5 Tips Sehat Atur Keuangan Agar Tak Bokek Terus


Layaknya manusia yang bisa jatuh sakit, kondisi keuangan seseorang juga bisa sakit. Saat pengeluaranmu lebih besar dari pada pendapatanmu, artinya kondisi keuangan sedang sakit. Jika pendapatanmu tak bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup dan membayar hutang, kondisi tersebut juga berarti keuangan mu sedang sakit. Apalagi jika kamu lebih banyak jajan dan tak bisa menabung, keadaan tersebut juga berarti kondisi keuangan sedang sakit.

Jika Anda mengalami kondisi keuangan yang sedang sakit, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengobatinya. Berikut ini 5 tips sehatkan keuanganmu agar tak bokek terus. Selain itu Anda juga bisa menyiapkan keuangan untuk masa depan. Berikut tipsnya!

 

Baca juga  Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya!

Cek seberapa sakit kondisi keuangan Anda

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengobati kondisi keuanganmu adalah identifikasi penyakit keuanganmu. Jika Anda sulit membayar tagihan karena lebih besar dari pada pendapatan, fokuslah menabung untuk membayar tagihan.

Namun, bila penyakit keuangan Anda adalah konsumsi, tekan biaya belanja Anda. Usahakan hindari membeli bahan makanan yang hanya menumpuk dikulkas. Dan kurangi jajan diluar.

 

Tentukan prinsip keuangan yang jelas

Jika ingin keuangan sehat, jangan hanya sekedar menerapkan prinsip dan mengestimasi pengeluaran. Pergilan ke bank, dan mintalah catatan pemasukan dan pengeluaran untuk mengecek seberapa boros Anda.

Anda juga harus memiliki prinsip yang jelas untuk mengatur keuangan Anda.

Baca juga  Listrik Sedang Digratiskan! Gimana Sih Cara Ngedapetinnya?

 

Tentukan dana darurat

Hanya sedikit orang yang teringat dengan dana darurat. Padahal menyisihkan untuk dana darurat perlu untuk dilakukan. Dana ini akan membantu ketika ada hal diluar dugaan. Misalnya kenaikan harga bahan pokok, tagihan listrik bertambah, dan barang rusak yang harus diperbaiki.

Jika dana darurat tidak digunakan, dana tersebut bisa disimpan sebagai tabungan.   

 

Tentukan target tabungan

Keharusan menabung tidak hanya saat Anda memiliki uang. Namun, menabung adalah keharusan, apalagi bagi Anda yang sudah bekerja. Setidaknya sisihkan 20 persen di tabung untuk masa depan.

Mulai sekarang, tentukanlah seberapa besar Anda sisihkan untuk menabung setiap bulannya. Usahakan Anda menabung tidak kurang dari angka yang telah ditargetkan.

 

Baca juga  Nggak Banyak yang Tahu! Ini Cara Mengatur Keuangan Terbaik!

Kelola keuangan agar bisa mencukupi kebutuhan masa depan

Setelah kondisi keuanganmu sehat. Pastikan Anda bisa meraih cita-cita dimasa depan dengan kondisi keuangan yang terus stabil. Kelola dengan baik dan memenuhi target agar kebutuhan masa depan bisa di raih.

Nah, itulah tips untuk mengobati keuanganmu yang sedang sakit. Jika sudah sehat jangan biarkan sakit kembali yah!

 


Asih Kurniaty

Legend