Apakah Kamu Seorang Freelancer? Nih Tips Menabung Buat Kalian!

Susah nabung sob?


Sebagai seorang freelancer, ogut tahu banget gimana manis pahitnya freelancer. Kadang bulan ini bayaran banyak, kadang nggak ada sama sekali. Yang paling PR itu kalau lagi kosong melompong. Kita bisa nggak makan sampai beberapa hari. Atau ya kalau pas ada tabungan makannya makan mie tiap hari. Atau pol mentok ngutang temen dulu. Itulah dukanya jadi freelancer. Tapi ogut udah nggak gitu lagi sekarang. Kenapa? Karena ogut tahu gimana caranya ngatur keuangan. Nih, ogut kasih tipsnya! Jadi mau lagi rame kek, sepi kek, kalian para freelancer tetep bisa makan enak!

Baca juga  Mengenal Dunia Freelance dan Bekal Menjadi Freelancer

Abis Gajian, Bagi Langsung Gajimu Sob!

Ini kunci paling utama sob! Kalau kalian udah ngedapetin fee dari klien, jangan langsung dipakai semua. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membaginya menjadi beberapa pot. Pakai aja prinsip 50-30-20. Jadi 50 untuk kehidupan bulanan, 30 untuk menabung, dan 20 untuk main. Itu di tiap gaji yang udah kalian dapatkan.

Tapi, seandainya di fee yang pertama kalian udah berhasil memenuhi kebutuhan bulanan, terus ada fee yang kedua, saran ogut sihi jadiin 70-30. Artinya 70 persen kalian tabung, 30 persen buat main, ngemil, nongkrong, dan lain sebagainya. Tabungan kalian nambah kan? Sambil jaga-jaga bulan depan.

Yang Penting Kebutuhan Pokok Dulu!

Ini yang ogut bilang di atas. Kalau kalian udah dapat gaji dari klien, yang terpenting itu kebutuhan pokok dulu. Beli beras dulu, bahan makanan dulu, sabun, shampo, dan hal lain yang pokok dulu lah. Termasuk bayar-bayar listrik dan hutang. Itu dulu yang terpenting. Kalau udah, baru deh ke kebutuhan yang lain.

Baca juga  5 Kelebihan Zodiak Aquarius Yang Selalu Bikin Orang Lain Nyaman dan Kagum Padanya

Bikin Dua Rekening!

Biar aman, buat kalian yang suka makek duit asal ambil dan asal kirim ke gopay atau OVO buat jajan, bikin 2 rekening. Satu rekening yang emang buat kebutuhan pribadi, satu lagi untuk kebutuhan hidup. Kebutuhan pribadi ini maksudnya ya yang buat main dan kebutuhan nggak penting lainnya. Satunya untuk berhubungan dengan klien sekaligus yang penting-penting. Misalnya buat beli bahan pokok, kirim uang ke rumah, dan lain sebagainya.

Baca juga  5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia

Kerjanya Di Rumah Aja!

Ini penting nih! Kalau jadi freelancer itu emang godaan tertingginya adalah bekerja dimana saja. Kadang sok-sokan nih freelancer kerjanya di cafe mahal, di co-working space, atau di tempat yang sekali nongkrong bisa habis 50 ribu. Dari pada duitnya dipakek begituan, mending dipakek makan dan elu kerja di rumah aja!

Itu tadi beberapa tips menabung untuk kalian para freelancer yang penghasilannya nggak stabil. Kadang banyak, kadang nol. Sabar ya sob. Selama kalian mampu mengatur keuangan dengan baik, semua pasti akan baik-baik saja juga kok. Jadi, ingat, yang terpenting itu bukan seberapa banyak uang yang kalian dapatkan, tapi bagaimana kalian mengaturnya.


PukulTiga

Novice

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.