Film    , Horor   

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian


5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 1

Industri hiburan merupakan salah satu cabang bisnis yang mungkin tidak akan pernah mati. Salah satunya adalah bidang seni peran. Banyak sekali Film – film dan drama seri yang selalu muncul dan tayang setiap tahunnya. Tak heran dalam setiap produksi film biasanya para crew produksi ini akan benar- benar menyiapkan segalanya dengan matang. Bahkan untuk sebuah film berdurasi 2 jam, dana yang dibutuhkan bisa sangat besar. Ditambah lagi jika kebutuhan pra produksi dan produksi yang memang sangat banyak.

Salah satu film yang membutuhkan banyak sekali dana adalah film horor. Sebab dalam membangun cerita dan jiwa penonton, story telling yang baik harus dipadukan dengan bagian teknis yang memang harus maksimal. Tidak jarang dalam pembuatan film horor banyak sekali hal- hal teknis yang rumit. Misalnya saja dari segi peralatan yang biasanya berguna pada saat pengambilan gambar atau penyesuaian angle. Ditambah kebutuhan make up dan wardrobe yang memang harus sesuai dengan cerita yang telah dibuat. Salah satu negara yang katanya dikenal dengan film nya adalah Korea Selatan.

Namun kebanyakan masyarakat hanya mengetahui kisah- kisah atau film dengan genre romance. Padahal jika kita mau menonton film korea dengan genre lainnya, akan banyak ditemukan film yang terbilang cukup direkomendasikan dengan alur cerita yang bagus dan visual yang maksimal. Salah satu nya tentu saja film horor. Berikut adalah beberapa film horor yang berasal dari korea selatan

Mourning Grave

Cerita ini bermula dari seorang anak indigo bernama In Su, diperankan oleh Kang Ha neul yang memutuskan untuk pindah sekolah ke desa mengikuti pamannya. Hal ini karena ia merasa tidak nyaman tinggal sendiri di kota. Faktor lainnya karena In Su sendiri adalah seorang indigo dan tak jarang mengalami kejadian- kejadian diluar nalar. Sesampainya di desa tempat pamannya tinggal, In Su pun bersekolah di sebuah sekolah yang terkenal dengan sekelompok geng pembully. Hal aneh mulai muncul seiring waktu ia bersekolah disana. Banyak sekali aura negatif yang berhubungan dengan sesosok mahluk halus di sekolah tersebut.

Baca juga  5 Film Bertema Bencana Alam yang Mengerikan

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 3

Tetapi di sekolah tersebut pula In Su bertemu dengan seorang hantu wanita bernama Sae Hee yang diperankan oleh Kim So Eun. Awalnya In Su sama sekali tidak mengetahui siapa nama gadis hantu tersebut hingga sebuah kejadian yang akhirnya membongkar seluruh misteri yang terjadi selama ini.

Rupanya di sekolah tersebut ada sesosok hantu yang berusaha meneror anak- anak sekolah tersebut. tujuannya adalah untuk balas dendam karena kematian dan perilaku pembullyan yang terjadi selama ia masih hidup. Masih banyak kejadian- kejadian mengejutkan yang akan kita temui dalam film tersebut.

 

The Closet

Film horor yang satu ini merupakan perilisan terbaru dari salah satu banyaknya film korea. The Closet dirilis pada tahun 2020, lebih tepatnya pada bulan februari. Kisah dalam film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Yi na yang meghilang dari rumah barunya. Kemudian sang ayah yang bernama Sang Won berusaha mencarinya. Padahal hubungan diantara mereka sedang tidak baik pasca kematian sang istri akibat kecelakaan.

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 4

The Closet sendiri menyajikan sebuah kisah horor klasik yang memang sudah menjadi cerita umum di kalangan masyarakat korea selatan. Namun dalam kisah ini juga diceritakan tentang kisah pengusiran dan hal- hal berbau paranormal layaknya kepercayaan masyarakat asia. Di tambah unsur kisah keluarga yang menjadi satu bagian cerita tersendiri diluar genre horor yang tesaji.

Salah satu yang menjadi perhatian bagi masyarakat adalah kemampuan para artis dalam berakting. Terutama peran Yi Na yang di mainkan oleh Heo Yool. Di usia yang masih dibilang anak-anak, bakatnya dalam berakting patut diacungi jempol. Terlebih karena ia sendiri harus memainkan peran dalam genre film horor dimana ia harus pandai dalam mengatur penjiwaan, ekspresi dan perubahan suasana karakter.

Baca juga  3 Rekomendasi Live Action Terbaik Jepang

 

Gonjiam: Haunted Asylum

Salah satu film horor yang dirilis pada tahun 2018 ini menjadi yang terseram diantara seluruh film horor korea yang pernah ada. Apalagi kisah yang ada dalam film ini dikatakan merupakan adaptasi langsung dari kisah nyata. Lebih tepatnya dari urban legend sebuah rumah sakit paling angker di korea bernama rumah sakit jiwa Gonjiam.

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 5

Kisah menyeramkan yang terjadi disana sangat beragam. mulai dari kisah- kisah penampakan hingga gangguan secara langsung. Biasanya lokasi di rumah sakit ini juga digunakan untuk uji nyali. Rumah sakit ini di bangun pada tahun 1950 an, tetapi resmi ditutup pada tahun 1996 karena suatu hal. Yang menjadi tempat ini terasa semakin menyeramkan adalah pendirian bangunannya yang harus membuka lahan di daerah hutan lebat dan perbukitan.

 

Dont Click

Film ini berhubungan dengan dunia maya. Dalam kisah horor ini di ceritakan tentang sebuah video terkutuk. Video tersebut akan menghantui orang- orang yang menonton tanpa mengikuti peraturan. Kisah ini di mulai dari seorang gadis bernama Jung Mi diperankan oleh Kang Byul yang sangat terobsesi untuk menjadi terkenal melalui dunia maya. Bahkan ia mengupload video- video dirinya agar banyak ditonton oleh para pengguna internet.

Selang beberapa waktu karena kegemarannya berselancar di internet Jung Mi tanpa sengaja menemukan sebuah video yang pada waktu itu sedang ramai diperbincangkan sebagai video kutukan. Jung Mi yang menonton video tersebut ternyata mengalami kejadian mengerikan yaitu dia menghilang secara tiba- tiba.

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 6

Kejadian menghilangnya Jung Mi pun membuat kakaknya yang bernama Se Hee khawatir dan berusaha mencarinya. Bersama dengan kekasihnya yang secara kebetulan bekerja di kepolisian dan tergabung dalam unit kejahatan dunia maya atau Cyber Crime. Pencarian Jung Mi membuat kisah ini dimulai, kejadian- kejadian horor dan janggal banyak terjadi dan membuat Se Hee sedikit ketakutan. Masyarakat korea merespon adanya film Dont Click dengan positif, bahkan menganggapnya sebagai salah satu film menyeramkan yang mengangkat cerita modern.

Baca juga  5 Film Bajak Laut Terbaik Sepanjang Masa

 

The Silenced

Film ini dirilis pada tahun 2015 dan menjadi salah satu film yang laris di korea. Bahkan film ini juga mendapatkan Penghargaan Grand Bell Award for Best Lighting. Tentunya ini juga menjadi bukti bahwa film horor tersebut mempunyai setting dan visual teknik yang baik dan mampu memanjakan mata para penonton. Film ini juga mendapatkan nilai keuntungan yang cukup tinggi hingga 2,5 Juta USD.

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 7

Film The Silenced sendiri berkisah tentang sebuah asrama wanita yang terletak jauh ditengah hutan. Asrama ini adalah sebuah sekolah yang dimana para siswinya selalu bersaing untuk bisa dikirim ke tokyo. Seorang murid pindahan bernama shizuko datang ke sekolah tersebut, namun ia merasa banyak sekali hal aneh dan janggal yang ada di sekolah tersebut. hal yang paling aneh adalah sifat dari murid- murid disekolah ini yang sangat aneh dan sakit.

Lambat laun akhirnya terbongkar bahwa sekolah tersebut rupanya mengirim murid- murid tertentu untuk dijadikan sebagai bagian dari militer jepang. Bahkan beberapa dari mereka dibuat kuat dengan berbagai eksperimen dan percobaan yang tidak manusiawi. Dari sinilah kisah- kisah horor tersebut di mulai.

Itulah tadi beberapa rekomendasi film horor korea yang dapat kalian tonton. Masih banyak film- film horor yang mungkin juga mempunyai cerita menyeramkan. Namun dalam daftar ini di ambil 5 yang paling populer.

5 Rekomendasi Film Horor Korea, Jangan Nonton Sendirian 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments