Apa Itu Financial Check Up & Kenapa Penting

Kalian udah pada denger istilah financial check up nggak? Atau kalian belum pernah denger? Atau malah udah ngelakuin?


Kalian udah pada denger istilah financial check up nggak? Atau kalian belum pernah denger? Atau malah udah ngelakuin? Kalau kalian udah ngelakuin yang namanya financial check up ini kalian bisa dibilang beruntung dan kalian adalah orang yang peduli sama kondisi keuangan kalian.

Apa sih financial Check Up itu? Financial Check Up adalah pemeriksaan secara menyeluruh atas sistem keuanganmu. Dengan pakai cara ini kalian bisa tahu kalau misalnya ada masalah di keuangan kalian dan bisa langsung diantisipasi. Financial Check Up ini bisa kalian lakukan berkala, entah itu tiap bulan, enam bulan sekali, atau tiap tahun.

Baca juga  Ini Dia Ciri Kondisi Keuangan Keluarga yang Sehat

Poin-poin yang perlu kalian periksa dalam Financial Check Up ada total aset, total hutang yang kalian punya, total pendapatan dan pengeluaran, dan juga total tabungan. Dari hasil mengetahui dan menghitung poin-poin itu, kalian akan bisa mendapatkan tiga rasio penting. Pertama adalah Saving Ratio atau tabungan yang kamu miliki, liquidity Ratio atau informasi dana yang kamu punya kalau udah enggak kerja lagi atau udah pensiun, dan Debt Service Ratio yakni penghasilan yang harus kalian keluarkan buat bayar hutang.

Baca juga  Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Dari penjelasan di atas, mulai punya gambaran kan kalau ternyata Financial Check Up itu penting? Selain itu, ada lagi tujuan financial check up yang penting dan bisa bikin kalian makin yakin harus pakai sistem Financial Check Up ini.

Pertama, Financial Check Up ini bisa bikin keuanganmu lebih sehat dan jelas. Hal itu karena kamu jadi tahu uangmu keluar buat apa dan yang masuk berapa dan dari mana aja. Dengan tahu aliran uang itu, keuanganmu jadi sehat. Kalian juga jadi lebih hati-hati dalam menggunakan uang kalian. Intinya jadi nggak boros. Lalu financial check up ini juga bisa mendukung kalian mendapatkan masa depan yang lebih jelas karena semuanya serba terhitung, bisa diperkirakan, dan kalau ada masalah bisa segera diatasi. Jika masalah keuangan kalian bisa segera diatasi, maka kalian bisa memprediksi bagaimana keuangan kalian kedepannya nanti.  Jadi aman kan? Kalau ada kondisi yang tidak diinginkan, kalian nggak perlu khawatir soal keuangan lagi.

Baca juga  Nggak Banyak yang Tahu! Ini Cara Mengatur Keuangan Terbaik!

PukulTiga

Novice

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.