5 Tips Atur Keuangan Selama Ramadhan, Agar Dompet Tidak Jebol!


Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Segala amalan di bulan ramadhan akan dihitung sebagai amal baik. Bulan ramadhan tahun 2019 akan jatuh pada bulan Mei, tepatnya pada tanggal 6 Mei 2019.

Meskipun bulan yang penuh berkah, terkadang pada bulan ramadhan justru pengeluaran membengkak. Kebutuhan selama bulan ramadhan semakin banyak dan biasanya diiringi dengan kenaikan harga sejumlah harga kebutuhan pokok.

Belum lagi, persiapan menyambut hari raya, kebutuhan membeli pakaian, peralatan sholat, jamuan saat hari raya, dan kebutuhan mudik menjadi kebutuhan yang perlu diperhitungkan. Jika tidak direncanakan mulai sekarang, mungkin kamu akan kaget karena uang di dompet terus menipis.

Nah, agar dompet tak jebol selama bulan puasa, yuk siasati keuanganmu selama bulan ramadhan dengan 5 tips berikut ini, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga  Listrik Sedang Digratiskan! Gimana Sih Cara Ngedapetinnya?

1. Susun rencana keuangan

Sebelum hari raya Idul Fitri tiba, kamu bisa merencanakan keuanganmu mulai sekarang. Catatlah kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan selama bulan puasa dan hari raya. Misalnya untuk kebutuhan berbuka dan sahur, pakaian hari raya serta ongkos mudik.

Berbelanjalah untuk kebutuhan yang diperlukan saja. Tekan segala pengeluaran, terutama pengeluaran yang tidak diperlukan.

Dari situ kamu bisa mengetahui berapa kira-kira jumlah keuangan yang kamu butuhkan selama bulan puasa dan hari raya.

 

2. Manfaatkan diskon selama ramadhan

Selama bulan ramdhan biasanya akan banyak promo yang di tawarkan diberbagai pusat perbelanjaan. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk meminimalisir pengeluaran selama ramadhan.

Saat berbelanja perhatikanlah barang-barang yang menawarkan promo diskon. Jika barang tersebut merupakan kebutuhan selama ramadhan, kamu bisa memanfaatkan promo tersebut untuk mengurangi pengeluaran. Ingat jangan kalap mata yah saat berbelanja!

Baca juga  Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

 

3. Bawa menu berbuka dari rumah

Jika kamu seorang pekerja atau sedang lembur kerja dan tidak sempat berbuka di rumah. Ada baiknya kamu membawa bekal berbuka puasa dari rumah. Cara ini bisa menghemat pengeluaran selama ramadhan.

Membawa menu berbuka dari rumah bisa menjadi alternatif berhemat selama bulan ramadhan. Kamu bisa menghemat uang jajan mu untuk makan di restoran atau warung makan.

 

4. Selektif mengikuti acara buka bersama

via Serumpi.com

Saat bulan ramadhan tiba akan banyak kantor ataupun kelompok yang menggelar buka puasa bersama. Acara ini selain untuk mempererat silaturahmi juga bisa sebagai cara kamu untuk menghemat pengeluaran.

Selain itu, akan banyak masjid yang menawarkan buka puasa gratis. Bagi kamu yang masih single cara ini sangat efektif untuk berhemat, dengan mengikuti buka puasa bersama di masjid-masjid. Tak perlu gengsi karena akan banyak orang yang berbuka puasa di masjid.

 

Baca juga  Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

5. Sisihkan untuk dana darurat

Jika biasanya kita makan tiga kali sehari, saat bulan ramadhan porsi makan hanya dua kali sehari yakni saat berbuka dan sahur. Ada baiknya jika uang 1 porsi makanmu selama satu bulan kamu gunakan untuk berhemat dan menjadi dana darurat.

Dana darurat akan dipakai sewaktu-waktu kita gunakan, baik untuk hari ini ataupun untuk masa depan.

Nah, itulah 5 tips mengatur keuangan selama bulan ramadhan. Aturlah pola pikir kita untuk disiplin keuangan. Sehingga selalu tersedia dana yang dianggarkan.

 


Asih Kurniaty

Legend