ataupun sekedar menyempatkan diri mengerjakan game setiap pulang bekerja. Sebab isi dari dokumenter ini lebih condong dengan cerita bagaimana pendapat orang lain terhadap game tersebut.

Baca juga  5 Film Shahrukh Khan Terbaik Sepanjang Masa

Bukan hanya itu saja, ternyata disini penonton mendapatkan kesempatan untuk mengetahui siapa orang penting yang berada di industri video game yang mungkin saja kamu mainkan selama ini. Tidak tanggung-tanggung, disini pula muncul sosok dua legenda dalam video game bernama Peter Molyneux dan Tim Schafer. Mereka tampak memberikan pendapat pribadinya terhadap Minecraft.

Lebih uniknya lagi, ternyata film dokumenter buatan 2 Players Production ini dihadirkan dengan dua versi berbeda yaitu versi bajakan serta versi aslinya. Bukan tanpa alasan, tampaknya ide ini lahir dari banyaknya masyarakat yang masih ingin membeli video bajakan dibandingkan membeli yang versi aslinya. Dan sesuai dugaan, versi bajakannya dihadirkan sedikit berbeda dengan versi aslinya agar mereka mau memberikan support dengan cara tepat.

Apabila kamu tertarik dengan cerita lengkapnya sekaligus memberikan support, silahkan beli langsung filmnya di website resminya. Menurut berita yang beredar, 2 Players Production kembali mengejutkan publik dengan menyediakan versi full dari film dokumenter ini di Youtube-nya. Jika keterbatasan dana menjadi alasan utama, tampaknya menonton filmnya langsung bisa menjadi alternatif terbaik.

Bermain game bukanlah sekedar membunuh rasa jenuh, karena gamers akan mengerahkan hati dan pikirannya untuk bisa menjadi juara. Melalui beberapa rekomendasi film yang mengusung konsep seorang gamers, kita dapat mengetahui bagaimana sisi kehidupan terang dan gelap pemain profesional tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan untuk tidak pernah patah semangat untuk mewujudkan impian.

5 Film Terbaik Tentang Gamers yang Wajib Ditonton 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments